March 10, 2022

Telkomsel Ekosistem Digital Resmi Perkenalkan Indico, Ini Fungsi dan Tugasnya

Penulis: Muhammad R
Telkomsel Ekosistem Digital Resmi Perkenalkan Indico, Ini Fungsi dan Tugasnya  

Mobitekno – Telkomsel pada Januari lalu telah mengumumkan PT Telkomsel Ekosistem Digital sebagai anak perusahaan baru. Hari ini, PT Telkomsel Ekosistem Digital secara resmi memperkenalkan logo dan brand perusahaan yang diberi nama Indico, anak perusahaan Telkomsel yang akan menjadi holding company bagi bisnis vertikal di sektor digital.

CEO Indico Andi Kristianto mengungkapkan, sebagai perusahaan platform digital, Indico hadir untuk menciptakan flywheel effect inovasi dalam mengembangkan solusi digital lintas sektor melalui pemanfaatan aset dan kapabilitas Telkomsel.

Indico, kata Andi, merupakan kepanjangan untuk Indonesia Digital Ecosystem.

“Kami berupaya mengeksplorasi potensi yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital nasional, serta menjadikan Indonesia sebagai jembatan solusi digital Indonesia sampai ke skala global, di Asia Tenggara. Kami berharap, Indico mampu menghadirkan solusi digital yang bermanfaat sekaligus memperkuat pemberdayaan talenta lokal untuk berkontribusi secara positif di pasar regional hingga global,” ujar Andi Kristianto, Kamis (10/3).

Andi menerangkan, pada tahap pengembangan gelombang pertama, Indico fokus mengembangkan tiga sektor industri digital prioritas, yakni kesehatan (health-tech), pendidikan (edu-tech), dan gaming yang dinilai memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional.

Sektor health-tech dan edu-tech menjadi dua sektor utama yang telah dikembangkan oleh Indico, seiring bergabungnya pengelolaan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita.

Indico juga baru saja melakukan pengembangan di sektor gaming melalui pendirian Majamojo, perusahaan joint venture (JV) bersama PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa milik GoTo Group, dengan fokus bisnis sebagai game publisher. Selain ketiga sektor tersebut, Indico juga membuka kesempatan untuk memperluas portofolio bisnis vertikal ke lebih banyak sektor industri lainnya.

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menjelaskan bahwa identitas brand perusahaan yang baru ini diharapkan semakin memperkuat komitmen peta jalan transformasi Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup, dengan menjadikan Indico sebagai digital ecosystem powerhouse dalam pertumbuhan ekonomi digital nasional yang inklusif untuk mengantarkan Indonesia menuju negara ekonomi digital terbesar ke-4 pada 2030.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS