May 30, 2017

Review Samsung Gear S3 Classic: Bukan Sekadar Jam, Tetapi Sekretaris Pribadi Anda

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Gear S3 Classic: Bukan Sekadar Jam, Tetapi Sekretaris Pribadi Anda  

MOBITEKNO – Smartwatch Samsung Gear S3 hadir di Indonesia di awal bulan Februari 2017 lalu. Smartwatch dari Samsung ini tampil dalam dua varian trendi yaitu Samsung Gear S3 Classic dan Samsung Gear S3 Frontier.

Hadir dengan desain bundar, Samsung Gear S3 memang sudah seperti jam tangan konvensional pada umumnya. Jadi, di Gear S3 ini, desainnya meneruskan seri Gear S2 sebelumnya. Baik Gear S3 Frontier maupun Classic, keduanya memiliki fitur yang sama, hanya model dan style-nya saja yang berbeda.

Versi baru, tentunya juga memiliki sesuatu yang baru. Ya, Samsung Gear S3 ini memiliki beberapa peningkatan fitur yang membuat jam tangan pintar ini semakin nyaman digunakan, terutama dari ketahanan baterai yang semakin “bersahabat” untuk menemani aktivitas penggunanya. Baterai memang menjadi masalah pada kebanyakan smartwatch karena selayaknya sebuah jam tangan, alat ini harus dapat menemani penggunanya setiap saat. Jadi, durasi baterai yang lama menambah tingkat kenyamanan dalam menggunakan jam tangan.

Mobitekno pun berkesempatan menjajal Samsung Gear S3 untuk beberapa minggu. Kami jadikan Gear S3 sebagai jam tangan yang dipakai setiap saat untuk menguji ketangguhan dan kemampuannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan dari Mobitekno seputar Samsung Gear S3.

Kelengkapan

Samsung gear S3 hadir dalam kemasan yang berbentuk unik. Desain bundar yang merefleksikan bentuk layar Gear S3 terlihat dari kemasannya. Buka segel untuk membuka tutup kemasannya agar bisa melihat isinya.

Saat dibuka, langsung terloihat Gear S3 yang melingkar di dalam boks kemasannya. Kami lepaskaan gear S3 untuk melihat apa saja yang ada di dalam paketnya ini. Berikut ini isi yang berada dalam paket Samsung Gear S3:

  • Unit jam tangan Samsung Gear S3 lengkap dengan strap berbahan kulit berukuran L
  • Adaptor untuk mengubah tegangan AC ke DC
  • Kabel data USB standar ke micro USB
  • Wireless Charger Unit
  • Strap kulit berukuran S
  • Kantung kecil serbaguna

Desain

Samsung Gear S3 Classic memiliki layar berukuran 1,3 inci, Super AMOLED yang mendukung fungsi Capacitive touchscreen. Menyentuh layarnya untuk mengoperasikan jam ini sudah sedemikain lembut. Dengan sentuhan sedikit saja, layar sudah bereaksi. Layarnya ini memiliki resolusi 360×360 pixel dan sudah berbalut Corning Gorilla Glass.

Di sekeliling layar terdapat balutan stainless steel yang terlihat stylish dan dilengkapi dengan bezel yang bisa berputar untuk beralih dari fungsi yang satu ke fungsi lainnya. Putar saja ke kiri atau ke kanan untuk meligat berbagai fitur yang ada pada Gear S3. Bezel berputar ini sudah ada sejak Gear S2 dan Samsung terus menggunakannya untuk Gear S3 ini.

Di sisi bagian kanan bodi, Samsung menempatkan dua tombol yang bisa ditekan untuk mengakses menu jam atau mengaktifkan jam dari keadaan standby. Dua tombol ini membuat Gear S3 seperti jam tangan klasik analog dari brand-brand ternama.

Beralih ke tali jam (strap). Untuk varian Samsung Gear S3, Samsung menggunakan bahan tali jam dari kulit. Bahan ini membuat Gear S3 terlihat gagah saat digunakan sehari-hari. Menariknya, tidak hanya satu ukuran saja, Samsung menyediakan tali cadangan dalam paketnya yang berukuran S. dengan demikian, bagi pengguna yang memiliki ukuran pergelangan tangan lebih kecil, bisa memanfaatkan tali yang satunya lagi.

Untuk pengisian daya, Samsung juga mendesain unit chargernya dengan bentuk yang kompak. Dengan desain membulat di bagian atas, wireless charger ini begitu mampu menopang jam tangan dengan kokoh. Namun, sambungkan terlebih dahulu unit charger dengan daya listrik di rumah Anda.

Fitur

Seperti halnya smartwatch lainnya, Samsung Gear S3 juga dibekali banyak fitur di dalamnya. Samsung Gear S3 baru akan terasa memiliki banyak fitur jika Anda meng-install aplikasi Samsung Gear di dalam smartphone. Saat mereset Gear S2 melalui “Settings”, jam tangan tersebut akan meminta dihubungkan ke smartphone dan meminta pemiliknya untuk meng-install aplikasi Samsung Gear. Ikuti saja langkahnya hingga smartwatch terkoneksi dengan smartphone melalui koneksi bluetooth. Dari aplikasi ini, berbagai notifikasi bisa diatur untuk ditampilkan di smartwatch

Selain aplikasi Samsung Gear, smartwatch juga akan meminta untuk meg-install berbagai plug-in dan aksesoris di dalam smartphone. Jika semua hal sudah selesai, semua fitur yang ada bisa dilihat melalui aplikasi di smartphone. Fungsi-fungsi seperti pedometer, detak jantung, watchface menjadi fungsi standar yang ada dalam Gear S3. Bahkan watchface bisa ditambah dengan men-download dari aplikasi Samsung Gear. Bahkan, untuk tampilan watchface, Anda bisa memasukkan foto-foto favorit sebagai latar belakang jam. Namun, dibutuhkan satu aplikasi untuk membuat watchface dengan background sesuai keinginan Anda. Untuk melakukan hal ini, Mobitekno mencoba melakukannya dengan aplikasi Watchmaker Pro sehingga logo Mobitekno bisa menjadi latar jam tangan pintar ini.

Di dalam Samsung Gear S3 ini juga sudah disematkan fitur ‘Find My Gear”. Jadi, smartpwatch bisa diketahi posisinya dengan menekan tombol “Find My Gear” yang ada di aplikasi smartphone. Jam akan membunyikan alarm untuk menginformasikan keberadaannya.

Menariknya, semua fitur bisa dilihat dalam banyak icon yang ditampilkan secara melingkar.Putar bezel ke kiri atau ke kanan untuk memilih fitur yang diinginkan. Sentuh layar untuk membuka fitur tersebut. Jika tidak diinginkan, tekan saja dombol atas untuk balik ke keadaan semula. Di Samsung Gear S3, ada satu fitur menarik yang bisa diandalkan untuk melakukan aktivitas outdoor, yaitu Alti-Barometer. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui ketinggian permukaan tanah dari muka air laut berikut dengan tekanan udara di lokasi tersebut. Agar fungsi ini aktif, smartwatch harus disinkronasikan ke smartphone.

Gear S3 dibekali juga dengan mikrofon sehingga saat ada panggilan telpon, pengguna bisa menjawabnya langsung dari perangkat smartwatch ini. Jika sibuk, ada beberapa preset yang bisa digunakan untuk jawabannya. Suara yang dikeluarkan cukup keras sehingga membantu pengguna saat menerima telpon di situasi yang tidak memungkinkan untuk memegang smartphone.

Agar smartwatch bisa terkoneksi secara online, ada dua pilihan yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan koneksi bluetooth dan Wi-Fi. Dengan dua koneksi ini, Gear S3 bisa melakukan banyak hal, termasuk untuk mengakses berita secara online melalui aplikasi khusus. Sebuah keyboard virtual kecil juga bisa digunakan untuk mengetikkan berbagai hal.

Untuk aplikasi pendukung, tidak usah khawatir karena Samsung telah menyediakan banyak aplikasi yang bisa digunakan untukk gear S3. Sebagian aplikasi tersebut bisa ditebus dengaan harga yang cukup murah. Namun, ada juga yang gratis sehingga bisa langsung di-install ke dalam smartwatch. Aplikasi-aplikasi seperti panduan GPS, Spotify, atau email client tentunya bisa membantu pemilik jam tangan ini untuk melihat rute, menjalankan audio streaming, dan masih banyak lagi tanpa harus mengakses ke smartphone lagi.

Satu lagi keunggulan jam tangan ini adalah fungsi charging yang sudah tidak menggunakan kabel (wireless). Seperti Samsung Gear Fit 2, Gear S3 menggunakan koneksi wireless untuk melakukan isi ulang daya smartwatch. Samsung menyediakan wireless charger unit yang dikoneksikan dengan sumber listrik di rumah. Pemilik Gear S3 pun tinggal meletakkan smartwatch-nya di atas wireless charger ini.

Spesifikasi

Dengan kemampuan yang sudah disebutkan tadi, tentunya jam tangan pintar ini memiliki spesifikasi yang mumpuni. Berikut ini spesifikasi dari Samsung Gear S3.

Display Super AMOLED corning gorilla glass SR+
Resolusi 360x 360 pixel
Sistem operasi Tizen wearable platform 2.3.2
Chipset dan memori Exynos 7270 Dual Core 1.0 GHz, internal 4 GB 768 MB RAM
Fitur Samsung pay, IP68,
Koneksi Wi-Fi, Bluetooth, NFC
Sensor Accelerometer, Gyro, Heart Rate, barometer
Baterai Li-Ion 380 mAh

Kesimpulan

Samsung gear S3 hadir dengan kemampuan yang lebih baik dengan versi sebelumnya. Bahkan, durasi baterainya lebih lama sehingga mampu menemani aktivitas pemiliknya sehari-hari. Kemampuan yang diberikaan dari fitur-fitur bawaannya juga dapat menjadi sekretaris pribadi, terutama untuk hal-hal kesehatan. Langkah, kalori, dan target aktivitas olahraga harian bisa dikontrol dari jam tangan ini.

Samsung juga cukup fleksibel dalam menghadirkan Gear S3. Dengan dua model, yaitu Frontier dan Classic, konsumen diberikan pilihan yang jelas untuk memilihnya. Mau untuk menemani bekerja harian tetapi tetap dapat digunakan untuk aktivitas outdoor? Model Classic bisa menjadi pilihan yang pas. Sementara model Frontier bisa dipilih untuk konsumen yang banyak melakukan aktivitas outdoor dan menyukai desain yang sporty.

Jangan khawatir dengan aplikasi-aplikasi yang disediakan untuk Samsung Gear S3. Ada banyak aplikasi yang sudah disediakan untuk jam tangan ini. Mulai dari aplikasi office, GPS, keuangan, hingga games bisa ditemukan dengan mudah. Kapasitas storage yang cukup besar pun membuat konsumen tidak menemukan masalah saat membutuhkan banyak aplikasi sekaligus.

Tags: , , , ,


COMMENTS