October 27, 2017

Android Oreo 8.1 Developer Preview Sudah Bisa Diuji

Penulis: Rizki Romdoni
Android Oreo 8.1 Developer Preview Sudah Bisa Diuji  

MOBITEKNO – Google baru saja merilis Android 8.1 versi Developer Preview. Meski Android 8.1 Final Version ini rencananya akan dirilis pada bulan Desember mendatang, namun bagi paradeveloper yang ikut dalam Android Beta Program sudah dapat mengujinya sekarang.

Dikutip dari The Verge, kini siapa pun sudah bisa men-download file image dari versi Developer ini, asalkan boatloader pada sistem Androidnya tidak dalam keadaan terkunci.  Bagi Anda yang berminat mencoba versi ini, Anda bisa men-download-nya melalui sistem OTA (Over The Air), meskipun versi Developer Preview ini baru kompatibel dengan Nexus 5X, Nexus 6P, Pixel C, Pixel, Pixel XL, Pixel 2, dan Pixel 2 XL.

Berbagai fitur baru memang bisa Anda rasakan pada Android Oreo ini. Versi ini dibangun berdasarkan berbagai masukan pengguna Android. Ketersediaan vers beta ini untuk umum agar bisa diuji berbagai fitur yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah sistem notifikasi di setiap aplikasi. Di versi ini Google mencoba sistem notifikasi baru yang bisa menyala setiap detiknya pada apalikasi.

Yang tidak kalah pentingnya ada di sisi logo. Kini, di Android Oreo 8.1, Google memiliki logo Android yang terlihat seperti kue sebenarnya.

Selebihnya, update yang ada di Oreo sepertinya tidak membawa dampak yang besar pada pengguna Android. Dampak perubahan besar sepertinya hanya ditujukan untuk pengguna Pixel dan Pixel 2. Ya, Google memberikan kemungkinan untuk pengguna Pixel dan Pixel 2 untuk mengaktifkan Pixel Visual Core, sebuah system on chip yang dapat meningkatkan kemampuan kamera. Chip ini sebenarnya sudah disiapkan Google pada Pixel dan pixel 2, tetapi belum aktif. Dengan Android Oreo 8.1 ini chip bisa diaktifkan sehingga dapat membuat proses pengambilan gambar menjadi lebih baik dan dapat menyediakan fitur HDR+ untuk aplikasi pihak ketiga.

Tags: , , ,


COMMENTS