January 27, 2017

Komunitas Muslim Indonesia di Jepang Kembali Galang Dana via Kitabisa.com

Penulis: Eko Lannueardy
Komunitas Muslim Indonesia di Jepang Kembali Galang Dana via Kitabisa.com  

MOBITEKNO – Lewat platform Kitabisa.com, komunitas muslim Indonesia di Jepang kembali melakukan penggalangan dana. Setelah berhasil menggalang dana hingga Rp 3,1 miliar untuk membangun Masjid di Chiba, kini penggalangan dana dilakukan kembali guna melakukan hal yang sama, yakni memiliki Masjid pertamanya di Tokyo.

Masjid direncanakan akan selesai pada pertengahan April 2017, akan tetapi dana yang harus dibayarkan masih kurang sekitar Rp 4,2 miliar. Tercatat, hingga 27 Januari 2017 dana yang terkumpul baru mencapai Rp 716 juta dengan target pengumpulan Rp 5 miliar. Kampanye yang diinisiasi oleh komunitas muslim setempat ini bisa diakses di laman https://kitabisa.com/masjidindonesiatokyo.

Wilopo, Ketua Umum Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) di Tokyo Jepang lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno.com menuturkan, "Harapannya inisiatif ini turut didukung oleh banyak orang. Tak hanya itu, hadirnya Masjid di Tokyo ini juga nantinya bisa menjadi payung iman yang menyejukkan serta memberi berkah bagi masyarakat yang hadir ke sana."

Hal senada juga ditegaskan oleh Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com. Ia menegaskan bahwa keberhasilan dalam penggalangan dana publik secara online lewat platform Kitabisa.com untuk Masjid di Chiba, Jepang kemudian direplikasi oleh komunitas muslim Indonesia yang berada di Tokyo. 

"Success story yang dihasilkan oleh Masjid Chiba mendorong komunitas muslim di Tokyo untuk memulai penggalangan dana publik melalui Kitabisa.com. Saya kira, trend menggalang dana publik secara online kian menjadi primadona. Semoga, Platform online kami bisa kian memberi kebermanfaatan bagi publik," ujar Alfatih.

Alfatih menambahkan, selain Chiba dan Tokyo, kampanye galang dana pembangunan masjid juga terdapat di Auckland, NTT, Papua dan berbagai daerah lain di Indonesia. Bukan hanya masjid, beberapa kampanye pembangunan rumah ibadah agama lain juga diinisiasi di Kitabisa.com. Misalnya pembangungan Gereja Samboja Balikpapan dan Budhist Center di Baturaja.

"Hal ini menunjukkan bagaimana setiap orang dengan berbagai latar belakang agama apapun bisa membuat kampanye galang dana dan berhasil. Dengan teknologi kami berusaha membuat galang dana antar sesama teman, alumni dan komunitas menjadi lebih mudah, viral dan transparan," pungkas Alfatih.

Tags: , , , ,


COMMENTS