February 16, 2017

Ini Dia 12 Mode Kamera Menarik dari Huawei P9

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia 12 Mode Kamera Menarik dari Huawei P9  

MOBITEKNO – Efek-efek dari sebuah kamera tentunya bisa menambah nilai dari hasil jepretan yang dilakukan pemilik smartphone. Oleh sebab itu, mode, filter, atau efek dibutuhkan oleh sebuah smartphone berkamera. Bahkan, hal ini bisa menjadi pembeda sekaligus ciri khas bagi sebuah brand smartphone.

Huawei P9 yang hadir dengan kemampuan dua lensa Leica ini tentunya juga membawa berbagai macam dukungan untuk mendukung kamera tersebut. Pemilik pun ditawarkan kemudahan dengan ketersediaan beberapa mode profesional yang ada pada Huawei P9. Tidak hanya mode otomatis yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone, tetapi juga mode lainnya bisa dugunakan guna menambah daya tarik sebuah foto. Bahkan, bagi pengguna profesional, mereka bisa memanfaatkan mode manual yang bisa mengatur berbagai unsur dalam pengambilan sebuah foto, menyesuaikan dengan keinginan pengguna.

Lalu, apa saja sih yang ditawarkan Huawei dalam fitur kamera ini? Yuk, semuanya bisa diketahui dari ulasan berikut ini.

1. Mode Photo

Mode ini memiliki fungsi yang luas dan memadukan dua lensa yang ada di Huawei P9. Selain dapat digunakan secara otomatis, dalam mode Photo pengguna juga bisa memanfaatkan pengambilan objek secara manual dan lebih profesional. Caranya, tinggal tarik ke atas tanda panah yang ada di atas tombol shutter. Kamera akan menampilkan setting ISO, bukaan lensa, autofocus, hingga white balance. Pengaturansecara manual tinggal menggeser slider ke nilai yang diinginkan.

Dalam mode ini, efek bokeh juga bisa dibuat dengan mudah tanpa. Cukup aktifkan fungsi wide apperture dengan memanfaatkan dua kamera, yaitu dengan melakukan tap pada ikon bergambar lensa di bagian atas kamera. Kamera akan mengambil objek melalalui lensa RGB dan menangkap detailnya dengan lensa monokrom. Fokus pun bisa diatur belakangan dengan menekan objek gambar lebih lama dan lakukan setting apperture untuk mengaburkan objek di belakangnya,

Di mode ini, pengguna juga bisa emanfaatkan berbagai macam filter warna serta mode selfie yang memiliki fitur beauty.

""

Di mode Photo, Anda bisa mendapatkan efek 'Bokeh' dengan pengaturan apperture yang fleksibel

 

2. Monochrome

Mode ini sudah tentu akan mengambil gambar dengan warna hitam dan putih. Untuk mode ini, smartphone hanya mengaktifkan lensa monokrom. Penggunaannya pun bisa otomatis dan manual seperti pada mode Photo. Hasil dari lensa monokromnya cukup mengagumkan karena banyak detail yang ditangkap dalam foto hitam putih.

""

Mode Monochrome dengan warna hitam dan putih yang detail

3. Beauty

Fungsi ini bagian dari foto selfie. Namun, dengan mode Beauty, Anda bisa menggunakan kamera belakang untuk melakukan foto selfie. Ada 10 tingkatan Beauty yang bisa dipilih dalam mode ini. Semakin besar level yang Anda pilih, semakin memperhalus detail foto yang ditangkap. Namun, semakin besar nilai beaty juga membuat foto semakin tidak tampil original.

""

Mode Beauty menambah daya tarik foto selfie dengan kamera belakang

4. Video

Dari namanya sudah menunjukkan fungsi dan tujuan penggunaannya. Tombol shutter akan langsung berubah menjadi tombol record saat Anda mengaktifkan mode Video. Sama seperti pada mode Photos, pada mode Video ini Anda juga bisa memasukkan efek warna dari dua icon yang ada di bagian atas display kamera.

""

Mode video hingga resolusi Full HD 1080p 60fps

5. HDR

High Dynamic Range digunakan untuk membidik objek di tengah suasana yang kurang atau berlebihan cahaya. Mode ini akan membidik objek dengan warna yang lebih real, seperti warna yang dilihat oleh mata. Sendor HDR dalam kamera akan membidik seluruh detail warna dalam objek.Oleh karena itu, biasanya mode HDR membutuhkan aktu penangkapan yang lebih lama. Namunm di Huawei P9 ini, mode HDR bekerja cukup cepat.

""

Mode HDR untuk menangkap detail warna yang lebih 'real'

6. Beauty Video

Fungsinya sama seperti Beauty pada mode Foto. Di mode ini, pengaturan Beaty bisa diterapkan pada gambar bergerak. Cara pengoperasiannya juga sama seperti mode Beauty pada foto, yaitu menggeser slider beaty sesuai keinginan Anda.

""

Beauty yang juga hadir di fitur video

7. Panorama

Dengan mode ini, foto akan tampil dengan bentuk memanjang. Dengan dukungan hardware yang tinggi, fitur ini bekerja cukup cepat. Anda bisa menggerakkan smartphone dengan cepat dengan arah memutar untuk mendapatkan gambar di sekeliling Anda.

""

Mode Panorama yang cukup cepat kinerjanya

8.Night Shot.

Berbeda dengan mode malam pada smartphone lainnya, di Huawei P9 mode ini bekerja lebih baik, walau harus mengambil waktu yang lebih lama. Pada mode ini ada baiknya Anda menggunakan tripod karena kamera akan menangkap objek beberapa kali hingga mendapatkan detail yang terang. Namun, karena hasil yang didapat merupakan hasil dari analisa berbagai tangkapan, jika posisi kamera tidak diam, gambar akan menjadi berbayang atau blur.

""

Membidik suasana gelap

9. Light Painting

Ini mode yang cukup menarik bagi mobitekno. Ada empat sub mode lagi di dalamnya, yaitu tail Light, Light Graffiti, Sliky Water, dan Star Track. Tail Light bisa dimanfaatkan untuk menangkap objek bercahaya yang bergerak pada malam hari. Hasilnya seperti Anda menggunakan kamera profesional, cukup jelas dan bersih. Sementara Light Graffiti digunakan untuk menciptakan efek tulisan pada objek bercahaya yang digerakkan di hadapan kamera. Anda bisa bermain-main pesan dengan cahay yang menarik di sini. Silky water bisa menangkap aliran air atau hal lain yang bergerak dan kemudian disatukan sehingga menjadi foto yang menarik.Huawei P9 bisa melakukan hal ini dengan sempurna seperti pada kamera DSLR. Terakhir adalah Star track yang berguna untuk menangkap objek2 kecil bercahaya yang ada di langit.

""

Hasil kamera dengan efek Tail Light

10. Time Lapse

Ingin merekam perjalanan wisata Anda dalam tampilan beberapa menit saja? Fitur time lapse sudah ada pada Huawei P9. Fitur ini bisa menangkap frame by frame dengan lebih lambat, kemudian disatukan menyesuaikan dengan waktu pemutaran yang dibutuhkan.

Time Lapse dengan menyatukan frame enjadi sebuah video

11. Slow-Mo

Gunakan mode ini untuk merekam pergerakan video yang diperlambat. Butiran air yang jatuh ke gelas bisa dilihat lebih menarik dengan mode ini. Atau bisa juga kepakan sayap kupu-kupu yang hinggap di bunga yang sedang mekar. Slow motionnya sendiri bisa diatur setelah pengambilan gambar dilakukan.

Contoh Slow-Motion

12. Watermark

Mode yang cukup menarik sekaligus bisa menjadi penanda bagi foto dan video yang Anda ambil melalui Huawei P9. Ada beberapa template menarik yang bisa Anda jadikan untuk watermark ini. Semua bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda.

""

Watermark

Menarik bukan mode-mode kamera yang disediakan huawei P9? Semuanya hadir dengan fungsi yang profesional. Dengan demikian,buat apalagi membawa kamera berbodi besar untuk merekam kejadian-kejadian di sekitar Anda untuk hasil yang sempurna. (ADV)

Tags: , , , ,


COMMENTS