April 7, 2017

Aplikasi Hoax Analyzer dari Tim CIMOL ITB Jadi Wakil Indonesia di Microsoft Imagine Cup 2017 Asia Tenggara

Penulis: Iwan RS
Aplikasi Hoax Analyzer dari Tim CIMOL ITB Jadi Wakil Indonesia di Microsoft Imagine Cup 2017 Asia Tenggara  

MOBITEKNO – Tim CIMOL, developer asal ITB (Institut Teknologi Bandung), dengan aplikasi mereka, Hoax Analyzer, berhasil terpilih menjadi wakil Indonesia di babak final kejuaraan Microsoft Imagine Cup 2017 Asia Tenggara (23–26 April 2017) yang berlangsung di Manila, Filipina.

Pada babak final tingkat nasional (Indonesia) yang digelar Maret lalu, Tim CIMOL berhasil menyisihkan empat finalis lainnya untuk lolos ke Microsoft Imagine Cup 2017 Asia Tenggara nanti. Keempat finalis lainnya antara lain CaTour (UNIKOM Bandung), FRIYO (IPB), GaBlind Team (Universitas AMIKOM Yogyakarta), dan  MIRACLE STUDIO (UNIKOM Bandung).

Tim CaTour mengandalkan game eduksi 'Child Adventure' berbasis VR, FRIYO dengan aplikasi Fashionsense berbasis Intel Real-Sense & kecerdasan buatan, GaBlind Team dengan aplikasi GaBlind (Glasses and Shoes for Blind) untuk untuk tunanetra, dan tim MIRACLE STUDIO dengan aplikasi Tanah Airku berbasis AR (Augmanted Reality) dan VR (Virtual Reality).

""

Adinda Budi Kusuma Putra mewakili tim CIMOL, menyatakan rasa senang dan banganya terpilih mewakili Indonesia dalam babak final Asia Tenggara di Manila nanti.

"Aplikasi Hoax Analyzer ini kami ciptakan untuk mengurangi jumlah informasi hoax yang beredar di masyarakat. Kami berharap temuan kami ini dapat bermanfaat bagi semua orang di Indonesia, bahkan di seluruh dunia,” ujar Adinda.

 Aplikasi berbasis web ini memanfaatkan teknologi NLP (Natural Language Processing) dan Machine Learning untuk memproses inp0ut teks dan mengklasifikasikan berita yang tergolong fakta dan berita hoax.

Tim CIMOL akan berhadapan dengan para finalis dari negara lainnya untuk memperebutkan tiket ke World Final Microsoft Imagine Cup 2017 yang akan diselenggarakan di markas Microsoft di Seattle, Amerika Serikat pada Juli 2017 mendatang. Kompetisi World Final akan menawarkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp 1,3 miliar dan layanan Microsoft Azure senilai Rp 1,6 Miliar.

""

Anthonius Henricus, Developer Evangelism & Experience Director, Microsoft Indonesia juga menyampaikan apresiasinya ke seluruh finalis Imagine Cup Indonesia, "Seluruh tim yang berpartisipasi telah menunjukkan kreativitas dan inovasi yang luar biasa".

"Sebanyak 50% dari proses penilaian berfokus kepada pemanfaatan teknologi dalam pengembangan aplikasi, khususnya teknologi komputasi awan, Azure. Berbeda dari Imagine Cup tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami tidak menentukan kategori dalam Imagine Cup, sehingga membebaskan kreativitas para peserta dalam berinovasi. Kami mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar Tim Cimol bisa melaju hingga ke babak dunia,” ungka Anthonius.
 
 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS