March 20, 2023

Perkenalkan Tools AI Copilot, Microsoft Ingin Permudah Pengguna Microsoft 365 Kerjakan Beragam Tugas

Penulis: Iwan RS
Perkenalkan Tools AI Copilot, Microsoft Ingin Permudah Pengguna Microsoft 365 Kerjakan Beragam Tugas  

Mobitekno – Microsoft telah memperkenalkan fitur baru untuk layanan Microsoft 365 yang mengimplementasikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang berbasis large language model (LLM) OpenAI GPT-4. Chatbot populer saat ini, ChatGPT juga berbasis LLM yang sama.

Microsoft berharap Copilot dapat membantu pengguna saat berurusan dengan dokumen, menulis email, membuat presentasi saat menggunakan berbagai aplikasi office pada Microsoft 365 (Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Teams, dll)

Copilot diklaim dapat menyarankan suatu konten, format, tata bahasa, dan gaya berdasarkan konteks dan preferensi dari pengguna. Misalnya melakukan tugas untuk menjadwalkan pertemuan, memesan penerbangan, hingga meringkas suatu informasi.

Copilot dirancang untuk menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas bagi berbagai kategori pelanggan Microsoft 365, mulai dari para siswa dan guru hingga para profesional dan bisnis.

Microsoft Copilot 02

Satya Nadella, CEO Microsoft menyatakan bahwa Copilot adalah asisten pribadi yang dapat membantu Anda dengan apa pun yang Anda butuhkan dalam pekerjaan kantor Anda.

“Ia dapat menulis untuk Anda, mengedit untuk Anda, meneliti untuk Anda dan bahkan mengobrol dengan Anda. Ini seperti memiliki otak kedua yang mengetahui apa yang Anda inginkan dan bagaimana Anda menginginkannya,” ujarnya berpromosi.

Microsoft mengklaim bahwa Copilot adalah tools AI tercanggih di pasar saat ini, melampaui fitur Smart Compose dan Smart Reply yang tersedia di Google Gmail dan Docs.

Harry Shum, Wakil Presiden eksekutif bagian kecerdasan Microsoft menyatakan bahwa Copilot tidak sama dengan fitur AI dari Google yang hanya menawarkan saran sederhana berdasarkan frasa dan pola umum. Copilot dapat menghasilkan konten orisinal dan kreatif berdasarkan kebutuhan dan tujuan spesifik Anda,” kata Harry Shum, wakil presiden eksekutif kecerdasan buatan Microsoft.

“Copilot juga dapat belajar dari umpan balik dan preferensi Anda dari waktu ke waktu untuk memberikan saran yang lebih personal dan relevan,” tambah Harry.

Microsoft mengatakan bahwa Copilot menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami atau Natural language processing (NLP) yang mirip model ChatGPT. ChatGPT adalah sistem pembelajaran mendalam yang dapat menghasilkan teks bedasarkan suatu topik cukup dengan menggunakan pertanyaan berupa beberapa kata atau kalimat singkat.

Microsoft Copilot 03

Namun, Microsoft mengatakan telah menyesuaikan Copilot agar lebih cocok untuk pekerjaan produktif seperti tugas kantor. Microsoft telah melatih modelnya pada jutaan dokumen dari berbagai domain, seperti bisnis, pendidikan, sains, dan hukum. Termasuk menambahkan beberapa langkah keamanan untuk mencegah konten yang tidak pantas atau berbahaya.

Brad Smith, Presiden Microsoft menyatakan bahwa Microsoft sangat berhati-hati dalam memastikan Copilot sesuai dengan nilai-nilai kepercayaan, privasi, dan keamanan yang berlaku.

“Kami telah menerapkan pedoman dan filter yang ketat untuk mencegah konten yang menyinggung atau menyesatkan dari sistem kami. Kami juga telah memberi pengguna kami kendali penuh atas data dan pilihan mereka,” tambahnya.

Microsoft Copilot saat ini tersedia sebagai versi beta untuk pengguna tertentu yang telah mendaftar untuk akses awal. Microsoft berencana untuk meluncurkan fitur tersebut ke semua pelanggan Microsoft 365 akhir tahun ini. Siap-siap bekerja lebih produktif dengan Copilot seperti slogan Microsoft: “Do More with Less”

Tags: , , , , , , , , , , , , ,


COMMENTS