February 13, 2023

Word-Excel Cs dengan Kemampuan OpenAI Bakal Dipamerkan Microsoft dalam Waktu Dekat. Kapan?

Penulis: Iwan RS
Word-Excel Cs dengan Kemampuan OpenAI Bakal Dipamerkan Microsoft dalam Waktu Dekat. Kapan?  

Mobitekno – Tidak mau berlama-lama, Microsoft bukan hanya ingin menerapkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) OpenAI di search engine Bing. Kabar terbaru, mereka juga bakal mengintegrasikan Aipada produk andalannya Microsoft Office yang terdiri dari MS Word, Excel, PowerPoint, Outlook dan lain-lain.

Dikutip dari The Verge, Microsoft diprediksi akan mengumumkan rencana detail untuk mengintegrasikan teknologi OpenAI, termasuk Prometheus Model ke dalam produk produktivitasnya, Microsoft Office.

Microsoft Office dengan AI 03

Sebelumnya, Microsoft dilaporkan telah menguji model deep learning-nya GPT (Generative Pretrained Transformer) pada aplikasi email/PIM Outlook agar hasil pencarian, fitur reply email dan aplikasi Word dalam membantu penulisan menjadi lebih cerdas.

Microsoft diprediksi akan mengumumkan hal ini pada bulan Maret depan, berkaca pada cepatnya perusahaan tersebut mengintegrasikan teknologi AI tersebut pada mesin pencari (search engine) Bing dan investasi multi-year mereka ke pihak OpenAI.

Faktor lain yang membuat gercep-nya Microsoft mengintegrasikan AI ke berbagai produknya juga dilatarbelakangi persaingannya dengan raksasa Google yang belum lama ini juga menyusul memperkenalkan teknologi AI Bard meski kurang direspons positif karena kesalahan menjawab pada iklan promosinya.

Microsoft Office dengan AI 01

Awal pekan ini, Microsoft telah memperkenalkan Bing barunya yang ditenagai oleh AI ChatGPT generasi terbaru (lebih update dari layanan CHatGPT orisinal) termasuk memperbarui browser Edge dengan kemampuan AI baru.

Mesin pencari Bing yang didukung AI dan browser Edge kini telah tersedia untuk digunakan di Bing.com. Microsoft mengklaim hadirnya teknologi AI akan memberikan pencarian yang lebih baik, jawaban lebih lengkap, pengalaman mengobrol baru, dan kemampuan untuk menghasilkan konten. Poin terakhir dianggap akan membawa dampak yang signifikan ke berbagai pihak.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS