September 4, 2017

Buka Kantor di Indonesia, Cloudera Ingin Bantu Indonesia dalam Pemanfaatan Big Data

Penulis: Desmal Andi
Buka Kantor di Indonesia, Cloudera Ingin Bantu Indonesia dalam Pemanfaatan Big Data  

MOBITEKNO – Melalui sebuah acara resmi di Rafles Hotel Jakarta, Cloudera yang berpengalaman dalam dunia machine learning, analitik, dan manajemen data, meresmikan kehadirannya di Indonesia. Hal ini sekaligus memperkuat posisi mereka di kawasan Asia Pasifik dan memandang Indonesia sebagai area yang strategis untuk mendukung ekspansi Cloudera ini.

Salah satu visi Cloudera untuk melakukan ekspansi lebih luas adalah terwujudnya smart city di berbagai negara, terutama Asia Pasifik. Inisiatif kota pintar ini yang didukung pemerintah ini mendorong Cloudera untuk meningkatkan ketrampilan para profesional di banyak negara, terutama di industri teknologi. Oleh sebab itu, kantor barunya di Indonesia ini juga akan mendukung prospek pertumbuhan kota ini. Sejumlah karyawan lokal ekan mengisi posisi-posisi penting di berbagai fungsi seperti penjualan, teknis solusi, dan arsitektur solusi.

“Kami senang dengan hadirnya Cloudera di Indonesia. Kami berharap Cloudera dapat membantu Indonesia dalam menyediakan tenaga-tenaga trampil, terutama di bidang big data,” kata Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang turut hadir di acara tersebut.

Kantor di Indonesia ini nantinya akan terhubung ke kantor pusat Cloudera Asia Pasifik di Singapura. DI Indonesia sendiri, Cloudera akan bekerha sama dengan pelanggan di sektor telekomunikasi, keuangan, dan sektor pemerintah untuk menghadapi berbagai tantangan, terutama yang berhubungan dengan data. Bahkan, guna mendukung hal ini, Cloudera juga memperkenalkan Cloudera BASE Initiative yang dapat mempersiapkan tenaga profesional di bidang data untuk masa sekarang dan akan datang.

“Hadirnya Cloudera di Indonesia menjadi bukti komitmen kamu dalam menyediakan platform open source bagi para pebisnis dalam berhadapan dengan masalah big data sehingga dapat meningkatkan keamanan di sekitarnya,” ujar Mark Micallef, Wakil Presiden Clouidera untuk Asia Pasifik. “Cloudera berharap dengan adanya solusi yang kami sediakan dapat membantu Indonesia dalam pemanfaatan big data,” tambahnya.

Dalam melancarkan bisnisnya, Cloudera juga akan bekerja dengan para mitra di Indonesia dan pelaku bisnis lainnya. Cloudera sendiri memiliki target untuk mendukung inovasi , mempercepat laju adopsi teknologi, dan berkontribusi dalam mengembangkan Indonesia untuk masa depan, terutama yang terhubung ke kota pintar.

Tags: , , , , ,


COMMENTS