February 3, 2017

Cukup 7 Bulan Bagi Pokemon Go untuk Bisa Meraup Keuntungan 1 Miliar Dolar

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Cukup 7 Bulan Bagi Pokemon Go untuk Bisa Meraup Keuntungan 1 Miliar Dolar  

MOBITEKNO – Sejak dirilis bulan Juli tahun lalu, game mobile fenomenal Pokemon Go berhasil menembus pendapatan kotor telah menembus angkan US$1 miliar, demikian menurut laporan Sensor Tower dalam blog-nya.

Pokemon Go mencapai rekor pendapatan tersebut berdasarkan data yang dikumpulkan dari Google Play dan iOS App Store selama tujuh bulan setelah peluncurannya di Juli 2016 lalu.

Rekor pertamanya menembus angka pendapatan kotor US$ 500 juta terjadi di periode September – Oktober tahun lalu. Saat itu, Pokemon Go tercatat sebagai game mobile dengan pendapatan tercepat dibandingkan mobil game lainnya, misalnya Clash Royale.

Terobosan developer-nya, Niantic, untuk menyediakan game ini untuk diunduh (download) gratis dan mengkombinasikannya dengan metode 'in-app purchases' terbukti menuai sukses besar.

""

Sensor Tower juga merilis grafik yang menunjukkan performa pendapatan yang impresif dari game Pokemon Go jika dibandingkan game laris lainnya, Clash Royale, selama tujuh bulan terakhir.

Game mobile di era smartphone saat ini menjadi magnet tersendiri bagi para pembuat game (developer game) untuk berlomba-loma meraih keuntungan. Game mobile pertama yang berhasil menembus rekor pendapatan US$ 1 miliar adalah Puzzle & Dragons. Game ini berhasil meraih rekor tersebut pada tahun 2014.

Saat puncaknya, Pokemon Go bisa meraup keuntungan per harinya sekitar U$ 18 juta. Meski sudah jauh menurun, game mobile andalan Niantic ini masih terus menguntungkan dengan angka pendaptan sekitar US$ 1,5 juta hingga US$ 2,5 juta per hari.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS