January 27, 2016

Tahun 2016, Pasar Smartphone Bergerak ke Ponsel Biasa

Penulis: Elizabeth Swanti
Tahun 2016, Pasar Smartphone Bergerak ke Ponsel Biasa  

MOBITEKNO – Tren penggunaan smartphone terus meningkat dari tahun ke tahun, demikian juga dengan jumlah produsen. Lembaga riset terkemuka Gartner merilis bahwa pengapalan ponsel meningkat 2,6 persen pada 2016. "Secara konstan, pengeluaran konsumen untuk membeli ponsel diperkirakan akan meningkat sebesar 1,2 persen pada 2016, namun pertumbuhannya tidak akan cukup kuat secara keseluruhan untuk mencapai pertumbuhan pada 2016, "kata Roberta Cozza, Direktur Riset di Gartner, sebagaimana dikutip melalui rilisnya yang diterima oleh redaksi Mobitekno.com.

Pengiriman smartphone terus mendorong pertumbuhan, dan Gartner memperkirakan bahwa pada akhir 2016, 82 persen dari ponsel akan beralih ke smartphone, naik 12 persen dari 2015. "Kami sedang menyaksikan pergeseran dari ponsel biasa ke pasar smartphone," kata Cozza.

Uniknya, menurut Cozza, bahwa meski penetrasi pergeseran dari ponsel biasa ke smartphone cukup tinggi, namun pengguna cenderung memilih untuk mengganti dalam kategori smartphone dasar tanpa harus pindah ke smartphone kategori high-end atau premium. Hal ini terjadi terutama di wilayah Tiongkok dan beberapa pasar negara berkembang lainnya.

Merek lokal dan Tiongkok dianggap lebih mampu menawarkan smartphone dasar dengan fitur menarik dan harganya lebih rendah, yang berarti bahwa ada kekurangan dari kebutuhan bagi pengguna untuk meng-upgrade ke smartphone premium. Sebaliknya, smartphone dasar yang lebih canggih dan menarik memenuhi kebutuhan pengguna dengan biaya lebih rendah.

Dalam Mobile World Congress yang akan berlangsung di Barcelona bulan Februari mendatang, diperkirakan sejumlah vendor Android akan merilis generasi berikutnya dari flagships smartphone mereka. Hal ini memang biasa, namun dengan pertumbuhan yang cukup pesat di industri ini, tak ayal baik kompetitor maupun konsumen tentu berharap akan melihat adanya peningkatan yang berfokus pada diferensiasi yang unik, tapi pengalaman yang relevan, ekspansi fungsi baru dan aplikasi dan layanan ekosistem yang lebih baik.

 

Tags: , , ,


COMMENTS