December 24, 2016

KFC di Tiongkok Ini Gunakan Face Recognition untuk Rekomendasi Menu

Penulis: Desmal Andi
KFC di Tiongkok Ini Gunakan Face Recognition untuk Rekomendasi Menu  

MOBITEKNO – Terkadang, saat Anda sudah ada di depan kasir sebuah restoran cepat saji, Anda dibuat bingung dengan menu-menu makanan yang ada. Padahal tersedia banyak menu di belakang sang kasir, mulai dari menu satuan hingga paket. Namun, jika Anda berkunjung ke resto cepat saji KFC yang ada di negara Tiongkok ini, tampaknya Anda bisa memesan menu dengan cepat.

Mengapa bisa cepat? Hal ini karena restoran cepat saji tersebut menggunakan teknologi face recognition yang dapat merekomendasikan menu makanan kepada konsumennya. Jadi, bisa saja saat Anda menatap ke bagian deteksi wajah, sistem segera merekomendasikan “satu nasi, dua ayam, serta minuman tanpa gula”. Konsumen pun tinggal meminta kepada kasir dan membayarnya.

Teknologi ini ada berkat kerjasama yang dilakukan antara Baidu dan KFC. Berdua, mereka membuka sebuah restoran kecill dengan teknologi pintar di dalamnya. Sistem bisa membaca raut muka serta gesture tubuh yang kemudian membuat sistem merekomendasikan makanan atau minuman yang pas untuk konsumennya pada saat itu.

Namun, bukan berarti rekomendasi dari mesin berteknologi Face Recognition tersebut menjadi menu yang harus dipesan konsumen. Konsumen masih tetap bisa memesan sesuai dengan makanan atau minuman yang diinginkannya. Namun, teknologi ini dapat membantu mereka yang bingung dalam memilih menu.

Sumber: Engadget

Tags: , , , , ,


COMMENTS