April 22, 2016

Goodyear Berikan Lima Tips Cara Menghemat Bahan Bakar

Penulis: Desmal Andi
Goodyear Berikan Lima Tips Cara Menghemat Bahan Bakar  

MOBITEKNO – Efisiensi bahan bakar merupakan hal yang banyak dicari oleh konsumen otomotif di Indonesia. Apalagi ditambah dengan isu ramah lingkungan, para pemain di industri otomotif pun turut memberikan solusi bagaimana menghemat bahan bakar seefisien mungkin. Hal yang sama dilakukan oleh Goodyear Indonesia.

Goodyear sebagai salah satu produsen besar untuk ban kendaraan sadar bahwa ban bisa menyumbang penghematan dalam penggunaan bahan bakar. Bagi Goodyear, selain memilih bentuk dan jenis yang tepat, cara mengendaraipun harus diperhatikan. Selain itu, ban pun harus diawasi secara berkala agar kinerjanya dalam menghemat bahan bakar dapat terus terjaga.

Guna membantu konsumen Goodyear dalam menghemat bahan bakar, berikut ini lima tips yang diberikan Goodyear untuk mengurangi biaya bahan bakar di kendaraan.

  1. Kurangi kecepatan: Penghematan bahan bakar bisa dilakukan dengan mengatur kecepatan kendaraan secara optimal di antara 50 km.jam hingga 70 km/jam. Angka ini didapat berdasarkan hasil survei dari Elsevier, peneliti di bidang transportasi. Mengurangi dan menjaga kecepatan di alan raya merupakan salah satu cara termudah untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  2. Hindari mengemudi secara agresif: Sering menekan pedal gas secara tiba-tiba untuk menambah akselerasi justru membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Oleh sebab itu, mempercepat laju secara perlahan dan mengubah transmis semulus mungkin dapat menghemat bahan bakar sebesar 20 persen. Cara ini juga dapat menghemat penggunaan ban. Jika kendaraan sudah memiliki fitur cruise control, sebaiknya gunakan untuk mengatur kecepatan kendaraan.
  3. Periksa tekanan angin ban setiap bulan: Jangan remehkan tekanan angin di setiap ban karena bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya. Gunakan tekanan yang direkomendasikan produsen secara berkaa. Hal ini pentingkarena selain menghemat bahan bakar, dapat memperpanjang usia tapak ban sehingga terjaga dai keausan yang lebih cepat.
  4. Jangan gunakan kendaraan sebagai ruang penyimpanan: Untuk setiap muatan tambahan sebanyak 50 kg yang dibawa kendaraan dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat sebayak 1-2 persen. Ada baiknya singkirkan beban yang tidak diperlukan di perjalanan karena dapat mengurangi jumlah bahan bakar yang digunakan.
  5. Pilihlah ban dengan rolling resistance rendah: Mengapa hal ini perlu? 20 persen dari konsumsi bahan bakar mobil berasal dari penggunaan ban itu sendiri. Oleh sebab itu, pilih ban yang sudah menggunakan teknologi terkini sehingga dapat menghemat bahan bakar. Energi yang hilang saat ban bergulir pun menjadi tidak terlalu banyak. Salah satu contoh ban dengan rolling resistance rendah adalah Goodyear Assurance TripleMax yang menggunakan ‘Goodyear Fuel Saving Technology’. Berkat teknolosgi tersebut, ban ini dapat menghemat sekitar 4 persen pemakaian bensin atau senilai bahan bakar sepanjang umur ban dengan 31 persen peningkatan di rolling resistance.

“Goodyear memang selalu fokus untuk menghadirkan inovasi produk yang relevan dan praktis,” ujar Yedi Sondy, Direktur Penjualan dan Marketing Goodyear Indonesia. “Goodyear Assurance tripleMax dapat memberikan penghematan besar untuk pengemudi dan juga dapat meningkatkan kinerja perangkat lainnya yang terhubung dengan ban,” tutup Yedi.

Tags: , , ,


COMMENTS