May 18, 2016

Patut Dicontoh, Otoritas Colorado Buat Aturan Baru Bikin Mobil Listrik Jadi Lebih Murah

Penulis: Abdillah
Patut Dicontoh, Otoritas Colorado Buat Aturan Baru Bikin Mobil Listrik Jadi Lebih Murah  

MOBITEKNO – Pemerintah negara bagian Colorado, AS mulai mengambil sikap positif terhadap industri otomotif berteknologi listrik. Belum lama ini, mereka mengeluarkan undang-undang (UU) yang memberikan insentif point-of-sale sebesar US$ 5.000 dalam pembelian kendaraan listrik atau EV (Electric Vehicle) di negara bagian tersebut.

Sebelumnya, otoritas Coloradoo juga telah memberlakukan insentif pajak federal sebesar US$ 7.500. Dengan demikian, sudah ada pemotongan biaya hingga US$ 12.500 bagi mobil listrik atau jenis kendaraan sejenis agar EV lebih menarik dan kompetitif dari mobil tradisional di pasar otomotif.

Terhitung sejak 4 Mei, legislatif Colorado sudah menyetujui RUU HB 1332 yang secara dramatis meningkatkan kredit pajak negara terhadap kendaraan bahan bakar alternatif. Intinya, hal tersebut akan membuat kredit dialihkan ke perusahaan diler (dealer) mobil atau keuangan, yang secara efektif akan mengubah mereka menjadi insentif point of sale.

Kebijakan ini membuat menjadikan warga Colorado kan bisa menikmati insentif terbaik di antara negara bagian lain di AS. Dengan menggabungkan salah satu kredit pajak tertinggi dengan pilihan point of sale, pemerintah Colorado berharap bisa membantu peningkatan penjualan EV secara signifikan.

Diskon sebesar US$ 5.000 akan memberik peluang bagi para diler dalam melakukan program diskon secara langsung harga mobil listrik sehingga lebih menarik bagi calon pembeli, termasuk menggairahkan pasar otomotif.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS