February 2, 2023

Penampakan Mobil Listrik Xiaomi Mulai Terkuak, Akankan Sesukses Smartphone-nya?

Penulis: Iwan RS
Penampakan Mobil Listrik Xiaomi Mulai Terkuak, Akankan Sesukses Smartphone-nya?  

Mobitekno – Bukan hal baru jika produsen smartphone juga kepincut membuat mobil listrik. Salah satunya adalah Apple, Sony, dan juga Xiaomi. Apabila Sony yang menggandeng Honda sudah memperkenalkan purwarupa mobil listriknya, proyek mobil listrik Xiaomi juga perlahan mulai menjadi kenyataan dengan penampakannya di jalan raya negara asalnya dan bocoran gambarnya di internet.

Jadi, mobil listrik Xiaomi bukan lagi merupakan ‘proyek masa depan’ yang belu jelas kapan hadir di pasarana. Dari gambar mobil listrik Xiaomi yang beredar, terlihat tampilannya yang sporty yang menonjolkan garis aerodinamis dengan lampu depan almond.

Dari bocoran gambar terbaru yang dibagikan seorang pengguna media sosial Weibo, mobil listrik pertama Xiaomi diberi kode MS11. Beberapa sumber bahkan menyatakan bahwa nama resmi mobil ini adalah Modena yang mirip dengan merek alat rumah tangga asal Italia.

Xiaomi ev MS11 02

Xiaomi ev MS11 00

Dilansir dari ArenaEV, mobil listrik pintar yang sedang dikembangkan Xiaomi merupakan sedan empat pintu yang desainnya banyak mengambil ide dari mobil listrik BYD Seal.

Lampu depannya juga disebut memiliki kemiripan dengan lampu mobil sprort McLaren 720S. Berdasarkan gambar juga diketahui bagian bumper depan dan belakangnya juga diberi sentuhan ventilasi udara yang menambah kesan sporty.

Xiaomi MS11 juga memilki atap kaca panjang, roda besar, dan juga mengusung sistem rem Wilwood yang ekonomis tapi berperforma baik. Logo Xiaomi berada di tengah roda dan ada sensor LiDAR yang jelas di atas kaca depan.

Spesifikasi mobil Xiaomi ini belum banyak diketahui, tetapi menurut beberapa laporan media lokal China, mobil tersebut akan menggunakan baterai dari CATL dan BYD. Adapun mesin motor listriknya dirancang sendiri oleh Xiaomi.

Xiaomi ev MS11 05

Xiaomi ev MS11 04

Meskipun Xiaomi merupakan pendatang baru atau masih dianggap anak bawang dalam industri otomotif, produsen otomotif yang sudah mapan patut mewaspadai gebrakan salah satu raksasa smartphone global ini. Pasalnya, komponen elektronik yang sudah mendominasi mobil listrik saat ini bukanlah ranah baru bagi Xiaomi yang sejauh ini sudah membuat hampir semua jenis produk elektronik yang ada di dunia.

Salah satu keunggulan Xiaomi dalam manufaktur produk adalah kepiawaiannya dalam mengelola rantai pasokan (supply chain). Apabila Tesla saja bisa mendobrak dominasi produsen mobil, seperti Toyota, GM, Volkswagen, dengan mobil listriknya. Bukan hal mustahil Xiaomi juga bisa melakukan hal yang sama.

Xiaomi ev MS11 03

Tags: , , , , , ,


COMMENTS