August 9, 2016

Gunakan Chip FortiASIC SOC3 Terbaru, Perangkat FortiGate 60E Diklaim Sebagai Firewall ‘Terkuat’ di Dunia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Gunakan Chip FortiASIC SOC3 Terbaru, Perangkat FortiGate 60E Diklaim Sebagai Firewall ‘Terkuat’ di Dunia  

MOBITEKNO – Pada era Internet yang ‘dihuni’ oleh beragam perangkat notebook, tablet smartphone, hingga IoT yang saling tehubung ini, lalu lintas data pada infrastruktur jaringan di perusahaan pun akan melonjak drastis. Lalu lintas yang tinggi secara tidak langsung berdampak pada risiko keamanan yang semain tinggi yang harus dihadapi oleh perusahaan.

Kebutuhan akan sistem keamanan Firewall yang andal (menangani pun otomatis menjadi keharusan bagi perusahaan untuk mengamankan infrastruktur jaringan perusahaan, baik ancaman/serangan dari luar dan dalam perusahaan.

Solusi Firewall yang hanya berbasiskan software sudah lama ditinggalkan. Pelaku industri keamanan jaringan, seperti Fortinet sudah lama menerapkan chip (hardware) ASIC (Application Specific Integrated Circuit) yang dirancang khusus untuk perangkat Firewall agar dapat memenuhi lonjakan kebutuhan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.

Fortinet yang menyediakan beragan produk sekuriti jaringan/cybersecurity (network solution/appliances) berkinerja tinggi untuk perusahaan UKM hingga besar (enterprise) baru-baru ini mengumumkan serangkaian upgrade terbaru dalam teknologi security fabric framework yang mereka tawarkan selama ini.

Salah satunya yang diperkenalkan adalah arsitektur generasi ketiga FortiASIC SOC3 SoC (System-on-a-Chip). Fortinet SOC3 terbaru ini akan mengakselerasi performa perangkat sekurit terbarunya, FortiGate 60E series yang selama ini sebenarnya diklaim yang terbaik di kelasnya dalam hal keamanan dan kemampuan jaringan.

Seperti diketahui, FortiGate 60E merupakan perangkat Firewall kategori Distributed Enterprise Firewall untuk melindungi jaringan terdistribusi di berbagai lokasi/kantor cabang dengan mengandalkan proteksi keamanan dari Security Fabric milik Fortinet.

Seberapa besar peningkatan kinerja jaringan yang ditawarkan chip FortiASIC SOC3 ini untuk perangkat Firewall? Menurut rilis Fortinet, chip ini menawarkan kinerja lebih besar dua kali lipat dari chip/CPU kelas enterprise yang ditawarkan pada produk kompetitior lainnya.

Dengan chip FortiASIC SOC3 pada perangkat Distributed Enterprise Firewall FortiGate 60E ini, firewall perusahaan yang terdistribusi akan menjadi jauh lebih aman dan menawarkan kecepatan pemrosesan yang terunggul dibandingkan solusi sejenis di pasar perangkat Firewall yang ada di pasaran saat ini.

FortiGate 60E series yang mengonsolidasikan berbagai fungsi keamanan dan jaringan ke dalam sebuah perangkat yang ringkas. Adapun bebeapa keunggulan yang ditawarkannya, diantaranya sistem sekurit yang canggih (enterprise Firewall, IPS, Inspeksi, VPN, WAF, Inspeksi SSL dan Sandboxing Berbasis Cloud) dan performa jaringan tinggi (Routing, Load Balancing, Optimasi WAN, konektivitas 3G / 4G, dan dukungan standar WiFi 802.11ac)

FortiASIC SOC3 SoC pertama kalinya akan dibenamkan pada Firewall FortiGate 60E series sebagai perangkat Distributed Enterprise Firewall untuk perusahaan dengan jaringan yang luas dan terdidistribusi. Produk ini sudah tersedia di berbagai mitra penyaluran resmi Fortinet.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS