May 8, 2016

Inilah Penilaian iFixit Saat Membedah Huawei P9

Penulis: Eko Lannueardy
Inilah Penilaian iFixit Saat Membedah Huawei P9  

MOBITEKNO – Seperti kita ketahui bersama, Huawei P9 yang diperkenalkan pada bulan April lalu di London, Inggris banyak menghadirkan beragam fitur menarik. Salah satu fitur andalan yang ada di dalam smartphone tersebut adalah dukungan Dual-Camera dari Leica sebagai kamera utama di bagian belakang.

Tentu saja menarik, banyak analis yang menyebutkan inilah sebuah smartphone unggulan yang memadukan kemitraan raksasa teknologi asal Tiongkok dengan ahli optik dari Jerman. Tak main-main, Huawei juga membenamkan Dual-Camera racikan Leica tersebut dengan resolusi yang terbilang tinggi, yakni 12 MP.

Tertarik dengan keunggulan smartphone tersebut, belum lama ini iFixit berhasil membedah Huawei P9. Tujuan mereka melakukan hal tersebut untuk mencari tahu seberapa mudah pengguna memperbaiki smartphone tersebut. Selain itu, mereka juga ingin menghitung berapa biaya yang dikeluarkan oleh Huawei untuk membuat P9.

Menariknya, P9 yang dirancang oleh Huawei dan terlihat eksklusif karena disekrup dengan Pentalobe Screwdriver. Pihak iFixit menyebutkan tak banyak smartphone Android yang menggunakan desain baut eksklusif tersebut.

Apakah hanya itu? Hal lainya yang menarik perhatian adalah modul Dual-Camera yang disematkan. Dukungan Dual-Camera tersebut memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan kebanyakan kamera yang terpasang pada smartphone Android lainya.

iFixit juga menjabarkan, P9 menggunakan RAM 3 GB LPDDR3 yang dikembangkan oleh SK Hynix dan internal storage berkapasitas 32 GB eMMC Flash dari Samsung. Sementara itu, untuk pengisian baterai lebih cepat (fast-charging) IC yang digunakan adalah buatan Texas Instruments.

Lebih lanjut, iFixit juga menyebutkan bahwa chip audio yang dibenamkan ke dalam smartphone ini dibuat oleh anak perusahaan Huaiwei sendiri, Hisilicon Technologies. Huaiwei P9 juga menggabungkan chip 5G Wi-Fi dan kontroler Blutooth 4.0 dari Broadcom serta NFC dari NXP.

Sementara itu, modul WCDMA/LTE dan FDD/TDD LTE yang dibenamkan ke dalam smartphone ini adalah buatan Skywork. P9 juga dilengkapi dengan dengan port audio 3,5 mm dan port USB Type-C yang mudah untuk diperbaiki. Dalam hal perbaikan, iFixit menilai smartphone unggulan Huawei ini layak mendapat angka 7 dari 10.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS