July 7, 2016

Ambil Alih AVG, Avast Software Siap Jadi Produsen Software Sekuriti Utama Dunia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ambil Alih AVG, Avast Software Siap Jadi Produsen Software Sekuriti Utama Dunia  

MOBITEKNO – Avast Software, produsen/vendor software Avast Antivirus dengan 230 juta pengguna di seluruh dunia mengumumkan rencananya mengakuisisi kompetitior satu negaranya, AVG senilai US$ 1.3 miliar (cash deal).

Avast dan AVG yang didirikan dalam waktu berdekatan (Avast pada 1988, AVG/Grisoftpada awal 1990) saat negara Cekoslowakia masih belum bubar sama-sama dikenal sebagai produsen asal Republik Ceko yang menyediakan software Antivirus versi gratis dan versi komersial (berbayar).

Belakangan keduanya juga memperluas portofolio produknya dengan menawarkan produk dan layanan sekuriti untuk mobile device atau smartphone. Dengan bergabungnya AVG ke dalam Avast, semua produk sekuritnya diprediksi akan digunakan oleh sekitar 400 juta pengguna, termasuk 16 juta pengguna di segmen mobile.

Selain terus mengembangkan pasar tradisonalnya di segmen desktop dan mobile, Avast berharap akuisisi AVG juga dapat membuka peluang bisnisnya di sektor bisnis kelas kecil-menengah (UKM) dan produk sekuriti untuk IoT device.

Bagaimana ‘nasib’ selanjutnya dari berbagai produk sekuriti AVG belum diketahui dengan pasti. Avast belum memberikan konfirmasi, apakah akan mengganti semua produk merek AVG dengan merek Avast atau tetap melajutkan penjualan produk AVG seperti biasa.

Proses akuisisi ini telah disetujui langsung oleh dewan direksi dari kedua belah pihak. Namun, mengingat AVG telah masuk pasar bursa (terdaftara di New York Stock Exchange) proses trasnsaksi ini masih menunggu persetujuan lebih lanjut dari pemegang saham (shareholder) AVG Technologies.

Vince Steckler, CEO of Avast Software, menyatakan "Kami berada di industri yang sangat dinamis. Akuisisi ini memberikan kami napas dan kedalaman teknologi untuk menjadi penyedia solusi sekuriti pilihan dari konsumen saat ini dan masa mendatang.

Gary Kovacs, CEO AVG Technologies optimis akuisisi AVG oleh Avast ini dapat membawa Avast menjadi pemain utama dalam pasar sekuriti Internet yang masih akan terus berkembang di masa mendatang.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS