September 30, 2015

Jerman Akan Unjuk Kekuatan Mengenai Sains dan Teknologi di Jakarta

Penulis: Eko Lannueardy
Jerman Akan Unjuk Kekuatan Mengenai Sains dan Teknologi di Jakarta  

MOBITEKNO – Sebagai bagian dari perayaan Jerman Fest di Indonesia, Goethe-Institut Indonesien bersama Kedutaan Besar Jerman di Jakarta dan Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman (EKONID) akan menggelar "Pameran Sains & Teknologi Jerman-Indonesia". Gelaran acara ini akan berlangsung di Ruang Pameran, Museum Nasional, Jakarta mulai tanggal 5 hingga 15 Oktober 2015.

Mengusung tema "Fostering Ideas", pameran ini sengaja digelar untuk memamerkan beragam inovasi terbaru serta kerjasama antara Jerman dan Indonesia di sektor Teknologi, Sains, Kesehatan dan Teknik. Target pengunjung pameran ini adalah pelajar, akademisi, administrator sain, hingga masyarakat umum.

Beberapa lembaga penelitian dari Jerman juga akan meramaikan acara ini. Hadir di acara tersebut Pusat Riset Geo Postdam, Pusat Ekologi Kelautan Tropis, Pusat Riset Keanekaragaman Hayati Leibniz, Asosiasi Helmholtz dan Asosiasi Leibniz. Selain itu, ada juga Fraunhofer Society Max Planck Society dan badan pendanaan, seperti Asosiasi Riset Jerman dan Yayasan Alexander von Humboldt.

Tak kalah menarik, beberapa perusahaan besar dari Jerman yang sudah terkenal di Indonesia akan turut memamerkan berbagai inovasi terbarunya, salah satunya adalah Mercedes yang akan memperlihatkan teknologi autonomous car. Perusahaan lainnya adalah BASF, Siemens, serta Lufthansa.

Selain pameran, sebuah lokakarya mengenai Kerjasama Jerman-Indonesia di bidang Sains dan Teknologi akan diadakan pada tanggal 7 Oktober 2015 pukul 09.00 WIB di lokasi yang sama. Dalam lokakarya ini, para peserta dapat mengikuti diskusi tentang kerjasama bilateral di bidang penelitian keanekaragaman hayati, ilmu kelautan, dan topik-topik lainnya.

Bagi pelajar dan akademisi yang berencana menempuh pendidikan atau pun melakukan penelitian di Jerman, sebuah seminar informasi berjudul “Studi dan Penelitian di Jerman” oleh Pelayanan Pertukaran Akademis Jerman atau DAAD akan diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2015 di Ruang Auditorium, Museum Nasional, Jakarta.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS