December 21, 2015

Lenovo A2010: Ditujukan untuk Masyarakat yang Ingin Cicipi 4G LTE

Penulis: Desmal Andi
Lenovo A2010: Ditujukan untuk Masyarakat yang Ingin Cicipi 4G LTE  

MOBITEKNO – Dimulainya penggunaan jaringan 4G LTE di Indonesia, membuat Lenovo sebagai salah satu pioneer dalam penyediaan berbagai smartphone berkemampuan 4G bersemangat menyambutnya. Terbukti, jajaran smartphone berkemampuan 4G sudah dimiliki Lenovo, mulai dari kelas premium hingga kelas dengan harga terjangkau.

Salah satu smartphone 4G yang belum lama diluncurkan adalah Lenovo A2010. Smartphone berukuran layar 4,5 inci ini tampaknya ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang hanya ingin merasakan kecepatan jaringan 4G LTE. Dengan harga terjangkau, yaitu Rp 1 jutaan, lenovo A2010 sudah dapat digunakan untuk menikmati kecepatan yang ditawarkan 4G LTE.

Untuk spesifikasinya sendiri, Lenovo A2010 sudah dibekali dengan prosesor MediaTek MT6735 1 GHz Quad Core dengan GPU Mali-T720, serta memori sebesar 1 GB RAM. Dengan spesifikasi seperti ini, Lenovo A2010 tampaknya ditujukan untuk beban kerja yang tidak terlalu berat. Smartphone ini ditujukan untuk masyarakat yang ingin beralih dari jaringan 3G ke jaringan 4G.

Desain

Lenovo A2010 hadir dengan bentuk yang ramping dengan dimensi 131,5 x 66,5 x 9,9 mm. Bobotnya hanya 137 gram. Di sisi-sisi layar masih terdapat sedikit ruang untuk frame. Bagian atasnya terdapat kamera depan dan speaker. Sementara di bagian bawah hanya untuk tombol home.

Peletakan tombol power dan volume ada di sisi kanan. Sementara untuk port micro USB dan audio digabungkan di sisi atas. Praktis, dengan begitu, sisi kiri dan bawah terbebas dari tombol fungsi dan port.

Di bagian belakang, kamera berada di sisi tengah atas. Di bawahnya persis terdapat LED flash untuk membantu kamera saat kondisi kurang cahaya. Speaker phone ada di bagian paling bawah ditandai dengan deretan lubang-lubang kecil pada cover belakang.

Selanjutnya, buka cover belakang dengan cara mencongkelnya dari bagian sudut bawah. Setengah bagian hampir terisi oleh baterai Litium Polimer 2.000 mAh. Untuk mengakses port SIM card, cabut baterai terlebih dahulu. SIM 1 ada di bagian tengah dan SIM 2 ada di sisi sampingnya. Sementara untuk port Micro SD, ada di bagian atas menghadap ke tepi kiri bagian belakang smartphone.

Desain seperti ini cukup memudahkan pengguna untuk menakses SIM card maupun melepas baterai.

Fitur & Performa

Layarnya yang berukuran 4,5 inci dengan resolusi 480 x 854 pixel mampu menampilkan gambar yang cukup cerah. Dengan bobot sekitar 137 gram, Lenovo A2010 sangat nyaman dipegang untuk dibawa kemanapun pemiliknya pergi. Smartphone ini pun tidak terlalu merepotkan saat diletakkan di saku celana maupun saku kemeja karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop, Lenovo A2010 dapat digunakan dengan fleksibel terhadap aplikasi-aplikasi terbaru yang ada di Google Playstore. Selain itu, dukungan dual SIM card yang ada di bagian belakang, membuat smartphone ini bisa digunakan untuk dua provider sekaligus. Pengguna bisa merasakan dua jaringan langsung, yaitu 4G dan 3G. Ukuran SIM card-nya masih mengadopsi ukuran micro.

Kapasitas penyimpanan memori internalnya memang hanya sebesar 8 GB. Namun, jika ingin lebih lega lagi, pengguna dapat menambahnya dengan memori eksternal Micro SD dengan kapasitas hingga 32 GB. Jadi, jangan khawatirkan untuk masalah penyimpanan file, seperti dokumen, foto, audi, dan video.

Yang harus diperhatikan hanyalah manajemen aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jika digunakan untuk komunikasi dan bersosial media secara normal, kapasitas RAM 1 GB sudah cukup untuk menunjang aktivitas tersebut.

Aktivitas Lenovo A2010 ditopang oleh kemampuan baterai Litium Polimer 2.000 mAh. Kapasitas sebesar ini sudah sanggup menunjang aktivitas penggunaan smartphone dalam waktu yang lama dengan penggunaan normal.

Kamera

Lenovo A2010 sudah dilengkapi dengan kamera belakang berkemampuan 5 MP yang didukung LED flash. Sementara kamera depan berkemampuan 2 MP.

Untuk kamera belakang, walaupun masih berkapasitas 5 MP, Lenovo sudah menyediakan berbagai macam mode untuk penggunaan kamera. Selain mode normal untuk mengabadikan onjek, terdapat juga panorama, motion track, live photo, hingga multi angle. Tiga mode terakhir cukup menarik digunakan untuk mendapatkan hasil capture objek yang berbeda dari biasanya. Dalam kondisi cukup cahaya (siang hari), kamera belakangnya mampu menghasilkan gambar yang baik. Fungssi auto capture untuk deteksi senyum pun tammpil di bagian depan sehingga sangat mudah untuk diakses.

Di mode video, Lenovo bahkan sudah menyediakan mode Timelapse dengan beberapa tingkat pengaturan waktu, mulai dari 1 detik hingga 10 detik. Terdapat empat kualitas video yang bisa dipilih, yaitu low, medium, high, dan fine.

Untuk kamera depan, seperti yang banyak ditemukan di smartphone Lenovo, sudah disediakan fitur beautification untuk mempercantik tampilan wajah. Namun, satu fitur yang biasanya hanya ada di kamera belakang, ternyata bisa dilakukan oleh kamera depan Lenovo A2010, yaitu multi angle.

Performa

Antutu: 

 

Geekbench 3:

 

PC Mark:

 

Spesifikasi

Untuk lebih lengkapnya, spesifikasi Lenovo A2010 dapat dilihat dalam tabel berikut ini:

 

Ukuran layar 4,5 inci
Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
Prosesor Mediatek MT6735M 1 GHz Quad Core
GPU Mali-T720
Kamera 5 MP (belakang) autofocus, 2 MP (depan)
RAM 1 GB
Storage 8 GB
Jaringan GSM / HSPA/LTE
Kartu SIM Dual micro SIM Card
Komunikasi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot, Bluetooth 4.0, GPS, Micro USB
Baterai Li-Po 2000 mAh

 

Kesimpulan

Lenovo A2010 cocok digunakan bagi masyarakat yang benar-benar ingin merasakan jaringan 4G. Target Lenovo dengan smartphone 4G berharga Rp 1 jutaan ini memang ditujukan untuk pengguna smartphone yang ingin berali dari 3G ke 4G. Jadi, tanpa harus mengeluarkan banyak uang, mereka sudah bisa menikmati kecepatan 4G. Selanjutnya, jika sudah puas dengan kecepatan 4G, mereka bisa tetap menggunakan Lenovo A2010 ini atau bisa menggantinya dengan seri Lenovo lain dengan fungsi yang lebih kaya.

Namun, walaupun berharga satu jutaan Rupiah, kemampuan Lenovo A2010 juga bisa menunjang aktivitas sehari-hari. Kameranya yang berkemampuan 5 MP sudah memiliki beragam aplikasi di dalamnya sehingga cukup fleksibel untuk digunakan di situasi apapun. Sementara videonya juga sudah memiliki fitur timelapse.

Dimensinya yang cukup ramping dan ringan membuat lenovo A2010 nyaman dalam genggaman. Diletakkan di saku celana maupun saku kemeja pun masih terlihat tidak terlalu menonjol sehingga tidak merepotkan penggunanya. Selain itu, baterai yang bisa dicopot membuatnya mudah diganti jika terjadi masalah atau kerusakan pada baterai tersebut.

Tags: , , , ,


COMMENTS