July 17, 2015

CEO Reddit Terdahulu Bela Ellen Pao dan Salahkan Pendirinya

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
CEO Reddit Terdahulu Bela Ellen Pao dan Salahkan Pendirinya  

MOBITEKNO – Setelah mundurnya Ellen Pao (baca juga ‘CEO Reddit Mengundurkan Diri Setelah Dicaci di Forum‘), sebagai CEO Reddit, mantan CEO sebelum Pao, yaitu Yishan Wong turut angkat bicara.

Berbeda dengan komunitas Reddit yang umumnya tidak menyukai langkah-langkah Pao semasa menjabat CEO Reddit, Yishan Wong justru lebih menyalahkan salah satu pendiri Reddit, Alexis Ohanian, yang menjadikan Pao sebagai ‘tumbal’ atas kebijaksanaannya yang kurang populer di mata komunitas forum Reddit.

Pembelaan Wong beralasan karena Pao adalah orang yang direkomendasikan Wong untuk menggantikannya saat Ia berhent sebagai CEO Reddit. Menurut Wong, Pao adalah sosok yang paling cocok mengelola startup sebesar Reddit dan paling mengerti situasi dan kondis Reddit saat itu.

Forum Reddit.com yang masih diblokir di Indonesia hingga saat ini, terutama jika diakses via provider Internet ‘pelat merah’, mulai menunjukkan pergolakkan sejak Pao dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab atas pemberhentian Victoria Taylor yang mengasuh subreddit populer “Ask Me Anything” (AMA atau r/IAmA)”. Belakangan diketahui, pemberhentian Victoria Taylor sebenarnya bukan merupakan keputusan Pao, tapi berasal dari keputusan Ohanian sendiri.

Yishan Wong sadar betul bahwa posisi ‘kursi panas’ CEO Reddit yang harus berhadapan di satu sisi dengan komunitasnya Reddit yang independen dan di sisi lain bertanggung jawab melaksanakan amanat dewan direksi bukanlah tugas yang mudah. Wong pun dikabarkan mundur sebagai CEO Reddit sebelum Pao menjadi CEO karena alasan adanya benturan kepentingan.

Terlepas dari ada kaitannya atau tidak, berhentinya Pao sebagai CEO Reddit juga diikuti oleh Bethanye Blount, Chief Engineer Reddit, beberapa hari kemudian. Padahal Blount baru menjabat di posisi tersebut selama dua bulan.

Blount sempat berkomentar di website teknologi Re/code (recode.net) bahwa mundurnya Pao merupakan salah bentuk diskriminasi gender yang disebutnya sebagai ‘glass cliff’, dimana perempuan ditempatkan di posisi kepemimpinan yang kemungkinan besar akan gagal dilakoninya.

Ellen Pao sebenarnya bukan sekali ini saja berhadapan dengan diskriminasi di industri Lembah Silkon yang didominasi pria, seperti yang diduga Blount. Pao juga pernah melakukan gugatan diskriminasi gender dan pelecehan tempat kerjanya dulu, perusahan venture capital Kleiner Perkins di tahun 2012. Gugatannya sendiri akhirnya kalah di pengadilan dan Ia pun harus membayar ongkos pengadilan yang tidak sedikit nilainya ($US 276 ribu).

Apa komentar Pao mengenai kekalahan gugatannya tersebut? “Apabila saya merasa bisa mendorong para perempuan dan minoritas di dunia venture capital, berarti pertarungan ini cukup sepadan bagi saya”, jawabnya. Pao menggambarkan biasnya perlakuan perempuan di industri teknologi ibarat “death by 1000 cuts” atau kegagalan yang terjadi akibat banyak masalah kecil.

Menurut Wong, sosok Pao bisa dikatakan secara literal sebagai pejuang hak-hak perempuan nomor satu, seperti juga para SJW (Social Justice Warrior) lainnya yang menemui hambatan saat berhadapan dengan perusahaan dalam niatnya menciptakan sebuah golongan yang memegang prinsip terhadap berbagai content yang berbau gender atau rasial.

Opini Wong yang argumentatif ini mungkin ingin menegaskan bahwa pihak Reddit pasti mempunyai batasan tersendiri dalam memberi ruang kebebasan berekspresi bagi ribuan pengguna/komunitas Reddit. Batasan ekspresi dari komunitas terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang sensitif, seperti ras, gender, hingga hubungan sesama jenis.

Nasi sudah menjadi bubur, setelah Pao berhenti karena tekanan yang terlalu berat dari kedua sisi. Salah satu pendiri Reddit, Steve Huffman, akan kembali menjabat sebagai CEO. Menurut Wong, Huffman punya tanggung jawab moral sebagai pendiri Redit untuk meluruskan segala persoalan yang selama ini menjadi kendala berkembangnya Reddit.

Adapun Pao menurut Wong, dengan atributnya sebagai seorang minoritas, perempuan, dan whistleblower masalah diskriminasi gender secara tidak langsung membuatnya sudah menjadi sasaran empuk dari awal bagi para ‘troll’ di komunitas Reddit yang bebas mengekspresikan opininya tanpa perasaan sungkan.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS