November 12, 2015

Yakin Pasar Tablet Terus Bertumbuh, MITO Luncurkan Tablet Terjangkau T35 Fantasy dengan Prosesor Intel

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Yakin Pasar Tablet Terus Bertumbuh, MITO Luncurkan Tablet Terjangkau T35 Fantasy dengan Prosesor Intel  

MOBITEKNO – Produsen smartphone, tablet, dan gadget lokal MITO Mobile bekerja sama dengan raksasa semikonduktor Intel merilis tablet Android terjangkaunya pertama, T35 Fantasy Tablet dengan prosesor Intel Atom x3-C2320RK. Rencananya, tablet tersebut di-launching pada awal bulan November 2015.

Adapun peluncuran ponsel anyar dari Mito ini akan dilakukan secara pre-order di Mall Online Blibli.com mulai dari 6-15 November 2015. Selama masa preorder Mito T35 Fantasy Tablet akan dibanderol dengan harga spesial dari harga normal Rp999.000 menjadi Rp699.000.

Menurut Hansen Lie, CEO Mito Mobile, saat peluncuran tablet “Intel inside” ini di Jakarta (11/11/2015), “MITO T35 Fantasy Tablet merupakan hasil kolaborasi MITO Mobile dan Intel yang memiliki misi yang sama untuk membuat perangkat berteknologi canggih yang bisa tersedia luas dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia”.

Menurutnya lagi, konsumen di Indonesia sebagian besar masih menggunakan tablet untuk memainkan game. Oleh karena itu, MIT35 Fantasy Tablet yang diklaim bisa menghadirkan “maximum gaming experience” akan didukung chipset terbaru Intel Atom X3 yang bertenaga.

“Dengan diperkuat prosesor Intel ini, MIT35 Fantasy Tablet sangat ideal untuk menjalankan berbagai jenis game dan aplikasi hiburan lainnya”, tambahnya.

Berbeda dengan banyak analisis bahwa pasar tablet global cenderung stagnan, berdsarkan riset IDC, pasar tablet di Indonesia masih sangat menarik dan menggiurkan. Bahkan Indonesia dianggap akan mengalami peningkatan siginifikan di pasar tablet hingga 8 persen pada tahun ini.

Pasar global pun menurut IDC tidak sesuram yang dibayangkan selam ini. Pasalnya, perkiraan penjualan tablet global pada 2015 akan mencapai 234,5 juta unit (naik dari 229,7 juta pada 2014). Bahkan pada tahun 2019 nanti, pasar tablet akan naik menjadi 62,9 persen.

Menurut Hermawan Sutanto (Channel Business Director, Intel Indonesia), Intel sangat serius menggarap pasar chip untuk mobile device. Menurutnya, Intel akan mencoba mengambil peluang pertumbuhan pasar tablet di Indonesia.Menurut Hermawan, berdsarkan data IDC, pasar tablet di Indonesia masih akan bertumbuh sekitar 8 persen. Data ini selaras dengan visi Intel ke depan untuk menghadirkan juga chip tablet dan smartphone yang terjangkau bagi mayoritas konsumen, khususnya di Indonesia.

Inilah yang menjadi latar belakang Intel untuk melakukan kerjasama erat dan jangka panjang dengan beberapa vendor lokal selama ini, yaitu MITO Mobile dan Advan. Kedua vendor ini dikenal sebagai produsen smartphone dan tablet yang terjangkau di Indonesia.

Berbicara mengenai smartphone dan tablet terjangkau, konsekuensinya tentu adalah ketersediaannya dalam jumlah yang besar (high volume) di pasar. Hal inilah yang dianggap Intel sesuai dengan strateginya untuk memasarkan sebanyak mungkin chip buatannya pada berbagai jenis mobile device, seperti MIT35 Fantasy Tablet yang baru diluncurkan ini.

MIT35 Fantasy Tablet memiliki desain yang simpel dengan prosesor Intel Atom X3 (QuadCore) 1 GHz, GPU Mali 450-MP4, RAM 1 GB, internal media storage 8 GB. Kapasitas media storage-nya bisa ditambah melaui slot microSD (hingga 32 GB).

Selain telah mengusung sistem operasi Android Lollipop 5.1, MIT35 Fantasy Tablet telah dilengkapi dengan baterai 2.600 mAh, kamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP.

Tablet berlayar 7 inci ini juga bisa melakukan FOTA (Firmware Over-The Air) yang memudahkan proses update software firmaware via koneksi 3G atau Wi-Fi tanpa harus terhubung dengan PC.

Sesuai targetnya untuk menghadirkan MIT35 Fantasy Tablet bagi mayoritas konsumen Indonesia, MITO akan menawarkannya dengan harga yang terjangkau, yaitu hanya Rp 999 ribu.

Bahkan bagi pengguna yang ingin mebelinya dengan harga yang lebih murah, MIT35 Fantasy Tablet bisa diperoleh melalui proses pre-order mulai dari 6-20 November 2015 di toko online Blibli.com. Selama masa pre-order tersebut , Mito T35 akan dibanderol harga promosi yang murah, yaitu hanya Rp 699 ribu.

Selain bekerjasama dengan e-commerce Blibli.com, MITO juga menggandeng operator terbesar nasional, Telkomsel, untuk memaketkan paket data TAU (Telkomsel Android United) 2 GB dengan harga mulai dari Rp 49 ribu.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS