February 20, 2024

Tampil di IIMS 2024, Fitur EVDS di Platform PLN Mobile Integrasikan Berbagai Layanan Kendaraan Listrik di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Tampil di IIMS 2024, Fitur EVDS di Platform PLN Mobile Integrasikan Berbagai Layanan Kendaraan Listrik di Indonesia  

Mobitekno – Aplikasi PLN Mobile kini semakin lengkap. PT PLN (Persero) terus berinovasi dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik (EV) di tanah air melalui layanan Electric Vehicle Digital Services (EVDS) di super apps milik PLN tersebut. EVDS sebagai platform digital yang mengintegrasikan layanan kendaraan listrik ini juga turut ditampilkan PLN dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang digelar sepanjang 15 -25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN Mobile tidak hanya sekadar sebuah aplikasi, tetapi juga merupakan tonggak sejarah dalam transformasi digitalisasi di Indonesia. Karenanya, PLN Mobile hadir sebagai pionir yang mengintegrasikan layanan kendaraan listrik secara end-to-end di Tanah Air.

PLN layanan EVDS 01

“Dengan visi untuk mendukung mobilitas ramah lingkungan, PLN Mobile hadir sebagai solusi yang holistik dengan menggabungkan teknologi canggih dan keberlanjutan dalam satu platform. Melalui layanan EVDS, kami memprioritaskan pelayanan kebutuhan pengguna EV agar semakin banyak masyarakat beralih ke kendaraan listrik,” ujar Darmawan.

Darmawan merinci, inovasi PLN Mobile tidak hanya mempermudah dalam transaksi soal pembelian token listrik. Lebih dari itu, melalui layanan EVDS di PLN Mobile, PLN hadir untuk membantu pelanggan dalam memenuhi segala kebutuhan kendaraan listrik.

“Seiring dengan keputusan pemerintah yang memberikan insentif untuk pembelian kendaraan listrik, PLN merancang langkah inisiatif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. PLN mengintegrasi semua sistem layanan pelanggan, baik bagi pengguna maupun calon pengguna kendaraan listrik melalui PLN Mobile,” ungkapnya.

EVDS pada PLN Mobile: Solusi terpadu masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik 

Darmawan menekankan bahwa langkah ini adalah bagian dari upaya peningkatan layanan digital melalui PLN Mobile, di mana EVDS berperan sebagai solusi terpadu bagi masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik.

“Masyarakat akan lebih mudah mendapatkan layanan kelistrikan, terutama untuk kendaraan listrik. Baik itu penambahan daya, pemasangan baru, bahkan pembelian kendaraan listrik dapat dilakukan melalui EVDS yang terintegrasi dengan PLN Mobile,” tambah Darmawan.

Melalui fitur EV di aplikasi PLN Mobile, masyarakat kini lebih mudah menemukan lokasi Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), hingga Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) terdekat. Dengan menggunakan platform ini, masyarakat juga dapat memantau biaya pengisian daya motor listrik.

“Untuk pembelian kendaraan listrik, PLN telah melakukan kerja sama dengan beberapa produsen kendaraan motor maupun mobil listrik ternama, sehingga melalui PLN Mobile juga dapat melakukan pengecekan informasi secara lengkap mengenai produk dan spesifikasinya,” tambah Darmawan.

PLN layanan EVDS 03
Peluncuran layanan EVDS pada tahun 2022.

Masyarakat juga dapat mengakses kebutuhan suku cadang kendaraan listrik langsung dari mitra PLN. EVDS juga berfungsi sebagai agregator untuk penyedia layanan perawatan dan penggantian suku cadang kendaraan listrik.

“Masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk beralih ke kendaraan listrik. Melalui EVDS seluruh sistem dan stakeholders layanan EV terintegrasi dengan baik. Kolaborasi ini menjadi wujud nyata dari komitmen PLN dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat transisi energi untuk bersama-sama kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih untuk kehidupan di masa depan yang lebih baik,” tutup Darmawan.

Fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS) di super apps PLN Mobile pertama kalai dihadirkan dua tahun lalu, tepatnya Juli 2022. Fitur ini diluncurkan PLN dalam rangka mendukung pengembangan kendaraan listrik (EV) di Indonesia dan memberikan kemudahan bagi pengguna EV dalam memenuhi berbagai kebutuhannya.

Ada beberapa layanan yang tersedia di EVDS, mulai dari “Pencarian SPKLU” yang membantu pengguna aplikasi PLN Mobile untuk mencari lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat dengan mudah. Ada pula “Informasi Tarif Listrik” dan “Pembayaran Tagihan Listrik” untuk melihat informasi tarif listrik dan membayar tagihan listrik untuk pengisian daya EV.

Layanan EVDS juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pendaftaran Layanan Home Charging dan memantau pemakaian Listrik: Pengguna dapat memantau pemakaian listrik untuk pengisian daya EV, serta mendapatkan update berita dan promo terbaru terkait EV.

EV 01

Melalui superapp PLN Mobile, masyarakat bahkan dapat mengajukan kredit kendaraan listrik karena PLN juga telah bekerja sama dengan seluruh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk mendapatkan berbagai kemudahan penawaran kredit saat ingin membeli kendaraan listrik.

Untuk mengakses segala kemudahan tersebut, pelanggan tinggal mengakses fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS) di aplikasi PLN Mobile. Fitur ini khusus didesain agar pelanggan bisa mengakses semua layanan kendaraan listrik dalam sekali klik.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS