February 20, 2024

Dompet Dhuafa Segarkan Aplikasi DD Apps, Buka Pintu Kebaikan Semudah Sentuhan Jari

Penulis: Rizki R
Dompet Dhuafa Segarkan Aplikasi DD Apps, Buka Pintu Kebaikan Semudah Sentuhan Jari  

Mobitekno – Dompet Dhuafa melangkah lebih jauh dalam memperluas layanan bagi masyarakat dengan menyegarkan aplikasi dompet dhuafa atau DD Apps di platform Android dan iOS. Aplikasi ini tak hanya menjadi sarana untuk berdonasi, tetapi juga menjadi pemenuh kebutuhan ibadah serta memberikan akses transparan terhadap laporan publik Dompet Dhuafa.

Dalam era digitalisasi yang terus berkembang, inovasi teknologi menjadi keharusan. DD Apps adalah terobosan baru dari Dompet Dhuafa, yang sebelumnya telah mengembangkan aplikasi serupa pada tahun 2011. Perubahan pola berdonasi dari konvensional ke digital menjadi salah satu bukti nyata kepedulian Dompet Dhuafa dalam mengikuti perkembangan zaman.

Komitmen Dompet Dhuafa dalam mendukung kanal digital tercermin dari kemitraan yang terus dijalin. Saat ini, 35% dari total kontribusi dana berasal dari kanal digital, yang menyumbang sebanyak 80% dari total transaksi. Pertumbuhan jumlah donatur baru pada tahun 2023 mencapai 130%, terutama berasal dari kalangan milenial dan generasi Z.

“Untuk itu, Dompet Dhuafa lewat DD Apps terus berupaya mengembangkan inovasi demi menjangkau lebih banyak lagi kontributor potensial. Diharapkan, ceruk pasar donatur generasi Z dapat terus bertambah hingga mencapai 15%,” ungkap Etika Setiawanti, Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa dalam agenda Gathering Jurnalis Tekno #MUDAHJADIBAIK, pengenalan DD Apps di Jakarta, Selasa (20/2).

DD Apps

Setelah melalui serangkaian ujicoba selama setengah tahun, Dompet Dhuafa berhasil mencatat 5000 unduhan aplikasi dengan nilai transaksi mencapai lebih kurang Rp2 Miliar. Di tengah isu-isu global seperti Palestina, Dompet Dhuafa juga memperhatikan pendidikan sebagai fokus programnya.

Adi Kurniawan selaku Senior Officer Penghimpunan Digital, mengungkap bahwa salah satu fitur unggulan yang ditawarkan adalah kalkulator zakat, yang memudahkan para donatur dalam menghitung dan memahami kewajiban zakat mereka.

Dengan komitmen kuat terhadap digitalisasi, Dompet Dhuafa terus memperluas jangkauannya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berdonasi dan berpartisipasi dalam gerakan kebaikan.

Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan masyarakat untuk berdonasi, berzakat, dan bersedekah, tetapi juga memfasilitasi ibadah serta memantau kinerja Dompet Dhuafa melalui laporan publik.

Fitur-fitur unggulan yang disediakan oleh DD Apps meliputi:

Donasi: Masyarakat dapat menyalurkan dana kebaikan seperti infak, sedekah, zakat, wakaf, dan dana kemanusiaan.

Ibadah: Di dalam aplikasi ini menyediakan Jadwal Salat, Al-Qur’an digital dengan audio, Kalkulator Zakat, layanan Jemput Zakat, dan konsultasi agama langsung dengan Tanya Ustaz.

DD Apps

Laporan Publik: Donatur dapat mengakses laporan publik Dompet Dhuafa untuk memantau penggunaan dana secara transparan.

Pendaftaran Relawan: Masyarakat dapat mendaftar sebagai relawan untuk terlibat langsung dalam program-program pemberdayaan.

Berita Terbaru: Pengguna dapat mengikuti kegiatan kelembagaan Dompet Dhuafa melalui fitur ini.

DD Apps Tawarkan Fleksibilitas dalam Berdonasi

DD Apps juga menawarkan kemudahan dalam proses pembayaran donasi, mulai dari transfer melalui mobile banking, ATM, Virtual Account, hingga e-wallet seperti DANA, OVO, dan GoPay.

DD Apps

Martin Adiyono selaku Direktur PT Ozip Teknologi Nusantara mengutarakan, DD Apps merupakan proses transformasi digital, awalnya donasi dihimpun secara manual maupun dengan aplikasi pihak ketiga, Dompet Dhuafa memiliki ide, tujuannya bisa donasi langsung, serta tercepat dalam notifikasi kepara donatur.

“DD Apps ini memiliki keamanan fitur, karena sebelum pada saat log in ada beberapa langkah yang harus diisi termasuk penggunaan kode OTP,” ungkap Martin.

Dengan potensi peningkatan partisipasi masyarakat hingga 15%, DD Apps tidak hanya menjadi platform penghimpunan dana, tetapi juga menjadi wadah kolaborasi bagi gerakan kebaikan. Melalui aplikasi ini, Dompet Dhuafa membuka peluang luas bagi masyarakat Indonesia untuk berkontribusi dalam memperkuat gerakan kebaikan.

Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang disediakan, DD Apps menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin menjalankan niat baik mereka, terutama saat Ramadan. Melalui DD Apps, #MudahJadiBaik menjadi lebih dari sekadar slogan, tetapi merupakan panggilan nyata untuk bertindak dalam meningkatkan kebaikan bagi sesama. Berbuat kebaikan semudah sentuhan jari pun telah terwujud.

Tags: , , , , ,


COMMENTS