February 20, 2024

Trafik Broadband Melonjak 8,4%, Telkomsel Sukses Jaga Kelancaran Koneksi di Hari Pencoblosan

Penulis: Rizki R
Trafik Broadband Melonjak 8,4%, Telkomsel Sukses Jaga Kelancaran Koneksi di Hari Pencoblosan  

Mobitekno – Telkomsel telah sukses mengambil peran terdepan dalam mendukung program Pemerintah, khususnya pada momentum Pemilu Serentak 2024. Dengan meningkatnya trafik broadband dan layanan data pada hari pemungutan suara, Telkomsel mencatat pencapaian yang mengesankan.

Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam menyediakan kenyamanan komunikasi dan pengalaman digital bagi pelanggan. Pada hari pemungutan suara, Rabu (14/2), tercatat trafik broadband Telkomsel mencapai 54,14 Petabyte atau meningkat 8,41% dibandingkan rerata payload pada hari biasa 2024.

Menanggapi melonjaknya trafik broadband yang dihadapi Telkomsel, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono menerangkan bahwa sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia, Telkomsel konsisten terus mengambil peran terdepan dalam mendukung program-program pemerintah, khususnya dalam mengawal dan melayani kenyamanan komunikasi dan pengalaman digital pelanggan di seluruh wilayah Indonesia.

trafik broadband

“Guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, Telkomsel telah berhasil memastikan kesiapan infrastruktur jaringan sehingga seluruh layanan komunikasi digitalnya berjalan lancar tanpa gangguan ataupun kendala yang berarti,” ujar Saki. 

Lonjakan Trafik Digital

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital Telkomsel selama Pemilu 2024 didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses video hingga 13,20%, social media hingga 9,80%, layanan komunikasi (chat dan messaging) 4,56%, web browsing hingga 9,40%, dan games hingga 17,70%.

Sehari menjelang pemungutan suara, Telkomsel juga mencatatkan peningkatan trafik layanan suara hingga 10,4% dibandingkan rerata hari biasa 2024. Sedangkan untuk trafik layanan SMS tercatat menurun 5%, sejalan dengan tren telekomunikasi terkini.

Telkomsel juga mencatatkan adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti TikTok (naik 21%), Instagram (naik 13,7%), WhatsApp (naik 6,5%), Facebook (naik 6,2%), dan YouTube (naik 4,2%).

trafik broadband

Kontribusi Terhadap Pertumbuhan Trafik Broadband

Aktivitas digital pelanggan, terutama terkait informasi Pemilu dan hasil Quick Count, berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data di titik-titik keramaian. Telkomsel berhasil menangani lonjakan trafik dengan memastikan optimalisasi jaringan pada 680 titik keramaian, termasuk titik operasional KPU dan Bawaslu.

Telkomsel telah menyiapkan infrastruktur dan posko pengawasan di seluruh wilayah kerja perusahaan untuk memonitor kesiapan jaringan secara intensif dan real-time. Komitmen Telkomsel untuk hadir bersiaga mendukung Pemilu Serentak 2024 sesuai arahan pemerintah, menegaskan fokus mereka pada Quality of Service (QoS) untuk memastikan pengalaman pelanggan yang aman, nyaman, dan damai.

trafik broadband

Dengan kinerja dan komitmen yang telah ditunjukkan, Telkomsel tetap menjadi mitra yang dapat diandalkan dalam menyediakan layanan telekomunikasi digital yang handal dan inovatif, bahkan dalam momen-momen krusial seperti Pemilu Serentak 2024.

Tags: , , , ,


COMMENTS