January 13, 2024

Pendiri Fitbit Pilih Keluar Usai Google PHK Ratusan Karyawannya

Penulis: Rizki R
Pendiri Fitbit Pilih Keluar Usai Google PHK Ratusan Karyawannya  

Mobitekno – Google, raksasa teknologi asal Amerika Serikat, mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawan di beberapa tim. Langkah ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk mengurangi biaya.

Seperti dikutip dari 9to5Google, PHK tersebut menyasar karyawan di berbagai bidang, termasuk perangkat lunak Google Assistant, perangkat keras Pixel, Nest, dan Fitbit, serta tim augmented reality (AR).

Pada perangkat lunak Google Assistant, ratusan karyawan dipecat. Sementara itu, ratusan peran dihilangkan dalam tim perangkat keras yang bertanggung jawab atas Pixel, Nest, dan Fitbit. Sebagian besar anggota tim AR juga dipecat.

Fitbit

Google juga mengumumkan bahwa James Park dan Eric Friedman, pendiri Fitbit, telah meninggalkan perusahaan. Sebagaimana diketahui, Google membeli Fitbit seharga 2,1 miliar dolar AS pada tahun 2021. Namun, perusahaan tetap meluncurkan versi baru dari Pixel Watch, produk yang bersaing dengan beberapa perangkat Fitbit dan Apple Watch.

Juru bicara Google mengatakan bahwa PHK tersebut dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan menyelaraskan sumber daya perusahaan dengan prioritas produk terbesarnya.

PHK ini merupakan bagian dari upaya Alphabet, induk perusahaan Google, untuk memangkas 12.000 pekerjaan atau setara dengan 6 persen dari total tenaga kerja globalnya.

Google

Google mengatakan kepada staf yang terkena dampak, bahwa “Kami harus membuat beberapa keputusan sulit mengenai pekerjaan berkelanjutan beberapa karyawan Google dan dengan menyesal kami memberi tahu Anda bahwa posisi Anda telah dihilangkan.”

Sementara itu, seorang juru bicara mengatakan,“Kami berinvestasi secara bertanggung jawab pada prioritas terbesar perusahaan kami dan peluang signifikan di masa depan.”

Saham perusahaan Alphabet, telah meningkat sebesar 55 persen dalam 12 bulan, berbeda dengan PHK besar-besaran tahun lalu, yang diawali dengan penurunan valuasi perusahaan.

Hingga September 2023, Alphabet memiliki 182.381 karyawan secara global. Berikut adalah beberapa hal yang menarik dari PHK yang dilakukan Google:

– PHK ini dilakukan di berbagai bidang, termasuk perangkat lunak, perangkat keras, dan teknologi augmented reality.

– PHK ini juga menyasar karyawan di tingkat senior, termasuk pendiri Fitbit.

– PHK ini dilakukan di tengah upaya Alphabet untuk mengurangi biaya.

PHK ini dapat menjadi sinyal bahwa Google sedang bergeser fokusnya. Perusahaan mungkin akan lebih fokus pada produk dan layanan yang menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi.

Tags: , , , , ,


COMMENTS