April 8, 2024

SIAGA RAFI 2024: TelkomGroup Pastikan Kualitas Layanan Prima Jelang Idulfitri 1445 H dengan Penguatan Kapasitas Hingga 51 Tbps

Penulis: Iwan RS
SIAGA RAFI 2024: TelkomGroup Pastikan Kualitas Layanan Prima Jelang Idulfitri 1445 H dengan Penguatan Kapasitas Hingga 51 Tbps  

Mobitekno – Demi memastikan kualitas infratruktur dan layanan selalu prima menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah telah melakukan serangkaian kesiapan, mulai dari penguatan kapasitas dan optimasi jaringan, penyiapan personel, dan membentuk khusus Posko TelkomGroup SIAGA RAFI (Ramadan dan Idulfitri) 2024.

Program SIAGA RAFI pertama kali digelar oleh Telkomsel pada tahun 2017. Program ini diluncurkan untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan Telkomsel selama bulan Ramadan dan Idul Fitri. Pada tahun 2017, program SIAGA RAFI fokus pada peningkatan kualitas jaringan dan layanan pelanggan. Telkomsel juga menyediakan paket khusus Ramadan dan program mudik gratis bagi pelanggannya.

Sejak saat itu, program SIAGA RAFI terus berkembang dan menawarkan berbagai layanan dan program menarik bagi pelanggan Telkomsel. Pada tahun 2024, program SIAGA RAFI akan kembali hadir dengan berbagai layanan dan program inovatif untuk membantu pelanggan dalam menjalankan ibadah Ramadan dan merayakan Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan.

IMG 20240406 WA0038

Dalam SIAGA RAFI (Ramadan dan Idulfitri) tahun ini, posko yang disiapkan terdiri dari Posko Nasional, Regional, Divisi Fungsi, Posko Infrastruktur, dan Posko Anak Perusahaan, serta titik-titik lokasi dengan trafik tinggi.

Momentum lebaran tahun ini diprediksi akan meningkatkan trafik komunikasi hingga 6% dibanding trafik pada hari biasanya maupun lebaran tahun lalu. Untuk itu TelkomGroup sudah mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik dan mengamankan kualitas layanan dengan menyiapkan ketersediaan kapasitas internet hingga 51,8 Tbps.

TelkomGroup juga melakukan penguatan kapasitas dan cakupan jaringan melalui ekspansi kapasitas infrastruktur kabel laut sebesar 1,7 Tbps sejak Januari 2024.

Lonjakan trafik telekomunikasi selalu terjadi jelang Idulfitri

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, lonjakan trafik telekomunikasi diprediksikan akan terjadi pada akhir Ramadan dan jelang Idulfitri tahun 2024.

“Lonjakan trafik tersebut sudah diperhitungkan dan dimitigasi dengan penambahan kapasitas yang sudah di persiapkan dari awal tahun di seluruh area jaringan TelkomGroup,” ujarnya.

Ririek memastikan bahwa keseluruhan infrastruktur dan layanan ready dalam kondisi terbaik untuk mendukung segala aktivitas komunikasi masyarakat selama momen lebaran.

TelkomGroup juga siaga untuk mengamankan konektivitas sektor-sektor krusial yang juga mengalami peningkatan jelang lebaran ini, seperti perbankan dan area POI (Point Of Interest), seperti bandara, pelabuhan, terminal, area wisata, dan keramaian,” tutup Ririek.

Program TelkomGroup SIAGA RAFI 2024

Sebagai informasi, Program TelkomGroup SIAGA RAFI 2024 akan mengusung semangat “Rajut Kebersamaan, Raih Kemenangan”, dengan empat program utama, antara lain Excellence CX, Special Service Project for Customer, Digital Experience, dan Charity for Indonesia.

Program pertama, Excellence CX bertujuan untuk memastikan layanan terbaik di Area Trafik Tinggi. Progrm ini penting mengingat dalam melayani pelanggan, Telkom harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan saat menggunakan dan mempercayai produk yang mereka gunakan.

Kedua, Special Service Project for Customer bertujuan untuk memberikan solusi terbaik melalui program-program khusus bagi pelanggan. Ketiga, Digital Experience akan menghadirkan produk dan layanan digital dengan kualitas terbaik bagi pelanggan.

Telkom mudik
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah (depan) didampingi Direktur Utama Telkomsel Nugroho (belakang) saat berinteraksi dengan pemudik di bus Telkom dalam kegiatan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 di kawasan pemberangkatan bus Monumen Nasional Jakarta (5/4/2024).

Program terakhir, yaitu Charity for Indonesia merupakan wujud kepedulian Telkom kepada masyarakat Indonesia khususnya yang membutuhkan melalui program bantuan dan santunan.

Dengan semua program ini, TelkomGroup sebagai BUMN berharap dapat memberikan kontribusi untuk Indonesia dalam berbagi keberkahan dan memberikan manfaat yang dapat dinikmati secara langsung baik oleh para pelanggan maupun seluruh masyarakat Indonesia, melalui Infrastruktur berkualitas, produk dan layanan digital unggulan, serta bantuan yang diberikan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Di program SIAGA RAFI 2024, Telkom telah menyediakan 91 posko yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan 19.503 ribu personel yang akan memastikan keandalan jaringan telekomunikasi dan layanan pelanggan sama masa libur lebaran 24×7.

“Mewakili jajaran Board of Executive TelkomGroup, saya mengucapkan selamat Idulfitri 1445 Hijriah. Semoga segala usaha yang kita lakukan bisa mendapatkan hasil maksimal dan menjadi pahala untuk kita semua,” tutup Ririek.

Tags: , , , , ,


COMMENTS