October 31, 2023

Serangan Bot Berbahaya Meningkat 64 Persen, Akamai Rekomendasikan Pertahanan Pihak Ketiga

Penulis: Rizki R
Serangan Bot Berbahaya Meningkat 64 Persen, Akamai Rekomendasikan Pertahanan Pihak Ketiga  

Mobitekno – Akamai Technologies, Inc. baru saja merilis laporan terbaru yang mengungkap tantangan dan solusi perlindungan terkemuka di Asia-Pasifik dan Jepang (APJ). Laporan berjudul “From Bad Bots to Malicious Scripts: The Effectiveness of Specialized Defenses” membahas kekurangan perlindungan khusus yang menyebabkan bisnis di wilayah ini rentan terhadap serangan bot berbahaya dan pengambilalihan akun.

Berdasarkan survei terhadap profesional TI dan keamanan, laporan ini mengidentifikasi penggunaan solusi pihak ketiga khusus yang efektif dalam melawan serangan-serangan seperti bot berbahaya, serangan pengambilalihan akun (ATO), skrip pihak ketiga, dan pembajakan audiens.

Reuben Koh, Director of Security Technology & Strategy di Akamai, menjelaskan, “Serangan bot berbahaya, skrip, dan pengambilalihan akun dapat menembus perlindungan. Ini juga akan terus menimbulkan masalah yang lebih besar bagi bisnis. Dengan menerapkan pertahanan pihak ketiga khusus, organisasi akan mampu beradaptasi dan melawan berbagai teknik serangan kriminal siber yang selalu berubah-ubah,”

Bot_Akamai

Ia menambahkan, “Organisasi akan jadi lebih efektif dalam menghalau ancaman online yang dapat menembus keamanan, sekaligus mengurangi risiko bagi bisnis secara keseluruhan,”

Berikut adalah beberapa temuan utama dalam laporan:

Pengambilalihan Akun (ATO)

Pengambilalihan akun merupakan ancaman yang tinggi di APJ. Hampir tiga perempat bisnis melaporkan serangan dalam 12 bulan terakhir. Namun, hanya 60% bisnis di wilayah ini yang telah mengadopsi solusi pencegahan ATO, jauh di bawah rata-rata global sebesar 83%.

Keuntungan paling sering dilaporkan oleh bisnis yang mengadopsi solusi khusus ATO adalah kemampuan mendeteksi aktivitas mencurigakan, visibilitas atas indikator yang membahayakan akun, dan kemampuan mendeteksi login mencurigakan.

Perlindungan terhadap Skrip

Hanya 67% bisnis di APJ yang menggunakan solusi perlindungan khusus terhadap skrip, di bawah rata-rata global sebesar 85%. Sebagian besar bisnis di wilayah ini melaporkan menjadi target skrip berbahaya dalam 12 bulan terakhir.

Akamai Cyber security protection illustration

Perlindungan terhadap skrip menjadi semakin penting, terutama dengan regulasi PCI DSS 4.0 yang mendatang yang mengharuskan perlindungan data akun. Pengguna solusi pihak ketiga melaporkan penurunan penyalahgunaan perilaku skrip dan keuntungan seperti kemampuan mendeteksi bahaya pada skrip pihak pertama dan ketiga.

Bot Berbahaya

Serangan bot berbahaya juga tinggi di APJ, dengan 64% bisnis mengalami serangan dalam 12 bulan terakhir. Di tingkat global, hampir semua bisnis melaporkan peningkatan dalam upaya melawan bot. Pengguna solusi pihak ketiga melaporkan peningkatan efektivitas pemasaran dan kemampuan menangani lonjakan trafik sebagai keuntungan. 

Ilustrasi Keamanan Siber

Pembajakan Audiens

Hampir semua organisasi di APJ mengetahui pembajakan audiens, dan 26% di antaranya mengalaminya. Pembajakan audiens dapat mengakibatkan kerugian pendapatan bagi peritel online. Keuntungan yang paling sering dilaporkan oleh bisnis yang pernah mengalami pembajakan audiens adalah peningkatan pengabaian keranjang belanja dan peningkatan penipuan afiliasi.

Laporan ini adalah hasil dari survei yang melibatkan lebih dari 300 pengambil keputusan di bidang TI dan keamanan. Itu mengungkapkan pentingnya perlindungan khusus dalam mengatasi ancaman siber yang semakin berkembang di APJ. Melalui penggunaan teknologi perlindungan terkemuka, bisnis di wilayah ini dapat meminimalkan risiko siber dan melindungi keamanan online mereka.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS