April 12, 2023

Survei Akamai: Perusahaan di Asia Pasifik dan Jepang Sepakat Cloud adalah Kunci Strategi, Tapi …

Penulis: Rizki R
Survei Akamai: Perusahaan di Asia Pasifik dan Jepang Sepakat Cloud adalah Kunci Strategi, Tapi …  

Mobitekno – Akamai Technologies, Inc., perusahaan cloud terkemuka di dunia, hari ini Rabu (12/4), mengungkapkan bahwa kesediaan perusahaan untuk berinvestasi di cloud beragam. Hal tersebut dinilai karena perusahaan berusaha menyeimbangkan antara berinvestasi di cloud dan berhemat dengan mempertimbangkan tantangan makroekonomi

Meskipun 95 persen perusahaan sepakat bahwa komputasi cloud dapat menjadi kunci strategi mereka di tahun 2023, tidak semua perusahaan berencana atau memiliki kemampuan untuk berinvestasi dalam jumlah besar di cloud. Sebanyak 27% di antaranya berencana menghabiskan kurang dari 20% anggaran TI mereka di cloud, sementara 33% perusahaan berencana menghabiskan lebih dari 40% anggaran TI mereka.

Hasil tersebut berdasarkan survei yang diikuti oleh 386 responden dari Australia dan Selandia Baru (ANZ), Jepang, Tiongkok, India, Singapura, serta Korea Selatan. Survei dilakukan untuk mendapatkan wawasan tentang perspektif para mitra mengenai prioritas anggaran TI mereka serta strategi cloud pelanggan mereka di tahun 2023.

Tatsuya Suzuki, Regional VP, APJ Carrier and Channel, Akamai, mengungkapkan, “Kami percaya solusinya terletak pada ekosistem cloud dan komputasi ramah pengembang yang dapat menawarkan fleksibilitas, tetapi dengan biaya murah sehingga tidak membuat tagihan membengkak,”

Akamai

Ia melanjutkan, “Kami akan menawarkan rencana pengembangan produk yang lebih luas di tahun baru, di seluruh area cloud, keamanan, serta pengiriman untuk mencapai tujuan utama, yakni membuat hidup miliaran orang lebih baik, miliaran kali setiap harinya,”

Setelah menganalisis data spesifik per negara, Akamai menemukan perbedaan signifikan terkait kesediaan membelanjakan anggaran di cloud, terlepas dari kesepakatan menyeluruh mengenai pentingnya teknologi cloud.

Negara-negara seperti Vietnam (31,3%), Indonesia (26,6%), dan India (22,7%) memiliki persentase tertinggi dalam hal responden yang mengatakan bahwa proporsi anggaran TI yang dibelanjakan ke cloud akan mencapai 60% lebih.

Sebaliknya, Thailand (50%), Jepang (48,57%), dan Taiwan (40%) memiliki persentase tertinggi dalam hal responden yang mengindikasikan bahwa proporsi anggaran TI yang dibelanjakan untuk cloud berada di bawah 20%.

“Walaupun sebagian besar perusahaan memahami pentingnya cloud, banyak yang enggan menginvestasikan anggaran TI mereka dalam teknologi ini dengan alasan biaya dan bagaimana hal ini akan memengaruhi prioritas TI lainnya. Sentimen ini nampak jelas dari wawasan terbaru yang kami dapatkan dari mitra kami, dan inilah sebabnya Akamai melakukan investasi besar dalam pengembangan Akamai Connected Cloud ke banyak lokasi,” terang Suzuki.

“Kami yakin bahwa perusahaan memerlukan lebih banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan cloud mereka, terutama yang mudah digunakan dan ramah pengembang, dengan harga yang transparan dan menarik. Kami dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan Akamai Connected Cloud,” tambahnya.

Akamai akan menambahkan lebih dari selusin pusat data baru—dilengkapi dengan rangkaian produk lengkap Akamai Connected Cloud—di Amerika Utara, APAC, LATAM, hingga Eropa pada akhir tahun 2023. Termasuk di antaranya Ashburn, Amsterdam, Chennai, Chicago, Delhi, Jakarta, Los Angeles, Osaka, Miami, Paris, Roma, São Paulo, Seattle, dan Stockholm.

Prioritas Mitra untuk Tahun 2023

Sebagian besar mitra, termasuk Wangsu, perusahaan asal Tiongkok yang menyediakan jaringan pengiriman konten dan layanan pusat data Internet, mencari solusi cloud publik yang mudah digunakan, dengan struktur harga yang transparan.

“Dengan Akamai Connected Cloud, kami benar-benar diuntungkan karena harganya lebih rendah berkat penghematan biaya lalu lintas keluar yang tinggi. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kami dapat menghemat waktu sekaligus mencapai target utama kami dengan adanya fleksibilitas kumpulan jaringan dan biaya lalu lintas yang rendah,” ujar Mingwei Zhang, Alliance Department Director, Wangsu, Tiongkok.

Sementara itu, keamanan tetap menjadi prioritas utama bagi para mitra karena kasus pelanggaran data mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terakhir.

Terkait dengan tantangan ini, mitra berupaya lebih keras untuk menyediakan berbagai produk dan layanan yang di dalamnya terdapat berbagai lapisan keamanan dan pertahanan menyeluruh kepada pelanggan.

“Akamai mendukung pelanggan dan mitra dengan solusi keamanan kami, termasuk DNS Edge, layanan sistem penamaan domain (DNS) global yang mudah ditingkatkan, yang menawarkan keamanan, ketahanan dari serangan distributed denial-of-service (DDoS), serta daya tanggap DNS yang tinggi. Hasilnya, kami dapat mengamati triliunan permintaan DNS setiap hari dan memiliki visibilitas yang jelas tentang perkembangan terbaru dalam lanskap ancaman,” jelas Dean Houari, Director of Security Technology and Strategy, APJ, Akamai.

“Kami tetap berkomitmen melindungi pelanggan dan mitra kami dan menghalangi para penyerang dengan memblokir permintaan yang mengarah ke situs malware dan phishing yang dapat mencuri data,” pungkas Houari.

Tags: , , , ,


COMMENTS