July 27, 2023

Aplikasi GoPay yang Mandiri Resmi Dirilis GoTo. Free Biaya Transfer 100 Kali Setiap Bulan!

Penulis: Iwan RS
Aplikasi GoPay yang Mandiri Resmi Dirilis GoTo. Free Biaya Transfer 100 Kali Setiap Bulan!  

Mobitekno – Aplikasi GoPay mandiri yang terpisah dari aplikasi Gojek dan Tokopedia akhirnya diluncurkan secara resmi oleh GoTo Financial, bagian dari GoTo yang berfokus pada layanan payment, lending, dan layanan finansial lainnya.

Aplikasi GoPay telah disiapkan untuk menjangkau semua lapisan konsumen. Dengan kata lain, aplikasi ini dirancang lebih ‘enteng’ agar dapat diunduh dan dijalankan di berbagai jenis smartphone, mulai entry level hingga premium.

“Kami mempersiapkan setiap aspek agar aplikasi GoPay benar-benar bisa menjangkau semua, mulai dari ukuran ringan kurang dari 25 MB di Android hingga desain ringkas sehingga mudah dipahami dan memberikan user experience terbaik bagi pengguna,” ujar President of Financial Technology, GoTo, Hans Patuwo

Kini aplikasi personal finance GoTo hadir dengan tampilan yang intuitif dan ringkas sehingga mudah digunakan dan dipahami oleh siapapun. Meskipun kini GoPay memiliki aplikasi yang berdiri sendiri, layanan GoPay tetap dapat digunakan dan terus dikembangkan di aplikasi Gojek dan Tokopedia.

GoPay app 05
Presiden Unit Financial Technology GoTo Hans Patuwo dan Direktur Utama GoTo Patrick Walujo dalam peluncuran aplikasi GoPay di kantor GoJek, Jakarta Selatan (26/7/2023).
GoPay app 01
Sebagai standalone app, GoPay menjadi lebih ringan dan enteng digunakan pengguan mobile.

Menurut Hans, laporan BI menyebutkan bahwa masih banyak masyarakat unbanked (belum memiliki rekening bank). Oleh karenanya, GoTo ingin mendorong inklusivitas keuangan dengan menawarkan solusi yang mudah, pas, dan tepat dengan yang masyarakat butuhkan saat ini.

Dengan visi memudahkan dan menyediakan layanan GoPay ke semua masyarakat di Indonesia, aplikasi ini dikembangkan dengan desain yang ringkas dan ukuran yang relatif kecil, sehingga bisa diunduh untuk semua model smartphone.

Mirip seperti pada aplikasi Gojek (Gojek app), dengan aplikasi GoPay ini pengguna dapat melakukan berbagai jenis pembayaran mulai dari membeli paket data, pulsa, dan semua jenis pembayaran lain.

Promo gratis biaya transfer ke semua bank

Untuk meningkatkan animo pengguna perangkat mobile menginstall dan menggunakannya, aplikasi GoPay memberikan pengguna keuntungan dengan menawarkan promosi gratis biaya transfer ke seluruh bank sebanyak 100 kali setiap bulannya.

Pengiriman dana yang tanpa biaya ini juga mencakup transfer dari akun GoPay ke akun GoPay lainnya, dari akun GoPay ke rekening bank, dan dari rekening bank ke rekening bank lainnya.

GoPay app 02
Aplikasi baru dari GoTo ini menawarkan gratis biaya untuk 100 kali proses transfer setiap bulannya bagi pengguna.

Selain itu, dengan peluncuran aplikasi ini, GoTo juga ingin mendorong inklusivitas keuangan pengguna. Jadi, aplikasi GoPay juga menyediakan semua informasi terkait semua pengeluaran dari masing-masing pengguna.

“Expenses tracking. Mencatat semua jenis pengeluaran. Ini langkah pertama untuk mengasih transparansi untuk mencatat berapa sih yang dikeluarkan oleh pengguna,” pungkasnya.

Usung fitur finansial lengkap dalam satu aplikasi

Selain gratis transfer instan ke mana saja hingga 100x per bulan, masih ada fitur menarik lainnya yang ditawarkan di tengah persaingannya dengan layanan finansial lain saat ini.

Pengguna akan mendapatkan penawaran beli pulsa dan paket data dengan harga spesial di aplikasi tersebut dan menikmati biaya administrasi yang minim untuk pembayaran tagihan BPJS, PLN dan lainnya.

GoPay app 06

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur laporan pengeluaran yang dapat secara otomatis memberikan gambaran transparan kepada pengguna terkait pengeluaran mereka. Hal ini membantu mereka dalam merencanakan keuangan dengan lebih baik lagi. Harapannya, kehadiran fitur ini dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat dalam jangka panjang.

Fitur yang tak juga penting adalah terkait dengan keamanan data. Di dalam aplikasi , pengguna dipandu untuk mengikuti lima langkah keamanan untuk memastikan perlindungan berlapis bagi akun pengguna, diantaranya penggunaan biometrik.

Apabila kelima langkah ini sudah terpenuhi, maka pengguna mendapat “safety score meter” 100% yang diinformasikan di bagian paling atas aplikasi tersebut.

Urgensi merilis GoPay sebagai standalone app

Dengan kehadirannya sebagai aplikasi mandiri atau standalone app, GoTo dianggap ingin menjangkau pengguna yang selama ini belum menggunakan aplikasi tersebut.

Strategi GoTo ini yang wajar mengingat persaingan yang ketat dengan dompet digital (e-wallet) lainnya di Indonesia, seperti OVO, DANA, dan LinkAja. Dengan merilis aplikasi mandiri, GoPay dapat bersaing lebih efektif dengan para pesaingnya tersebut.

GoPay app 03

Sebagai standalone app, GoPay akan menjadi lebih ramping dan ramah pengguna daripada versi sebelumnya di dalam suatu aplikasi lain. Pengalaman pengguna (user experience) menjadi meningkat. Sudah asti Pengguna pun akan lebih dimudahkan melakukan transaksi kesehariannya, seperti menambahkan saldo, membayar barang dan jasa, hingga mentransfer uang.

Terakhir yang juga penting yaitu faktor data. Di era “data is the new gold”, GoTo akan selalu mengumpulkan lebih banyak data dari pengguna. Dengan memiliki aplikasi mandiri, GoTo dapat mengumpulkan lebih banyak data tentang penggunanya. Data ini dapat digunakan untuk menyempurnakan aplikasi dan menargetkan pengguna dengan penawaran yang lebih relevan.

Tags: , , ,


COMMENTS