September 26, 2023

19 GraPARI Telkomsel Hadirkan Layanan Inklusif untuk Teman Tuli di Seluruh Indonesia

Penulis: Rizki R
19 GraPARI Telkomsel Hadirkan Layanan Inklusif untuk Teman Tuli di Seluruh Indonesia  

Mobitekno – Telkomsel kembali memperkuat komitmennya untuk meningkatkan inklusivitas dalam layanan pelanggannya. Perusahaan pelat merah itu telah menyediakan layanan khusus untuk pelanggan penyandang tunarungu di sejumlah titik GraPARI Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Inisiatif ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan komitmen Telkomsel terhadap prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) yang berkelanjutan, khususnya dalam konteks sosial. Telkomsel selalu berusaha untuk memberikan layanan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.

Menurut Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit, data terbaru dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia adalah penyandang disabilitas. Oleh karena itu, penting untuk memberikan aksesibilitas yang sesuai bagi penyandang disabilitas, termasuk teman tuli.

GraPARI Telkomsel

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit (kanan) saat memberikan pelayanan kepada pelanggan khusus teman tuli di GraPARI Telkomsel. Dengan menyediakan lebih banyak titik layanan pelanggan yang inklusif dan ramah bagi penyandang disabilitas di Tanah Air, Telkomsel mewujudkan komitmennya dalam mengimplementasikan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) yang berkelanjutan, terutama di lingkup sosial.

“Bersamaan dengan peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional yang biasa diperingati setiap 23 September, serta sebagai bagian dari upaya dalam memperkuat aspek keadilan dan persamaan hak kepada penyandang disabilitas untuk mendapatkan pengalaman yang setara, Telkomsel terus berupaya menghadirkan layanan pelanggan yang lebih baik dan ramah bagi masyarakat penyandang disabilitas, salah satunya melalui penyediaan layanan khusus yang akan memberikan kemudahan aksesibilitas bagi teman tuli di sejumlah layanan pelanggan GraPARI,” ungkap Wahyu.

19 GraPARI Telkomsel Layani Teman Tuli

Saat ini, 19 titik GraPARI Telkomsel di seluruh Indonesia telah disiapkan untuk melayani teman tuli. Langkah pertama ini adalah bagian dari upaya Telkomsel untuk meningkatkan layanan pelanggan yang inklusif.

Adapun 19 titik GraPARI tersebut antara lain, antara lain GraPARI Kotabumi (Lampung), GraPARI Wolter Monginsidi (Lampung), GraPARI Kalianda (Lampung), GraPARI TelkomGroup Pangkal Pinang (Kepulauan Bangka Belitung), GraPARI TelkomGroup Palembang (Sumatera Selatan), GraPARI TelkomGroup Medan (Sumatera Utara), GraPARI Ciputat (Banten), GraPARI Serang (Banten), GraPARI Summarecon Mall (Banten), GraPARI BSD (Banten), GraPARI ITC Depok (Jawa Barat), GraPARI Mall Kota Kasablanka (DKI Jakarta), GraPARI Bintaro Xchange (DKI Jakarta), GraPARI Cijantung (DKI Jakarta), GraPARI Boyolali (Jawa Tengah), GraPARI Probolinggo (Jawa Timur), GraPARI Renon Denpasar (Bali), GraPARI Tarakan (Kalimantan Timur), dan GraPARI Plasa Maros (Sulawesi Selatan).

GraPARI Ramah Teman Tuli 2

 Berkolaborasi dengan Silang.id, Telkomsel memberikan Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada para petugas layanan untuk memiliki keahlian bahasa isyarat yang dapat memudahkan komunikasi teman tuli berinteraksi dengan staf GraPARI Telkomsel. 

Ke depannya, Telkomsel akan terus memperluas inisiatif ini dengan melatih lebih banyak petugas layanan dalam menggunakan bahasa isyarat.

Telkomsel telah berkolaborasi dengan Silang.id, sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada inklusivitas, untuk memberikan pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada petugas layanan mereka. Pelatihan ini mencakup materi bahasa isyarat, budaya tuli, ekspresi, gestur, dan filosofi dari gerakan bahasa isyarat.

Lewat pelatihan tersebut, para petugas layanan Telkomsel dapat lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan teman tuli.

Selain pelatihan bahasa isyarat, layanan pelanggan GraPARI Telkomsel juga dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur khusus untuk teman tuli. Ini mencakup informasi tertulis yang lebih jelas dan mudah diakses. Pelanggan teman tuli dapat mengunjungi GraPARI Telkomsel untuk berbagai kebutuhan layanan Telkomsel, termasuk pembelian kartu prabayar, pendaftaran Telkomsel Halo (pascabayar), dan banyak lagi.

Telkomsel berharap inisiatif ini akan meningkatkan kenyamanan pelanggan teman tuli dalam berkomunikasi dan memberikan inspirasi untuk meningkatkan inklusivitas dalam industri telekomunikasi di Indonesia. Inisiatif ini juga merupakan bukti nyata dari komitmen Telkomsel yang selalu mendengarkan umpan balik pelanggan untuk meningkatkan layanannya.

GraPARI Ramah Teman Tuli 3

“Melalui inisiatif ini juga Telkomsel berharap dapat memberikan insipirasi dalam meningkatkan inklusifitas di industri telekomunikasi di Indonesia, serta upaya yang dilakukan merupakan salah satu bukti nyata komitmen customer centric Telkomsel yang selalu berusaha untuk terus mendengarkan umpan balik dari pelanggan guna dapat meningkatkan layanannya agar dapat lebih baik dalam melayani semua kebutuhan pelanggan,” tutup Sigit.

Tags: , , , , ,


COMMENTS