February 26, 2023

Siapkan Swap Baterai untuk Motor Listrik Rakata, Dharma Polimetal Dukung Pengembangan Ekosistem Komponen Otomotif Listrik

Penulis: Iwan RS
Siapkan Swap Baterai untuk Motor Listrik Rakata, Dharma Polimetal Dukung Pengembangan Ekosistem Komponen Otomotif Listrik  

Mobitekno – PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), produsen komponen otomotif telah memulai langkah pengembangan ekosistem pendukung kendaraan listrik atau electric vehicle (ev).

Melalui anak perusahaan PT Dharma Controlcable Indonesia (DCI), DRMA menjalin Kerjasama dengan perusahaan penyedia sepeda motor listrik Rakata Motorcycle untuk mengembangkan system tukar atau swap baterai kendaraan listrik.

Rakata Motorcycle belum lama ini telah memperkenalkan empat motor listrik bertipe mini skuter, maxi skuter dan tipe sport di ajang IIMS 2023, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Beberapa tipe yang ditampilkan di sana adalah NX3, X5, NX8 untuk tipe sport, dan Rakata S9 yang berwujud skuter kompak.

Dharma Polimetal 00

Dalam Kerjasama ini, DCI akan membuatkan System Swap Battery Station termasuk Battery Pack-nya, dimana kedepannya kendaraan listrik Rakata akan menyesuaikan dengan Design Swap Battery pack DCI.

Melalui kerjasama ini, kedua perusahaan sepakat untuk membangun stasiun penukaran baterai yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya, kemudian secara bertahap akan membangun di semua kota besar di Indonesia. Perseroan menargetkan, stasiun pengoperasian di Jabotabek akan sudah bisa dioperasikan pada semester kedua tahun ini.

Kehadiran jaringan statsiun penukaran baterai DCI akan sangat menunjang kemajuan pembangunan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia, sehingga akan meningkatkan minat masyarakat untuk membeli kendaraan listrik karena proses pengisian baterai menjadi semakin mudah.

“Kerjasama dalam pengembangan jaringan stasiun penukaran beterai ini merupakan bagian dari upaya Perseroan untuk terlibat dalam membangun ekosistem yang mendukung perkembangan industri kendaraan listrik.

Sejak jauh hari kami telah melihat bahwa pasar kendaraan listrik memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar, sehingga DRMA gencar melakukan berbagai investasi di industri kendaraan listrik,” ujar President Director of Dharma Polimetal, Irianto Santoso.

Dharma Polimetal 01

Selain mengembangkan stasiun penukaran baterai, melalui anak perusahaan DCI, DRMA juga telah memproduksi Lithium Battery Pack terutama type Lithium NMC 811 yang merupakan teknologi baterai terkini. Dengan Rakata, DCI sudah menjadi Supplier Battery sejak tahun 2022, dimulai dgn Model Rakata S9, disusul dengan Model NX3 dan NX8.

DRMA sendiri juga sudah berinvestasi dengan merancang prototype kendaraan listrik roda tiga dengan merek PowerAce yang akan diluncurkan tahun tahun ini. Di samping itu, Perseroan juga berinvestasi pada mesin-mesin baru untuk existing products, yang nantinya dapat digunakan untuk menunjang pembuatan body dan chassis part untuk kendaraan listrik.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS