February 26, 2023

Konten Podcast akan Tersedia di Layanan YouTube Music

Penulis: Iwan RS
Konten Podcast akan Tersedia di Layanan YouTube Music  

Mobitekno – YouTube Music akan segera menghadirkan layanan podcast ke library konten audio dan video di platformnya. Hal ini dikonfirmasi oleh Head of Podcasting YouTube, Kai Chuck dalam acara Hot Pod Summit beberapa hari lalu (23/2/2023).

Podcast adalah konten audio digital yang dapat diunduh atau diputar secara streaming melalui internet. Podcast dapat mencakup berbagai topik, seperti berita, hiburan, pendidikan, olahraga, politik, dan lain-lain. Podcast biasanya dapat diakses melalui platform seperti Apple Podcasts, Spotify, Google Podcasts, atau platform lainnya.

Kai Chuck yang menjadi ditunjuk menajdi Podcast Lead di YouTube sejak Oktober 2021 lalu menyatakan bahwa podcast akan tersedia untuk seluruh pengguna, baik versi premium maupun gratis. Khusus untuk pengguna gratis harus berkompromi dengan selingan iklan.

Layanan yang ditujukan bagi pengguna yang lebih fokus mendengarkan audio (audio-first) ini akan tetap memutarkan audio meski halaman YouTube-nya telah ditutup atau mengunci layar (lock screen) ponsel mereka. Ini sesuai dengan konsep yang selama ini ditawarkan pada layanan YouTube Music.

Podcast YouTube Music 01

“Kami akan segera mulai menghadirkan podcast pertama audio dan video ke YouTube Music untuk pengguna di AS, membuat podcast lebih mudah ditemukan dan diakses, dengan lebih banyak wilayah yang akan datang,” ujar Kai Chuk.

Sejauh ini YouTube tampaknya belum berniat membuat kesepakatan eksklusif dengan konten kreator pembuat podcast atau podcaster populer seperti yang dilakukan oleh layanan podcast populer Spotify.

Bagi para kreator, kehadiran layana podcast ini akan memudahkan mereka beralih dari podcast berbasis video ke audio dengan bantuan tools podcast khusus di YouTube Studio. Dan akhir tahun ini, pembuat konten juga dijanjikan akan dapat menambahkan podcast audio ke YouTube dengan mudah melalui melalui RSS feeds

Sebelumnya, CEO YouTube Susan Wojcicki baru saja mengundurkan diri dan digantikan oleh Neal Monhan yang selama ini telah memimpin pengembangan YouTube Premium, YouTube TV, dan YouTube Music.

Hadirnya fasilitas podcast di YouTube Music belum berdampak pada layanan Google Podcasts. Sejauh ini Google belum menyatakan akan menutup layanan Google Podcasts termasuk rencana YouTube untuk memiliki podcast eksklusif di platformnya seperti yang dilakukan oleh Apple dan Spotify.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS