July 20, 2023

MAKA Motors Raih Seed Funding Rp563 Miliar dari AC Ventures, East Ventures, dan SV Investment

Penulis: Rizki R
MAKA Motors Raih Seed Funding Rp563 Miliar dari AC Ventures, East Ventures, dan SV Investment  

Mobitekno – Perusahaan rintisan (startup) kendaraan listrik (Electric Vehicles atau EV) MAKA Motors baru-baru ini mengumumkan pendanaan tahap awal (Seed Funding) dengan mengumpulkan US$ 37,6 juta atau Rp 563 miliar. Putaran pendanaan ini dipimpin bersama oleh AC Ventures, East Ventures, dan SV Investment dari Korea Selatan.

Putaran pendanaan ini juga diikuti oleh investor strategis lainnya, termasuk Northstar Group, Provident, AlfaCorp, Skystar Capital, Peak XV Partners (sebelumnya dikenal sebagai Sequoia India dan SEA), Openspace Ventures, Shinhan Venture Investment, BEENEXT, Kinesys Group, dan M Venture Partners ( MVP). Investasi ini merupakan salah satu pendanaan awal dengan jumlah terbesar di Asia Tenggara untuk startup perangkat keras (hardware).

MAKA Motors didirikan pada 2021 oleh mantan petinggi Gojek, Raditya Wibowo dan Arief Fadillah. Keduanya melihat adanya peluang yang belum terjawab di sektor kendaraan roda dua listrik di Indonesia, yaitu produk yang kompetitif dengan motor bensin dari sisi jarak tempuh, tenaga, fitur, daya tahan, dan harga jual.

Menjawab peluang tersebut, MAKA Motors fokus melakukan penelitian dan pengembangan (R&D) selama dua tahun terakhir. Investasi besar dilakukan dalam pembangunan tim dan proses proses R&D untuk memastikan MAKA Motors menciptakan produk terbaik dengan struktur biaya yang efisien.

Founder & Chief Executive Officer MAKA Motors Raditya Wibowo, menyatakan rasa senang bisa bekerja sama dengan investor yang memahami dan mendukung pendekatan R&D-first. Tidak seperti kebanyakan kompetitor, menurut Raditya MAKA Motors melakukan proses R&D secara in-house dan lokal, sehingga memiliki kontrol atas rantai pasok (supply chain), user insight, dan pada akhirnya atas efisiensi biaya dalam upaya perusahaan membawa solusi inovatif yang memenuhi kebutuhan unik pengendara Indonesia.

MAKA Motors

“Pendanaan yang signifikan ini tidak hanya memvalidasi visi kami tetapi juga mengakselerasi misi kami untuk melampaui harapan pengendara Indonesia dengan sepeda motor listrik kami nantinya.” ungkap Raditya.

MAKA Motors Fokus R&D internal

Ditegaskan pula oleh Co-Founder & Chief Technology Officer MAKA Motors Arief Fadillah, bahwa sejak awal berdiri, perusahaan sangat fokus di proses R&D internal; mulai dari merekrut talenta terbaik dengan pengalaman kerja di berbagai perusahaan global di Indonesia, Jepang, dan Jerman; sampai bekerja sama dengan engineering partner dan supplier kelas dunia.

“Selain membuat motor listrik yang unggul, kami bermimpi untuk meningkatkan kemampuan SDM Indonesia di bidang R&D dan manufaktur otomotif, dengan mengajak talenta lokal kita dari seluruh dunia untuk pulang membangun bangsa melalui MAKA Motors,” tambah Arief.

Dengan pendanaan ini, MAKA Motors akan memperluas dan melanjutkan operasional serta fasilitas penelitian dan pengembangannya untuk mempercepat produksi sepeda motor listrik inovatifnya. Produk massal pertama MAKA Motors saat ini sedang dalam tahap pilot project dan akan siap diluncurkan tahun depan. MAKA Motors juga akan membangun pabriknya di Jawa Barat mulai akhir tahun ini.

Michael Soerijadji, Founder dan Managing Partner AC Ventures, mengatakan, “ACV sangat antusias untuk berinvestasi dan bermitra dengan MAKA Motors, sebuah game-changer di salah satu pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia. Kami percaya pada kemampuan perusahaan untuk berinovasi dan mengoptimalkan rantai pasoknya. Kami juga memiliki keyakinan tentang pemahaman tim MAKA Motors yang mendalam tentang pasar lokal, yang berasal dari penelitian ekstensif dan pengalaman sektoral mereka,”

Sementara itu, Avina Sugiarto, Partner East Ventures, mengungkapkan, “Kami antusias mendukung MAKA Motors dalam merevolusi industri otomotif. Kami percaya perusahaan dapat menunjukkan komitmen terhadap solusi mobilitas berkelanjutan dengan menggabungkan teknologi mutakhir dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan pengalaman dan kemampuan eksekusi dari Raditya dan Arief serta desain inovatif yang disesuaikan bagi pengendara Indonesia, kami yakin dengan kemampuan mereka untuk mendorong pertumbuhan mobilitas listrik dan dekarbonisasi transportasi di Indonesia,”

MAKA Motors

David Junghun Bang, Managing Partner di SV Investment, berkata, “Di SV Investment, kami melihat potensi besar di Asia Tenggara sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat dan paling dinamis secara global, dan kami yakin Indonesia akan memimpin pertumbuhan tersebut sebagai ekonomi terbesar secara regional,”

“Sektor kendaraan listrik masih berada pada tahap yang sangat awal di Indonesia, namun kami melihat sektor tersebut akan berkembang pesat dalam waktu dekat, didukung oleh inisiatif pemerintah dan pemain terkemuka seperti MAKA Motors. Apalagi dengan tingginya penggunaan kendaraan roda dua di Indonesia, kami yakin tim MAKA menargetkan segmen EV yang tepat pada waktu yang tepat. Selain itu, Korea adalah pasar yang maju dalam hal teknologi EV, dengan banyak perusahaan rintisan dan konglomerat yang mengembangkan baterai, motor, dan lain-lain. Sebagai mitra strategis, kami berharap dapat menjembatani MAKA Motors dengan pemain Korea yang relevan yang dapat menjadi dukungan sinergis bagi perusahaan,” pungkas David.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS