March 2, 2023

Mulai Alihkan Armada ke Kendaraan Listrik, 17 Gerai TIKI Juga Sediakan Fasilitas Penukaran Baterai

Penulis: Iwan RS
Mulai Alihkan Armada ke Kendaraan Listrik, 17 Gerai TIKI Juga Sediakan Fasilitas Penukaran Baterai  

Mobitekno – PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman di Indonesia mengumumkan (1/3/2023) kerjasamanya dengan SWAP, perusahaan infrastruktur Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan SMOOT sebagai produsen kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Kolaborasi ini dilakukan TIKI sebagai langka mereka mendukung transisi kendaraan listrik di Indonesia.

Adapun kerjasama tersebut mencakup instalasi 17 SPBKLU SWAP di jaringan gerai TIKI dan peluncuran armada TIKI EVS (Electric Vehicle Squad) yang ramah lingkungan. Ini menjadi langkah awal TIKI mentransisi operasionalnya melalui pemanfaatan energi yang lebih rendah emisi.

Adapun acara peresmian dihadiri oleh Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI; Trie Maulana A., Direktur Pelaksana TIKI; dan Tan Eng Kiong, Chief Operating Officer SMOOT & SWAP.

Penetrasi motor listrik di Indonesia terus menunjukkan trend yang positif. Kementerian ESDM memperkirakan jumlah penggunaan motor listrik pada 2030 akan mencapai 13 juta unit. Pertumbuhan ini harus dibarengi dengan ketersediaan jaringan SPBKLU yang lebih luas dengan sistem pergantian baterai yang mudah dan cepat.

TIKI EVS 02

“TIKI memiliki jaringan distribusi yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia dengan 500 kantor perwakilan dan lebih dari 3.700 gerai. Instalasi SPBKLU SWAP di 17 jaringan gerai ini merupakan sebuah permulaan untuk membangun kolaborasi yang lebih strategis.

Kami sangat senang dapat turut berkontribusi melalui aset jaringan kami untuk mendukung upaya pemerintah dan pelaku industri otomotif dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ucap Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI dalam kata sambutannya.

Trie Maulana A., Direktur Pelaksana TIKI menambahkan, “Selain pengembangan stasiun penukaran baterai motor listrik, TIKI juga bekerjasama dengan SMOOT dalam pengadaan armada motor listrik sebagai upaya transisi operasional TIKI ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Pada tahap awal, TIKI akan mengoperasikan sekitar 10 TIKI EVS, motor listrik buatan SMOOT untuk melayani wilayah DKI Jakarta. TIKI EVS ini akan menjadi percontohan bagi para mitra keagenan TIKI di daerah untuk menerapkan hal yang serupa di wilayahnya.”

TIKI EVS 03

Lebih lanjut, Rosyeni, Direktur Sales & Partnership SMOOT & SWAP menyampaikan, “Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap motor listrik SMOOT terus meningkat. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2021 hingga saat ini, kami telah berhasil menjual sekitar 5000+ unit.

Untuk mendukung kenyamanan mobilitas para konsumen, kami terus mengupayakan ketersediaan jaringan SPBKLU SWAP melalui kerjasama dengan mitra yang telah memiliki rekam jejak yang mumpuni dan jaringan yang luas, seperti TIKI. Kerjasama ini menggenapi jaringan SPBKLU kami mencapai 1000+ stasiun.”

Adapun cara penukaran baterai SWAP sangat lah mudah. Seluruh proses mulai dari mengetahui lokasi SPBKLU SWAP terdekat, ketersediaan baterai hingga transaksi dan pembayaran dilakukan melalui aplikasi SWAP.

Saat ini sekitar 9 dari total 17 gerai TIKI telah tersedia fasilitas SPBKLU SWAP, dan sisanya akan secara bertahap dalam waktu dekat, dengan cakupan wilayah antara lain Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Cianjur, Lampung, Balikpapan dan Palembang.

TIKI EVS 04

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS