September 21, 2023

Indonesia Energy & Engineering Series 2023 Ditutup, Industri Tegaskan Komitmen Menyusuri Jejak Keberlanjutan untuk Indonesia

Penulis: Rizki R
Indonesia Energy & Engineering Series 2023 Ditutup, Industri Tegaskan Komitmen Menyusuri Jejak Keberlanjutan untuk Indonesia  

Mobitekno – Pameran Indonesia Energy & Engineering Series 2023 (IEE Series 2023) telah berakhir pada Sabtu, (16/9), setelah empat hari kesuksesan di JIExpo Kemayoran. Pameran yang menghadirkan berbagai inovasi ini sukses menarik banyak perhatian pengunjung, salah satunya adalah penerapan prinsip keberlanjutan dalam sektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

Lia Indriasari, Portfolio Director Energy, Engineering, & Transport Pamerindo, merasa bersyukur atas kesuksesan IEE Series 2023. Ia menyebut bahwa pameran ini telah memberikan dampak positif pada perkembangan industri Indonesia, khususnya dalam sektor energi dan pembangunan. Pameran Indonesia Energy & Engineering menjadi bukti bahwa industri Indonesia telah siap mendorong keberlanjutan.

Pameran ini juga menjadi platform diskusi untuk Sustainable Development Goals (SDGs), terutama yang berkaitan dengan energi, pengurangan emisi karbon, digitalisasi industri, dan manajemen sumber daya alam.

Lia Indriasari menekankan bahwa Indonesia Energy & Engineering bukan sekadar wacana, tetapi sebuah wadah untuk pemangku kepentingan industri bersatu guna mewujudkan keberlanjutan.

Suasana Pameran IEE Series 2023

“Bagi kami, penyelenggaraan IEE Series 2023 bukan semata pertunjukkan yang menampilkan wacana-wacana keberlanjutan, tapi kami ingin benar-benar menjadi platform bertemunya seluruh pelaku industri di sektor penggerak nasional hingga kita bisa bersama-sama merealisasikan implementasi sustainability dalam berbagai sektor industri,” jelas Lia.

IEE Series 2023 menjadi awal baru untuk industri yang berkelanjutan. Pameran ini akan terus membuka peluang kerjasama, diskusi, dan inovasi untuk menyelesaikan tantangan ekonomi, lingkungan, dan iklim. Lia Indriasari berharap akan muncul inisiatif serupa yang mengedepankan keberlanjutan di Indonesia.

“Melalui perkembangan teknologi yang ditampilkan di sini, Indonesia Energy & Engineering Series 2023 akan terus mendorong sektor industri energi dan engineering untuk menerapkan keberlanjutan yang akan memberikan dampak positif dari sisi ekonomi, lingkungan, dan sosial. Keberlanjutan bukanlah sebuah pilihan, namun merupakan tujuan utama bagi kita bersama,” paparnya. 

Pada tahun ini, IEE Series 2023 menghadirkan delapan pameran berskala internasional yaitu Mining Indonesia, Electric & Power Indonesia, Oil & Gas Indonesia, Construction Indonesia, Concrete Show SEA Indonesia, Water Indonesia, serta dua special co-located show bekerja sama dengan GIFA & METEC Indonesia yang fokus pada teknologi pengecoran & metalurgi dari grup Messe Düsseldorf Asia.

Pameran ini dimeriahkan oleh lebih dari 70 pembicara seminar hybrid. Sebanyak 36 negara dan lebih dari 2,100 perusahaan, dan berbagai sektor industri turut serta hadir dengan total trade attendees mencapai 47,701 orang, yang meningkat pesat dari tahun lalu.

IEE Series 2023

Hadir pula perwakilan dari berbagai kementerian dan asosiasi nasional seperti Dewan Pertimbangan Presiden, Kementerian ESDM, Kementerian PUPR, BRIN, ASPERMIGAS, ASPINDO, PJCI dan banyak asosiasi industri lain yang mengapresiasi pentingnya IEE Series 2023 sebagai platform pendorong terciptanya industri yang berkelanjutan.

Menyongsong Indonesia Energy & Engineering Series 2024

Meski Indonesia Energy & Engineering Series 2023 telah berakhir, perjalanan menuju industri yang berkelanjutan belum usai. IEE Series 2024 akan menjadi lanjutan dari komitmen ini. Pamerindo berencana untuk mengadakan Energy Week pada 28 – 31 Agustus 2024, dan Engineering Week pada 11 – 14 September 2024.

IEE Series 2023 menjadi salah satu contoh bagaimana pameran dan konferensi bisa menerapkan konsep sustainability dalam segala aspeknya, dan mampu melahirkan sebuah ide baru implementasi nyata untuk menyelesaikan permasalahan keberlanjutan industri.

Indonesia Energy & Engineering

“Kami mendukung inisiatif-inisiatif seperti ini yang dapat mempertemukan berbagai pihak untuk ‘duduk bareng’ dan menyampaikan aspirasinya masing-masing. Tentu saja dengan berakhirnya pameran Indonesia Energy & Engineering Series 2023, kami akan tetap melanjutkan perjuangannya hingga kita bisa sama-sama sampai pada kesimpulan yang tepat, tentang bagaimana menyelesaikan berbagai masalah yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia,” jelas Lia.

IEE Series 2023 telah membuktikan bahwa keberlanjutan bukanlah pilihan, melainkan tujuan utama. Ini adalah langkah pertama menuju masa depan yang lebih berkelanjutan bagi industri Indonesia.

Pamerindo selaku penyelenggara IEE Series akan terus memberikan inovasi terbaru untuk memberikan pengalaman pameran terbaik dan bermanfaat bagi seluruh pihak, khususnya untuk rangkaian Indonesia Energy & Engineering Series 2024. Di tahun 2024, Pamerindo merencanakan untuk melanjutkan IEE Series dengan membaginya menjadi Energy Week yang akan diadakan pada 28 – 31 Agustus 2024, dan Engineering Week yang akan diadakan pada 11 – 14 September 2024.

Tags: , , , ,


COMMENTS