October 19, 2023

BitHealth-InterSystems Teken MoU, Tingkatkan Efisiensi Operasional dan Kualitas Layanan Rumah Sakit dengan Solusi Digital

Penulis: Rizki R
BitHealth-InterSystems Teken MoU, Tingkatkan Efisiensi Operasional dan Kualitas Layanan Rumah Sakit dengan Solusi Digital  

MobiteknoBitHealth, penyedia solusi layanan kesehatan melalui teknologi inovatif, telah mengumumkan kemitraan strategisnya dengan InterSystems melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Kerjasama ini bertujuan untuk menciptakan solusi digital inovatif yang akan memajukan sektor kesehatan di Indonesia melalui integrasi manajemen data, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

Pada acara penandatanganan MoU, Peter James Rampengan, Chief Sales and Marketing BitHealth, dan Luciano Brustia, Regional Managing Director APAC InterSystems, turut hadir sebagai narasumber. Keduanya secara bergantian membahas pentingnya integrasi data dalam pelayanan kesehatan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi rumah sakit, dan menyampaikan bagaimana kemitraan ini akan membawa perubahan signifikan di sektor kesehatan Indonesia.

Saat ini, sebagian besar rumah sakit di Indonesia masih mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan data dan informasi kesehatan secara efisien. Proses ini seringkali dilakukan secara manual, meningkatkan risiko terjadinya kesalahan. Akibatnya, beberapa rumah sakit harus mengoperasikan sistem aplikasi yang berjalan secara independen, mengakibatkan perbedaan dalam standar bahasa dan data.

Dampak dari tidak terintegrasinya data ini adalah kesulitan dalam pengambilan keputusan manajemen yang efisien dan berkualitas.

Peter menjelaskan bahwa BitHealth berkomitmen dalam mendukung percepatan digitalisasi sektor kesehatan di Indonesia.

“BitHealth, yang berdiri sejak tahun 2019, berkomitmen untuk membantu perusahaan layanan kesehatan meningkatkan operasional mereka dengan memanfaatkan teknologi. Melalui lebih dari 20 proyek yang didukung oleh lebih dari 100 insinyur dan lebih dari 15 konsultan ahli, BitHealth telah membuktikan komitmennya dalam mendukung percepatan digitalisasi sektor kesehatan di Indonesia,” ungkap Peter.

Kemitraan dengan InterSystems adalah langkah strategis yang akan memajukan kualitas perawatan pasien, menyederhanakan operasional rumah sakit melalui digitalisasi, integrasi data, dan meningkatkan keseluruhan kualitas layanan kesehatan.

BitHealth

“BitHealth juga mendukung inisiatif pemerintah “SATUSEHAT” yang bertujuan mengintegrasikan data kesehatan yang tersebar di sektor perawatan kesehatan Indonesia,” lanjutnya.

BitHealth Gaet InterSystems Transformasi Sektor Kesehatan

InterSystems, sebagai penyedia teknologi data yang kreatif, menawarkan platform data InterSystems IRIS for Health™ – Edisi Indonesia dalam kerjasama ini. Dengan teknologi ini, rumah sakit akan mendapatkan pandangan holistik tentang operasional mereka dan efisiensi dalam pengambilan keputusan.

InterSystems IRIS for Health juga memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk menyatukan, mentransformasi, dan membersihkan data klinis mereka sehingga dapat digunakan secara aman dalam platform data kesehatan nasional SATUSEHAT.

Singkatnya, InterSystem memungkinkan untuk mengelola dan mengelompokkan data dari berbagai macam aplikasi dan sistem, termasuk juga peralatan medis dan bisa juga diintergrasikan dengan AI.

“Ini menjadi solusi manajemen data yang holistik di segala ukuran RS. Saat kami bermitra, kami juga melihat visi yang sama,” terang Peter.

IMG 20231019 WA0003

Peter mengungkap, “Sejak awal, BitHealth diposisikan sebagai penyedia solusi layanan kesehatan digital di Indonesia yang berspesialisasi dalam teknologi layanan kesehatan digital. Strategic partnership ini ditujukan untuk menggabungkan keahlian solusi digital layanan kesehatan dengan kemampuan pengembangan perangkat lunak milik InterSystems sehingga menciptakan solusi pengelolaan data. Semua guna memberdayakan penyedia layanan kesehatan berujung pada meningkatnya kualitas perawatan pasien,”

Luciano Brustia, Regional Managing Director APAC InterSystems, menegaskan komitmen InterSystems untuk mendukung transformasi digital sektor kesehatan di Indonesia.

“InterSystems sangat antusias bermitra dengan BitHealth di Indonesia yang telah membuktikan pemahaman mendalam tentang pasar sistem kesehatan,” ujar Luciano.

Kemitraan strategis ini, kata Luciano, memungkinkan InterSystems untuk lebih cepat memperluas pasar InterSystems IRIS for Health dan mendukung percepatan transformasi digital industri kesehatan di Indonesia.

“Dengan kolaborasi InterSystems dan BitHealth, kami akan mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan, sumber daya, dan jaringan masing-masing untuk melayani lebih banyak penyedia layanan kesehatan,” jelas Luciano.

BitHealth saat ini menawarkan berbagai solusi digital bagi rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Fitur-fitur seperti implementasi EMR, manajemen sumber daya manusia, sistem manajemen dokumen berbasis AI, sistem manajemen klaim berbasis AI, serta aplikasi mobile untuk pengalaman pasien dan manajemen dokter dan perawat, semuanya telah memanfaatkan teknologi terdepan.

IMG 20231018 WA0031

BitHealth juga menyediakan solusi analitik kesehatan yang berfokus pada manajemen data, cloud, dan AI. Dengan beragam pilihan solusi, BitHealth membantu rumah sakit meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan kesehatan. Dengan ini, BitHealth dan InterSystems menjadi agen perubahan utama dalam transformasi digital sektor kesehatan di Indonesia.

Tags: , , , ,


COMMENTS