September 19, 2023

Akamai Terus Berinovasi dalam Komputasi Cloud dan Keamanan Selama 20 Tahun Eksis di Asia Pasifik

Penulis: Rizki R
Akamai Terus Berinovasi dalam Komputasi Cloud dan Keamanan Selama 20 Tahun Eksis di Asia Pasifik  

Mobitekno – Akamai Technologies, Inc. (NASDAQ: AKAM), penyedia layanan cloud yang kini memasuki tahun ke-20 keberadaannya di Asia-Pasifik dan Jepang (APJ), mengekspresikan optimismenya terhadap masa depan. Ini menyusul permintaan yang semakin meningkat dari pelanggan yang menginginkan komputasi cloud dan keamanan yang kuat.

Perusahaan yang berkomitmen untuk memperbaiki hidup miliaran orang setiap hari, juga merayakan hari jadinya yang ke-25 di tingkat global. Melalui warisan panjangnya di bidang pengiriman konten dan keamanan, Akamai telah mengembangkan layanannya ke dalam komputasi cloud, memberikan pelanggan layanan terpadu yang memungkinkan pengalaman digital yang cepat, cerdas, dan aman.

Dalam lima tahun terakhir, meskipun menghadapi tantangan seperti pandemi dan ketegangan ekonomi, Akamai berhasil mencapai pertumbuhan yang signifikan di APJ. Mereka berkomitmen untuk kesuksesan berkelanjutan di masa mendatang, didorong oleh inovasi teknologi, kemitraan strategis, akuisisi cerdas, dan tim yang sangat berkinerja.

Komputasi cloud

Akamai telah bermitra dengan lebih dari 2.000 pelanggan di wilayah ini, termasuk Seven West Media, Tokopedia, Hotstar, DAZN Group, SBS, China Merchants Securities, Xero, The Pokémon Group, dan Mediacorp.

Salah satu prestasi menonjol adalah peran Akamai dalam mendukung Tokopedia dalam memberikan pengalaman berbelanja yang mulus kepada pelanggannya lewat teknologi komputasi cloud. Mereka juga membantu Hotstar menghadirkan turnamen kriket terkemuka di India kepada lebih dari 10,3 juta pengguna secara bersamaan.

Keamanan yang disediakan oleh teknologi Akamai telah melindungi bisnis di seluruh APJ dari ancaman yang semakin intensif. Bahkan, pada Februari 2023, Akamai berhasil mengatasi serangan DDoS terbesar yang pernah diluncurkan terhadap pelanggan di APJ, dengan lalu lintas serangan mencapai puncaknya pada 900,1 gigabit per detik dan 158,2 juta paket per detik.

Perusahaan Terus Berinvestasi dalam Komputasi Cloud

Akamai Connected Cloud adalah platform cloud yang sangat terdistribusi di dunia, dirancang untuk memenuhi kebutuhan aplikasi modern yang memerlukan kinerja lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan skalabilitas global sesungguhnya.

Perusahaan terus berinvestasi dalam komputasi cloud-nya dengan merencanakan lokasi-lokasi baru di Chennai, Osaka, Jakarta, dan Auckland. Ini merupakan langkah pertama dalam upaya Akamai untuk menggabungkan komputasi, penyimpanan, database, dan layanan lainnya dalam satu backbone, yang saat ini tersebar di lebih dari 4.100 lokasi di lebih dari 130 negara.

Cloudera Ilustrasi 4

Akamai telah berhasil menjalin kerjasama dengan 150 mitra yang sangat penting dalam kesuksesannya. Mereka berambisi untuk memperluas jaringan channel mereka di APJ, dengan meningkatkan penawaran yang menarik bagi sektor-sektor utama seperti jasa keuangan, media dan hiburan, penyiaran, sektor publik, pendidikan tinggi, perhotelan, perjalanan, ritel, penerbit game, dan startup.

Tahun lalu, Akamai membentuk aliansi strategis dengan mitra terkenal seperti Fujitsu (Australia) dan Wangsu (Tiongkok), memperkuat kemitraan yang sudah ada, termasuk dengan Telstra (Australia), NTT Ltd. (India), CTC (Jepang), dan Telin (Indonesia).

Akuisisi yang strategis seperti StackPath, Neosec, Ondat, Linode, dan Guardicore telah memperluas penawaran dan dukungan Akamai bagi pelanggan yang membutuhkan solusi enterprise untuk pengiriman konten, keamanan siber, dan komputasi cloud mereka.

Akamai juga telah menciptakan lebih dari 3.200 lapangan pekerjaan di 14 negara di APJ, menanggapi peningkatan permintaan pelanggan di sektor komputasi cloud, keamanan, dan pengiriman konten.

Akamai Kantor Pusat

Parimal Pandya, Vice President, Sales and Managing Director, Akamai, Asia-Pasifik & Jepang, mengungkapkan, “Kami bertujuan untuk memberdayakan bisnis agar dapat mengendalikan biaya mereka di area seperti cloud, serta membangun dan menerapkan solusi yang membantu mereka mencapai dan mempertahankan customer excellence guna mendorong pertumbuhan yang menguntungkan,”

“Ketangkasan Akamai dalam menghadapi perubahan kondisi pasar merupakan bukti kemampuan kami untuk terus berinovasi dan tetap relevan dengan pelanggan. Saat kami merayakan 20 tahun Akamai di APJ, kami bersemangat untuk menyambut era baru teknologi dan siap untuk memecahkan tantangan bisnis terbesar yang dihadapi pelanggan kami sehingga mereka dapat berhasil melewati hambatan ekonomi dan hambatan lainnya di masa depan,” kata Parimal Pandya.

Tags: , , ,


COMMENTS