October 18, 2023

Telkomsel Jadi Pelopor Penerapan Teknologi Autonomous Networks di Indonesia

Penulis: Rizki R
Telkomsel Jadi Pelopor Penerapan Teknologi Autonomous Networks di Indonesia  

MobiteknoTelkomsel berhasil menjadi salah satu pelopor teknologi Autonomous Networks di dunia. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Autonomous Networks Manifesto oleh Telkomsel bersama 29 perusahaan terkemuka dunia lainnya, termasuk 12 Communication Service Provider (CSP) global dan 18 partners teknologi tingkat global.

Penandatanganan Autonomous Networks Manifesto ini dilakukan pada 18 September 2023 di Copenhagen, Denmark, bertepatan dengan acara Digital Transformation World 2023 yang diselenggarakan oleh TM Forum.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho menjelaskan bahwa, Telkomsel mengusung semangat menciptakan terobosan, perusahaan terus konsisten melakukan  inovasi melalui pemanfaatan teknologi terkini yang semakin berkembang untuk mendukung transformasi digital di lintas sektor industri.

Teknologi Autonomous Networks

Autonomous Networks sendiri merupakan teknologi baru dan tren utama dalam industri komunikasi yang dapat memberikan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan yang andal melalui self-centre berbasis AI yang dapat melakukan pengaturan, perbaikan, dan peningkatan jaringan secara mandiri.

“Semangat tersebut diwujudkan melalui partisipasi Telkomsel sebagai satu-satunya perusahaan telekomunikasi di Indonesia, bersama AIS Thailand menjadi dua perusahaan telekomunikasi yang mewakili Asia Tenggara sebagai pelopor dalam penerapan teknologi Autonomous Networks,” ungkap Nugroho.¬†

Ia menambahkan, “Inisiatif ini sekaligus menandai komitmen kami dalam memberikan pengalaman digital yang lebih baik kepada pelanggan, serta mendorong transformasi digital lintas industri yang merupakan salah satu faktor penentu dalam membantu pelaku bisnis untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman,”

Autonomous Networks adalah teknologi baru yang memungkinkan jaringan telekomunikasi beroperasi secara otomatis, tanpa perlu campur tangan manusia. Teknologi ini menawarkan berbagai manfaat, seperti peningkatan efisiensi operasional, peningkatan pengalaman pelanggan, dan pengurangan emisi karbon.

Dengan menjadi pelopor teknologi Autonomous Networks, Telkomsel menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan menjadi pemimpin di industri telekomunikasi. Telkomsel juga ingin mendorong transformasi digital di Indonesia dan di seluruh dunia.

Autonomous Networks Telkomsel 4

Telkomsel menjadi salah satu pendiri Autonomous Networks di dunia bersama dengan 12 Communication Service Provider (CSP) global terkemuka dan 18 partners teknologi yang ditandai dengan peluncuran Autonomous Networks Manifesto pada 18 September 2023 di Copenhagen, Denmark.

Manfaat Teknologi Autonomous Networks

Teknologi Autonomous Networks menawarkan berbagai manfaat, antara lain:

* Peningkatan efisiensi operasional: Teknologi ini dapat membantu operator jaringan untuk mengurangi biaya operasional, seperti biaya perawatan dan perbaikan jaringan.

* Peningkatan pengalaman pelanggan: Autonomous Networks dapat membantu operator jaringan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, seperti kecepatan dan stabilitas jaringan yang lebih tinggi.

* Pengurangan emisi karbon: Teknologi ini dapat membantu operator jaringan untuk mengurangi emisi karbon, karena dapat menghemat energi dan mengurangi kebutuhan untuk pemeliharaan jaringan secara manual.

Telkomsel Berkomitmen untuk Menjadi Pelopor Teknologi Autonomous Networks

Telkomsel berkomitmen untuk terus berinovasi dan menjadi pemimpin di industri telekomunikasi. Melalui penandatanganan Autonomous Networks Manifesto, Telkomsel menunjukkan komitmennya untuk mendorong transformasi digital dan menjadi pelopor teknologi Autonomous Networks di dunia.

Autonomous Networks Telkomsel 6

Telkomsel menjadi satu-satunya perusahaan telekomunikasi dari Indonesia bersama AIS Thailand menjadi perusahaan telekomunikasi pertama yang mewakili Asia Tenggara dalam memelopori pemanfaatan Autonomous Networks.

Melalui inisiasi Autonomous Networks Manifesto, Telkomsel secara aktif menjalin kolaborasi untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan dan mendorong transformasi digital yang berkelanjutan, serta mempercepat adopsi Autonomous Networks secara luas untuk mengantarkan era baru pertumbuhan dan transformasi digital lintas sektor industri.

“Ke depan, Telkomsel berkomitmen untuk terus konsisten membuka semua peluang kolaborasi lebih luas dalam mengakselerasi peta jalan kemajuan ekosistem digital di Tanah Air yang diharapkan dapat memperkuat pencapaian Industri 4.0 secara lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” tutup Nugroho.

Berikut adalah beberapa hal yang akan dilakukan Telkomsel untuk mendukung transformasi digital dan menjadi pelopor Autonomous Networks:

* Kolaborasi dengan berbagai pihak: Telkomsel akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk mengembangkan teknologi Autonomous Networks.

* Investasi dalam penelitian dan pengembangan: Telkomsel akan terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan teknologi Autonomous Networks.

* Pengembangan sumber daya manusia: Telkomsel akan terus mengembangkan sumber daya manusianya untuk mendukung transformasi digital dan menjadi pelopor teknologi Autonomous Networks.

Dengan komitmen dan langkah-langkah yang telah diambil, Telkomsel yakin dapat menjadi pelopor teknologi Autonomous Networks di dunia dan mendorong transformasi digital di Indonesia dan di seluruh dunia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS