April 17, 2023

Ramadan Bersama Epson, Program Epson untuk Capai Pembangunan Berkelanjutan di 2030

Penulis: Desmal Andi
Ramadan Bersama Epson, Program Epson untuk Capai Pembangunan Berkelanjutan di 2030  

Mobitekno – Epson terus mengejar target mereka untuk mencapai goal di 2030 dalam hal pembangunan berkelanjutan atau dikenal juga Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Oleh sebab itu, perusahaan asal Jepang ini pun giat melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai tanggung jawab sosial Perusahaan memiliki kontribusi mendorong pencapaian SDGs tersebut.

“Tujuan sustainability atau keberlanjutan memiliki tujuan akhir pencapaian SDGs. Sementara prosesnya atau aktivitas yang dilakukan oleh Perusahaan adalah CSR itu sendiri,” ujar Nolly Dhanurendra selaku Head of Brand & Communication Epson Indonesia.

SDGs sendiri terdiri dari 17 tujuan penting ini merupakan tujuan penting yang merupakan tujuan global dibawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa dan diikuti oleh banyak negara hinga Epson Indonesia pun menerapkan beberapa tujuan penting tersebut yang sesuai dengan Visi dan Misi dari Epson Indonesia kedalam program – program Perusahaan. Adapun Epson Indonesia berfokus pada 5 tujuan SDGs antara lain Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (No.8), Industri, Inovasi dan Infrastruktur (No.9), Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab (No.12), Penanganan Perubahan Iklim (No.13), dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (No.17).

Untuk itu, memanfaatkan bulan suci Ramadan sekaligus menyambut Idul Fitri 1444 H pada bulan April ini, Epson Indonesia secara konsisten kembali melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang di kemas melalui program “Ramadan bersama Epson”. Pada program Ramadan kali ini yang di selenggarakan mulai tanggal 13 – 15 April 2023 Epson Indonesia melakukan Santunan bantuan berupa bingkisan paket sembako dan keperluan Panti Asuhan dan diteruskan dengan Buka Puasa bersama Anak Yatim.

Kegiatan CSR Ramadan ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Perusahaan sebagai bentuk wujud pembangunan keberlanjutan untuk masa depan yang lebih baik serta sebagai wujud kepedulian Perusahaan kepada masyarakat sekitar. Kegiatan CSR kali ini terbagi di 5 kota dengan total 18 panti asuhan di Indonesia. Pemberian berupa bingkisan paket sembako kali ini sejumlah 550 paket serta santunan bagi para penghuni panti.

“Di Epson ini merupakan wujud Perusahaan terhadap indicator SDGs yang sesuai dengan visi dan misi kami yakni mendorong pertumbuhan ekonomi. Kegiatan sosial kali ini juga merupakan agenda rutin Perusahaan selama memasuki bulan Ramadan, kali ini tidak ada alasan bagi Epson Indonesia untuk tidak melakukan CSR. Pada bulan yang baik ini, pihak Epson berusahan melakukan donasi sebagai wadah dalam membangun anak – anak yang berkualitas. Kegiatan CSR kami juga merupakan stimulate dari sector swasta untuk mendorong kegiatan ekonomi yang berkelanjutan” lanjut Nolly.

Tentunya, aktivitas ini mendapat sambutan yang antusias, terutama bagi para pengurus panti di masing – masing wilayah. Mereka meraa terbantu dengan perhatian Epson Indonesia terhadap Yayasan panti asuhan yang membutuhkan dukungan untuk perbaikan dan kelengkapan di panti asuhan.

“Saya ucapkan terima kasih bagi Epson Indonesia, harapan saya kedepanya program ini selalu ada dan berkelanjutan sehingga tak hanya panti yang ada di kota -kota besar yang dapat merasakan manfaat ini tapi panti asuhan lain juga dapat merasakan perhatian yang sangat luar biasa dari Epson Indonesia,” kata bapak H. Muslik Akbar pengurus panti asuhan Al Mubarokah Jakarta.

IMG 20230414 WA0064
Nolly Danurendra di tengah program Ramadan Bersama Epson

Dhanurendra

Berlanjut, tidak hanya untuk Idul Fitri

Tak hanya mengenai CSR di bulan Ramadan saja, selanjutnya kegiatan donasi ini akan diteruskan pada kegiatan Idul Adha 1444 H. Epson Indonesia telah memiliki beberapa agenda untuk penyebaran doansi tersebut dibeberapa titik lokasi di Indonesia. Tujuannya, agar penggunaan donasi tersebut dapat bermanfat dan dirasakan oleh masyarakat diseluruh Indonesia.

Pada program CSR bidang lingkungan, Epson Indonesia telah mendukung kegiatan SDGs pada bidang penghijauan dan perawatan atau restorasi laut. Kegiatan penghijauan dan restorasi laut secara konsisten telah dilakukan oleh Epson Indonesia selama dua tahun terakhir ini. Dengan target penanaman 6000 pohon diseluruh Indonesia, Epson Indonesia secara massive melakukan penanaman bibit pohon dan melakukan penanaman mangrove yang telah dilakukan di Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk. serta melakukan kegiatan CSR penghijauan di wilayah perkantoran Cibis Nine, Jakarta.

Sedangkan sebagai wujud menjaga ekosistem laut Epson Indonesia mendukung kegiatan konservasi penyu di sejumlah wilayah di Indonesia. Lagi, Nolly mengatakan bahwa sebagaian besar wilayah Indonesia dikelilingi oleh lautan luas dan banyak ekosistem yang harus dijaga serta diperhatikan. “Di Epson, kami sangat memperhatikan perubahan ekstrem yang telah terjadi di Dunia khususnya untuk perubahan iklim. Jangan sampai anak cucu kita nanti hanya bisa melihat gambar seluruh ekosistem ini melalui visual saja. Maka dari itu, kami sangat concern sekali terhadap perubahan iklim agar kita dapat menuju Indonesia bebas emisi karbon di tahun – tahun yang akan datang.” Ujar Nolly.

Masuk pada awal fiskal yang baru, Epson Indonesia tengah mempersiapkan agenda CSR lainnya melalui program pendidikannya yaitu Epson Goes to School. Pada program Pendidikan kali ini, Epson Indonesia akan menyasar sekolah – sekolah yang membutuhkan fasilitas sarana teknologi khususnya di wilayah yang sulit dijangkau dan membutuhkan kemajuan teknologi. Sebagai Perusahaan teknologi, Epson Indonesia berharap agar para tenaga dan para peserta didik dapat melek secara teknologi guna meningkatkan kemampuan belajar mengajar. Program CSR Epson Indonesia secara rutin diberikan sebagai bentuk komitmen tanggung jawab sosial yang diberikan Perusahaan kepada masyarakat luas dan selanjutnya kontribusi ini akan terus berlanjut tidak hanya dalam bidang lingkungan dan sosial melainkan bantuan dalam program Pendidikan dan dalam bidang lainnya.

Tags: , ,


COMMENTS