September 15, 2023

Feedloop AI dan Telkom Sepakat Bekerjasama untuk Eksplorasi Produk Berbasis AI

Penulis: Iwan RS
Feedloop AI dan Telkom Sepakat Bekerjasama untuk Eksplorasi Produk Berbasis AI  

Mobitekno – Menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Feedloop Global Teknologi atau yang lebih dikenal sebagai Feedloop AI, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di acara HUB.ID Accelerator Partner Day x Nex-BE Fest 2023 yang diselenggarakan pada Rabu, 13 September 2023 di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali.

Feedloop AI Telkom Indonesia 2
Dengan MoU ini, Feedloop AI dan Telkom Indonesia sepakat untuk bersama-sama melakukan eksplorasi dan kolaborasi dalam mengembangkan produk berbasis AI.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Chief Marketing Officer Feedloop, Muhammad Ajie Santika, dan Komang Budi Aryasa, selaku EVP Digital Business and Technology di Telkom Indonesia.

Nota kesepahaman ini menjadi titik awal eksplorasi dan penjajakan potensi kerjasama antara Feedloop AI dan Telkom Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan solusi berbasis kecerdasan buatan yang inovatif dan responsif.

Feedloop AI untuk sektor bisnis

Penerapan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) kini terjadi di berbagai level pengguna dan sektor. Popularitas AI semakin menarik perhatian banyak pihak setelah paltofrm genarative AI, seperti OPenAI ChatGPT atau Google Bard mulai diperkenalkan ke publik.

Dunia bisnis pun tidak ketinggalan dengan fenomena AI ini. Sudah cukup banyak perusahaan yang mengimplementasikan AI untuk mendukung operasional bisnisnya.

Menurut laporan McKinsey “The State of AI in 2022”, ada 50% responden dari 1.492 responden survei global yang menyatakan telah mengadopsi AI dalam minimal satu unit bisnisnya. Data

Feedloop AI yang selama ini mengembangan teknologi low-code dan no-code sebagai solusi bagi bisnis dan perusahaan di Indonesia, pada bulan Juni 2023 telah mengumumkan peluncuran inovasi terbarunya di bidang AI melalui Feedloop AI.

Feedloop AI 02
Penerapan solusi Feedloop AI dapat diaplikasi ke berbagai unit bisnis perusahaan.

Beranjak beberapa bulan kemudian, startup ini sudah berhasil merangkul perusahaan besar Telkom di ajang HUB.ID Accelerator Partner Day x Nex-BE Fest 2023 untuk menggunakan salah satu solusinya untuk diaplikasikan di BUMN tersebut.

Sebagai platform yang memungkinkan perusahaan membangun dan menerapkan chatbot cerdas dan asisten virtual, Feedloop AI telah digunakan untuk mengimplementasikan chatbot Telkom yang dikenal sebagai TIA (Intelligence Assistant).

Chatbot ini ini dapat menyediakan berbagai fitur, termasuk pemrosesan bahasa alami (NLP), pembelajaran mesin (ML), dan analitik, yang memungkinkan chatbot memahami dan merespons bahasa manusia dengan cara yang alami dan menarik.

TIA adalah contoh bagaimana Feedloop AI dapat digunakan untuk membuat chatbot yang andal untuk mendukung peningkatan pengalaman pelanggan.

TIA mampu memahami dan merespons berbagai pertanyaan dan permintaan, bahkan dapat menghasilkan format teks kreatif, seperti puisi, kode, skrip, karya musik, email, surat, dll. Hal ini menjadikan TIA sebagai tool penting bagi pelanggan Telkom karena dapat membantu mereka mendapatkan informasi dan dukungan yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.

Akan dikembangkan untuk berbagai use case di Telkom

Muhammad Ajie Santika, CMO Feedloop menyatakan bahwa kerjasama ini menggabungkan layanan AI dari Feedloop dan layanan Telkom untuk mengembangkan use case berbasis Generative AI yang dibutuhkan oleh berbagai industri.

“Layanan kami juga secara aman dapat diintegrasikan dengan dokumen internal perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan mempercepat proses bisnis. Kami yakin bahwa kolaborasi ini dapat memberikan solusi dan manfaat yang nyata bagi perusahaan,” tambahnya.

Tidak hanya itu, TMI (Telkomsel Mitra Inovasi), sebagai fasilitator terjadinya Nota Kesepahaman ini, juga menunjukkan dukungan mereka. “TMI sangat mengapresiasi penandatanganan MOU antara Feedloop dan PT Telkom Indonesia.

Feedloop AI Telkom Indonesia 3

Ini merupakan langkah penting dalam perkembangan penerapan AI di industri, khususnya dalam konteks eksplorasi layanan Feedloop AI yang dapat diintegrasikan dengan produk digital Telkom. Kami yakin bahwa kolaborasi ini membuka peluang besar dalam dunia teknologi dan bisnis.” kata Mia Melinda, CEO Telkomsel Mitra Inovasi.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Feedloop AI dan Telkom Indonesia merupakan sebuah inovasi terhadap perkembangan teknologi berbasis kecerdasan buatan yang direalisasikan dalam bentuk platform bagi perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Melalui kemitraan strategis ini, Feedloop AI dan Telkom Indonesia berkeinginan untuk menjadi pionir dalam transformasi digital dan implementasi AI di Indonesia.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS