March 27, 2024

Feedloop AI dan Telkom University Resmi Jalin Kerjasama untuk Kemajuan Pendidikan dan AI

Penulis: Iwan RS
Feedloop AI dan Telkom University Resmi Jalin Kerjasama untuk Kemajuan Pendidikan dan AI  

Mobitekno – PT Feedloop Global Teknologi (Feedloop AI), perusahaan teknologi Indonesia yang bergerak dalam bidang kecerdasan buatan (AI) dan Telkom University (Tel-U) secara resmi menjalin kerjasama dengan melangsungkan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) yang berlangsung pada Senin (25/3/2023) di Gd. Bangkit Tel-U, Kampus Telkom University Bandung.

Feedloop Telkom University 1

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Muhammad Ajie Santika selaku Direktur Utama dari Feedloop AI dan Prof. Dr. Adiwijaya selaku Rektor dari Telkom University. Acara penandatanganan ini dihadiri oleh para pimpinan universitas serta perwakilan dari Feedloop AI.

Kerja sama mencakup Tri Dharma perguruan tinggi

Ruang lingkup kerja sama akan meliputi Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Dalam kerjasama ini, Feedloop AI akan berperan sebagai industri mitra bagi Telkom University dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Beberapa manfaat dari kerjasama ini, yaitu penyediaan beasiswa, kesempatan magang, pelaksanaan seminar dan pelatihan, serta partisipasi tenaga ahli dari Feedloop AI untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan penelitian di Telkom University, guna meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian.

Rektor Tel-U, Prof. Dr. Adiwijaya menyambut baik penandatanganan MoU dan mengatakan bahwa hal ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian bersama-sama. Dirinya berharap melalui kerja sama ini, kedua pihak dapat saling mendukung dan memperkuat kapasitas masing-masing dalam mencapai keunggulan akademik, teknologi, dan inovasi.

“Kerja sama antara Tel-U dan Feedloop AI merupakan bentuk komitmen untuk mencapai kemajuan bersama. Harapannya agar kolaborasi ini tidak hanya saling memberikan benefit bagi kedua institusi, namun lebih luas bagi bangsa ini.” ungkap Adiwijaya.

Feedloop Telkom University 3

Direktur Feedloop AI, Muhammad Ajie Santika mengungkapkan antusiasme yang sama terhadap kerjasama ini. Feedloop sangat bersemangat untuk memulai kerja sama dalam mengembangkan teknologi informasi dan inovasi. MoU ini akan membuka peluang baru bagi kedua pihak untuk berkolaborasi, berinovasi, dan menciptakan solusi untuk bersama.

“Kita lihat bahwa generative AI semakin mendapat perhatian luas di Indonesia. Kita ingin implementasi AI ini bisa lebih luas di seluruh Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Tel-U, ini jadi langkah awal bagi kami dan akan menjadi contoh bagi universitas-universitas lain untuk segera fokus pada pengembangan AI.” Jelas Ajie.

Penandatanganan MoU antara Tel-U dan Feedloop ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang positif serta bukti nyata dari kedua pihak yang mendukung pembangunan pendidikan dengan teknologi informasi.

Feedloop AI merupakan perusahaan yang bergerak pada pengembangan teknologi low-code dan no-code yang memiliki tujuan menjadi solusi bagi perusahaan dan bisnis yang ada di Indonesia. Feedloop menawarkan berbagai produk dan layanan berbasis AI seperti analitik data, chabot, layanan berbasis AI dan lain sebagainya. Semuanya ditawarkan untuk membantu dan mendukung perusahaan dalam menyelesaikan tantangan bisnisnya ke depan.

Feedloop AI 02

Keunggulan utama Feedloop AI terletak pada kemampuannya untuk membangun berbagai macam solusi berbasis AI sesuai dengan
kebutuhan bisnis. Dengan model AI yang sangat akurat bahkan dalam menangani dokumen internal yang sensitif, Feedloop AI memfasilitasi keputusan bisnis yang berbasis data.

Dari otomatisasi proses yang kompleks hingga penanganan dokumen penting dalam skala besar, Feedloop AI dirancang untuk memenuhi tujuan bisnis perusahaan, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Implementasi AI ke berbagai level pengguna dan sektor

Saat ini penerapan kecerdasan buatan (AI) telah terjadi di berbagai level pengguna dan sektor. Popularitas AI menjadi menarik perhatian banyak pihak setelah platofrm Generative AI (GenAI), seperti OpenAI ChatGPT atau Google Gemini mulai diperkenalkan ke publik akhir 2022 lalu.

Dunia bisnis pun tidak ketinggalan dengan fenomena AI ini. Sudah cukup banyak perusahaan yang mengimplementasikan AI untuk mendukung operasional bisnisnya.

Laporan McKinsey “The state of AI in 2023: Generative AI’s breakout year” jega mempertegas tren peningkatan pesat penggunaan generative AI dalam bisnis. Laporan tersebut menyoroti beberapa poin penting, diantaranya Generative AI yang menjadi kekuatan transformatif, terintegrasi ke berbagai sektor bisnis (misalnya teknologi, keuangan).

AI robot

Peningkatan penggunaan GenAI mendorong investasi di sektor AI akan terus keseluruhan. Lebih jauh McKinsey juga menyatakan bahwa GenAI akan membawa disrupsi signifikan di beberapa industri, terutama teknologi dan finansial.

Meski demikian, masih belum semua perusahaan siap mengelola risiko dan menangkap manfaat penuh GenAI. Kerja sama antara Feedloop AI dan Tel-U diharapkan turut mendukung bisnis agar lebih siap menghadpai disrupsi teknologi tersebut di masa mendatang.

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS