September 13, 2023

Link Net Gandeng Cisco dan Qwilt Terapkan Open Caching CDN Optimalkan Layanan Streaming Lebih dari 3 Juta Pelanggan

Penulis: Iwan RS
Link Net Gandeng Cisco dan Qwilt Terapkan Open Caching CDN Optimalkan Layanan Streaming Lebih dari 3 Juta Pelanggan  

Mobitekno – Adopsi teknologi Open Caching CDN, PT Link Net Tbk (Link Net), penyedia layanan internet broadband tetap dan TV kabel terkemuka di Indonesia dengan merek First Media mengumumkan kemitraan strategis dengan Qwilt dan Cisco.

Dengan kolaborasi ini, Link Net akan menerapkan solusi Content Delivery Network (CDN) dari mitranya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pengiriman aplikasi streaming Link Net ke lebih dari 3 juta rumah di seluruh Indonesia.

Penerapan ini membawa Link Net secara aktif ke dalam rantai nilai pengiriman konten sambil memungkinkan penerbit konten di seluruh wilayah untuk mengirimkan kontennya dalam kualitas yang dibayangkan.

Link Net Qwilt Cisco 02

Link Net akan menyematkan arsitektur berbasis Open Caching dari Qwilt secara mendalam ke dalam jaringan edge-nya, mendukung peningkatan volume data di seluruh jaringannya dan secara signifikan meningkatkan pengalaman streaming bagi pelanggannya.

Kemitraan ini memungkinkan Link Net untuk meningkatkan infrastruktur pengiriman kontennya dan menyediakan Open API (Application Programming Interface) kepada penerbit konten yang berusaha memastikan pengiriman konten mereka dalam kualitas tertinggi.

Link Net menuju open network

Penyebaran akan mencapai 27 kota di seluruh Indonesia pada awalnya, menandai momentum lebih lanjut saat Qwilt dan Cisco bekerja sama dengan penyedia layanan untuk menciptakan CDN federasi terbesar di dunia, memberi manfaat bagi penerbit konten, penyedia layanan, dan konsumen secara global.

Marlo Budiman, Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk mengatakan bahwa kemitraan dengan Qwilt dan Cisco memungkinkan Link Net untuk memberikan prioritas utama dan memberikan kualitas pengalaman yang superior kepada pelanggan.

“Menerapkan solusi Open Edge dari Qwilt mendorong kami pada roadmap kami untuk menciptakan jaringan terbuka yang menguntungkan pelanggan kami di seluruh Indonesia. Kami telah bermitra dengan beberapa penerbit konten, termasuk platform streaming OTT seperti CATCHPLAY+, CinemaWorld On Demand, HBO GO, Lionsgate Play, MOLA, Viu, dan Vision+,” tambah Marlo.

Link Net Qwilt Cisco 03

“Kami akan terus mengembangkan dan memperluas kemitraan ini melalui penggunaan solusi CDN. Dengan bermitra dengan penerbit konten, kami dapat membantu mengatasi permintaan yang melonjak untuk layanan streaming langsung, video-on-demand, dan layanan aplikasi serta memastikan pengiriman pengalaman berkualitas tinggi secara konsisten,” tutup Marlo.

Theodore Tzevelekis, Wakil Presiden, Cisco Networking mengatakan “Kami sangat senang berkolaborasi dengan Qwilt untuk menerapkan solusi bersama kami dengan Link Net. Bersama-sama, kami menerapkan platform yang akan memenuhi persyaratan untuk pengalaman streaming berkualitas tinggi hari ini dan berfungsi sebagai dasar untuk kasus penggunaan komputasi edge di masa depan. Baik itu konten streaming hari ini atau kasus penggunaan imersif di masa depan, kami berkomitmen untuk membantu mengaktifkan pengalaman digital yang luar biasa bagi setiap pelanggan Link Net.

Kemitraan ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman digital bagi konsumen di Indonesia. Ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan streaming tetapi juga mempersiapkan kemajuan teknologi di masa depan. Seiring semakin banyak orang beralih ke platform digital untuk hiburan dan informasi, kolaborasi ini memastikan bahwa mereka menerima konten berkualitas tinggi secara mulus.

Sekilas tentang Open Caching CDN

Content Delivery Network (CDN) adalah jaringan server yang tersebar secara geografis yang menyimpan konten dekat dengan pengguna akhir. CDN memungkinkan transfer cepat aset yang diperlukan untuk memuat konten internet, termasuk halaman HTML, file JavaScript, stylesheet, gambar, dan video. CDN sangat penting karena dapat mengurangi waktu pemuatan halaman web, mengurangi biaya bandwidth, meningkatkan ketersediaan dan redundansi konten, serta meningkatkan keamanan situs web. Dengan demikian, CDN memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi jaringan.

Link Net Qwilt Cisco 04
Mekanisme Qwilt Open Caching CDN yang digunakan Link Net.

Sebagai slah satu jenis CDN, Qwilt Open Edge didasarkan pada Open Caching. Open Caching adalah arsitektur streaming generasi berikutnya yang dirancang untuk mengatasi hambatan utama dalam infrastruktur internet yang disebabkan oleh peningkatan konsumsi media streaming dan konten online lainnya. Dengan menempatkan cache dalam jaringan penyedia layanan, open caching memungkinkan operator jaringan kabel, telco, dan seluler untuk menyimpan dan mengirimkan media streaming dari lokasi dekat dengan konsumen.

Implementasi Qwilt dari open caching menggabungkan mitra penyedia layanan ini melalui Open API, membentuk CDN global. Seiring bergabungnya setiap penyedia layanan baru ke CDN federasi, manfaat bagi penerbit konten meningkat, memungkinkan mereka untuk mencapai lebih banyak penonton dengan kualitas yang lebih tinggi.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS