November 9, 2023

Sambut Hari Pahlawan 10 November, Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi Nasional

Penulis: Rizki R
Sambut Hari Pahlawan 10 November, Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi Nasional  

Mobitekno – UMKM lokal memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI menyebutkan UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia dan menyerap tenaga kerja hingga 96,9%.

Untuk itu, dalam menyambut Hari Pahlawan 10 November 2023, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal terus memberi panggung bagi lebih dari 14 juta pelaku usaha di Indonesia untuk menjadi pahlawan ekonomi nasional.

“UMKM Indonesia telah membuktikan ketangguhan mereka saat menghadapi pandemi Covid-19 lalu, bahkan menjadi kunci pemulihan ekonomi hingga pascapandemi,” ungkap Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari.

IMG 20231109 135810

Tokopedia berkomitmen untuk mendukung UMKM lokal menjadi pahlawan ekonomi. Tokopedia memiliki berbagai inisiatif dan fitur untuk membantu UMKM lokal, antara lain:

Hyperlocal: Inisiatif ini mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada.

Pusat Edukasi Seller: Pusat ini menyediakan materi untuk membantu UMKM mengembangkan bisnis online.

UMKM lokal

Kumpulan Toko Pilihan (KTP): Fitur ini menampilkan produk-produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Dilayani Tokopedia: Layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia.

Fitur Wawasan: Fitur ini memberikan data komprehensif tentang jenis produk atau kata kunci yang sedang paling banyak dicari pembeli di Tokopedia berdasarkan wilayah dan kategori.

Fitur Penamaan Produk dan Kategori: Fitur ini memberikan rekomendasi penamaan produk dan kategori yang paling relevan.

Fitur Buy More, Save More: Fitur baru ini memungkinkan penjual memberikan diskon untuk pembelian produk dalam jumlah yang lebih banyak.

Deretan upaya yang dilakukan Tokopedia juga sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia. Apa yang dilakukan oleh Tokopedia ini juga telah terbukti berhasil.

Beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual, transaksi, dan nilai transaksi di Tokopedia pascapandemi adalah:

Kalimantan Timur

Bali

Sulawesi Utara

Sulawesi Barat

Sulawesi Selatan

Riau

Sumatra Selatan

Lampung

Sulawesi Selatan

UMKM lokal

Tokopedia mencatat, Hampers dan Parsel Makanan, Kesehatan dan Gaya Hidup, serta Pertanian sebagai beberapa subkategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual selama semester I 2023 pascapandemi dibandingkan dengan semester II 2019 prapandemi, dengan kenaikan rata-rata hingga hampir 18 kali lipat.

UMKM Lokal yang Sukses Lewat Tokopedia

Precious One (Jakarta), Kraosan (Kab. Magelang, Jawa Tengah) dan Awi Coffee (Binjai, Sumatra Utara) adalah tiga contoh UMKM Indonesia di Tokopedia sekaligus pahlawan ekonomi yang memberdayakan masyarakat sekitar.

Precious One

Bisnis sosial yang dipimpin oleh Ratnawati Sutedjo, Precious One mendukung rekan difabel dalam memproduksi beragam produk kerajinan tangan. Mereka mulai berjualan online di Tokopedia pada tahun 2020 dengan inovasi penjualan masker buatan tangan. Hal ini membantu menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan.

Data Tokopedia mencatat peningkatan transaksi hingga 30 kali lipat selama semester I 2023 dibandingkan prapandemi.

Kraosan

Usaha milik Tribuana Desy Ariyanti ini berfokus pada mensejahterakan ibu-ibu dan masyarakat di Magelang melalui produk kerajinan bambu dan camilan khas. Mereka bergandeng tangan dengan masyarakat sekitar di Magelang dalam produksi kemasan dari bambu.

Produk ini menarik perhatian konsumen Tokopedia, dan Kraosan terus mengikuti kampanye Tokopedia serta menggunakan fitur TopAds untuk meningkatkan transaksi dan memberdayakan perajin lokal.

Awi Coffee

Usaha keluarga dari Sumatra Utara yang menjalankan usaha kopi selama tiga generasi. Mereka bermitra dengan petani kopi lokal di daerah Gayo dan Tanah Karo. Setelah bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2019, Awi Coffee dapat menjangkau pasar lebih luas di Indonesia.

Mereka aktif menggunakan kampanye dan fitur Tokopedia, seperti Waktu Indonesia Belanja dan Kumpulan Toko Pilihan. Hasilnya, Awi Coffee mencatat kenaikan transaksi hingga tiga kali lipat selama semester I 2023 dibandingkan dengan prapandemi.

IMG 20231109 135740

Ketiga UMKM lokal ini menunjukkan bagaimana platform Tokopedia telah memberdayakan mereka untuk mencapai pasar yang lebih luas dan mendukung difabel dalam berkreasi dan berpartisipasi dalam perekonomian.

Tokopedia berkomitmen untuk terus mendukung UMKM lokal menjadi pahlawan ekonomi. Tokopedia percaya bahwa UMKM lokal memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Tags: , ,


COMMENTS