November 9, 2023

Cloudera dan Pinecone Umumkan Kemitraan Strategis, Percepat Penggunaan AI Generatif di Lingkungan Korporasi

Penulis: Rizki R
Cloudera dan Pinecone Umumkan Kemitraan Strategis, Percepat Penggunaan AI Generatif di Lingkungan Korporasi  

Mobitekno – Cloudera dan Pinecone telah mengumumkan kemitraan strategis dalam rangka mengintegrasikan vector database AI ke dalam platform open data Cloudera. Langkah ini diambil untuk mengubah cara organisasi memanfaatkan kekuatan AI, memudahkan operasional, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Sebagai pemimpin pasar vector database, Pinecone menjadi infrastruktur kritis bagi Generative AI. Dengan kemampuan optimalnya untuk menyimpan representasi AI dari data (vector embedding) dan melakukan pencarian di dalamnya dengan persamaan semantik, Pinecone membantu mengurangi output yang salah, meningkatkan respons aplikasi pencarian, dan memastikan keakuratan dan relevansi.

Dalam kemitraan ini, Cloudera akan mengintegrasikan vector database Pinecone ke dalam Cloudera Data Platform (CDP). Hal ini memungkinkan organisasi membangun dan menyebarkan aplikasi AI yang sangat skalabel dan real-time.

Melibatkan rilis Applied ML Prototype (AMP) terbaru, pengembang dapat menciptakan dan memperbarui basis pengetahuan mereka lebih cepat. Konektor pre-built juga akan memfasilitasi pengaturan pipeline bawaan di aplikasi AI dengan efisiensi.

Pinecone

Dengan integrasi Pinecone ke CDP, pengguna dapat mengatur atau meningkatkan sistem support chatbot dan pencarian dukungan internal. Ini membantu mengurangi biaya operasional, meningkatkan efisiensi penanganan kasus manusia, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

“Kemitraan tangguh ini memadukan keahlian pengelolaan data Cloudera dengan teknologi vector database Pinecone. Pelanggan dapat lebih mudah mengembangkan aplikasi AI dengan memanfaatkan embedding di Pinecone dan data di Cloudera, memberikan pengalaman terpersonalisasi dan meningkatkan kesuksesan bisnis,” ujar Elan Dekel, Vice President of Product, Pinecone.

Cloudera x Pinecone Percepat Penggunaan Generative AI

Cloudera

Sementara itu, Abhas Ricky, Chief Strategy Officer, Cloudera, menegaskan bahwa pihaknya bersemangat untuk membawa kekuatan vector data base Pinecone dan kemampuan pencarian semantik kepada pelanggan public cloud untuk mempercepat kasus penggunaan generative AI, dan secara signifikan meningkatkan pengalaman pengembang di skala besar.

 

“Integrasi Pinecone dengan CDP menambah fungsi baru yang amat penting yang akan membantu klien mengembangkan aplikasi generative AI,” kata Sanjeev Mohan, founder SanjMo dan mantan analis Gartner.

“Selain itu, integrasi terencana antara open source Apache NiFi-based Cloudera Data Flow (CDF) dengan Pinecone semakin mendongkrak penekanan CDP dalam distribusi data universal untuk AI. Pelanggan CDP bisa membawa AI ke mana data berada – baik di on premise, cloud ataupun di edge,” ungkapnya.

Cloudera Ilustrasi 4

Cloudera dan Pinecone berkomitmen untuk membawa kekuatan vector database dan pencarian semantik kepada pelanggan public cloud mereka. Ini mempercepat penggunaan generative AI dan meningkatkan pengalaman pengembang dalam skala besar, sejalan dengan visi Cloudera untuk distribusi data universal untuk AI di berbagai platform – baik di on-premise, cloud, maupun edge.



COMMENTS