September 6, 2023

Dukung Transaksi QR Cross Border, DANA Diganjar ASEAN Business Awards 2023

Penulis: Iwan RS
Dukung Transaksi QR Cross Border, DANA Diganjar ASEAN Business Awards 2023  

Mobitekno – Dedikasi DANA (PT Espay Debit Indonesia) dalam mentransformasi sistem pembayaran digital tanah air dengan menciptakan pengalaman transaksi non-tunai yang sederhana, nyaman, dan aman mendapat pengakuan dalam kategori ASEAN Business Awards 2023 untuk kategori ‘Digital Transformation: Best Customer Experience’.

Dengan penghargaan ini, DANA menyoroti pengenalan QR lintas batas yang diprakarsai oleh Bank Indonesia dan keterlibatan langsung dompet digital DANA dalam menyukseskan transaksi lintas batas.

ASEAN Business Awards 2023 02
Vince Iswara, CEO dan pendiri DANA Indonesia menerima penghargaan ASEAN Business Awards 2023 untuk kategori ‘Digital Transformation: Best Customer Experience’.

Menurut Vince Iswara, CEO dan pendiri DANA Indonesia, penghargaan ini dipersembahkan unutk seluruh pihak yang konsisten mendukung dan mempercayai DANA untuk terus berinovasi dan berpartisipasi langsung dalam berbagai inisiatif pembayaran digital, termasuk QR Cross-Border.

“kami percaya bahwa QR Cross Border mampu mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable, sehingga mampu membuka peluang pertumbuhan ekonomi baru” tambahnya.

Partisipasi DANA dalam QR Cross Border sejak 2022

Platform dompet digital ini mulai berpartisipasi dalam penerapan standardisasi pembayaran lintas batas melalui QR Cross Border Interconnection mulai Agustus 2022. DANA juga mendapat kepercayaan dari Bank Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan pembayaran non-bank pertama yang berpartisipasi dalam pengenalan pembayaran lintas batas kode QR untuk memperkenalkan pembayaran lintas batas baik sebagai penerbit maupun pengakuisisi.

Kini para pengguna aplikasi tersebut dapat dengan mudah melakukan transaksi atau pembayaran ke beberapa merchant di negara di luar Indonesia, seperti Thailand dan Malaysia dengan mudah dan aman.

QR Cross Border 01
Layanan QR cross border DANA memudahkan pekerja migran melakukan transaksi antar negara.

Dengan mendukung kesuksesan QR Cross Border, DANA memastikan transaksi lintas batas didukung oleh teknologi mutakhir dan infrastruktur yang kuat. DANA juga memiliki jaringan transaksi yang aman dan cepat, yang dapat memberikan pengguna sistem pembayaran QR lintas batas yang terintegrasi, aman, dan mudah digunakan.

Komitmen DANA terhadap pendekatan yang berpusat pada pengalaman pengguna dalam implementasi QR Cross Border telah berkontribusi pada rencana peluncuran QR Cross Border pada tahun 2023. DANA memperkirakan transaksi di Thailand akan mencapai lebih dari 30.000 pada akhir tahun 2023 dan lebih dari 18.000 transaksi di Malaysia.

Tentu saja prediksi tersebut didukung dengan upaya lain seperti mendukung program pemerintah dan regulator, serta menjangkau masyarakat dan UMKM melalui edukasi berkelanjutan mengenai QR Cross Border.

Potensi QR Cross Border masih sangat besar

“Pemanfaatan QR Cross Border masih menyimpan potensi yang begitu besar. Selain menjadi metode pembayaran yang akan dikenal luas di kawasan Asia Tenggara, QR Cross Border juga memiliki peluang yang signifikan untuk memajukan lanskap ekonomi Asia Tenggara, termasuk di dalamnya pertumbuhan UMKM dan pariwisata. Harapannya, perluasan QR Cross Border menjadi agenda prioritas yang terus didukung oleh seluruh bagian dari ekosistem ekonomi digital, termasuk industri teknologi finansial seperti DANA,” lanjut Vince.

Keberhasilan DANA meraih penghargaan ASEAN Business Awards 2023 juga disambut hangat oleh M. Arsjad Rasjid P.M, Ketua ASEAN Business Advisory Council 2023 dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

“Selamat atas kemenangan perdana DANA dalam ASEAN Business Awards 2023 dengan kategori ‘Digital Transformation: Best Customer Experience’. Penganugerahaan ini semoga dapat terus mendorong industri teknologi finansial untuk terus mengutamakan pentingnya kolaborasi dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat ASEAN yang lebih inklusif, ” sambut Arshad.

ASEAN Business Awards 2023 untuk 10 Perusahaan dan 10 UMKM

ASEAN Business Awards merupakan ajang internasional tahunan yang diselenggarakan oleh ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) sejak tahun 2007. Sebagai penganugerahaan bertaraf internasional, ASEAN Business Awards 2023 mencari dan memberikan penghargaan kepada individu dan perusahaan yang mendorong pertumbuhan melalui solusi inovatif, serta mereka yang memprioritaskan keberlanjutan dalam upaya mereka.

ASEAN Business Awards 2023 yang digelar pada 4 September 2023 mencakup 10 kategori, mulai dari the best consumer experience, digital innovation, plastic waste circularity, hingga health innovation. Tiap kategori itu mencatat 1 pemenang dari perusahaan besar dan 1 dari UMKM. Kategori penghargaan ditentukan berdasarkan lima isu prioritas, yakni transformasi digital, pembangunan keberlanjutan, ketahanan kesehatan dan pangan, dukungan terhadap perdagangan dan investasi, serta prioritas pada UMKM.

Kategori ‘Digital Transformation, Best Customer Experience’ yang diraih DANA didedikasikan khusus untuk perusahaan yang memfokuskan diri di bisnis B2C serta memanfaatkan perangkat lunak & teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.

Penerima ASEAN Business Awards 2023

Selain DANA menjadi pemenang penghargaan The Best Consumer Experience dari transformasi digital dari kategori perusahaan besar. penghargaan yang sama untuk UMKM diraih Loca Company Limited dari Laos.

Untuk penghargaan Digital Inovation, ada Aboitiz Data Innovation dari Filipina sebagai pemenang kategori UMKM. Serta, HDBank asal Vietnam dari kategori perusahaan. Sedangkan kategori penghargaan Net-Zero Leader, diraih Agrabah Ventures dari Filipina (UMKM) dan Keppel Infrastructure Holdings Pte Ltd dari Singapura (perusahaan).

ASEAN Business Awards 2023 01

Penghargaan Plastic Waste Circularity diraih oleh PT Amandina Bumi Nusantara untuk UMKM dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk untuk perusahaan. Sedangkan penghargaan Sustainable Crop Production diperoleh Cambodian Standard Development and Supply Co., Ltd dari Kamboja untuk kategori UMKM dan Sorosoro Ibaba Development Cooperative dari Filipina untuk perusahaan.

Adapun untuk penghargaan Tech for Sustainable Agriculture diraih pelaku UMKM dari Thailand, yaitu Eden Agritech dan eFishery dari Indonesia untuk kategori perusahaan.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS