September 5, 2023

Efektif Ikat Partikel PM2.5, PLN Uji Coba Mist Generator Buatan BRIN Tangkal Polusi Udara di Jakarta

Penulis: Iwan RS
Efektif Ikat Partikel PM2.5, PLN Uji Coba Mist Generator Buatan BRIN Tangkal Polusi Udara di Jakarta  

Mobitekno – Penyemprotan air menggunakan mist generator dari puncak tower kantor pusatnya menjadi salah satu dukungan PT PLN (Persero) ke pemerintah dalam menekan polusi udara khususnya di kawasan DKI Jakarta.

Penyemprotan air ini menggunakan alat mist generator yang dikembangkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Mist generator dapat menghasilkan semburan air halus dengan ukuran droplet sekitar 50-200 mikron.

Semburan air halus ini dapat mengikat polutan di udara, seperti partikel PM2.5, sehingga polutan tersebut dapat turun ke tanah. PM 2,5 sendiri merupakan jenis partikel yang menjadi acuan untuk diukur oleh seluruh negara berpolusi udara tinggi di dunia.

Mist generator 00
Mist generator buatan BRIN diletakkan di lantai 16 Kantor Pusat PLN di Jakarta.

Polusi udara yang meningkat di musim kemarau disebabkan oleh dua faktor utama. Pertama adalah rendahnya curah hujan yang penting dalam membersihkan polutan yang ada di udara. Faktor kedua adalah kelembaban udara yang rendah sehingga membuat polutan di udara dapat menyebar dengan mudah. Jadi, kelembaban udara yang tinggi diperlukan untuk membantu menangkap polutan di udara.

Selain hujan buatan, pemerintah juga melakukan beberapa solusi untuk mengatasi polusi udara, seperti percepatan penggunaan mobil listrik, uji emisi kendaraan, penghentian operasi PLTU batu bara di tempat industri hingga menggunakan mist generator seperti yang dilakukan oleh PLN.

Bagian dari beberapa solusi PLN dukung solusi

Terkait pemakaian mist genarator, EVP Komunikasi Korporat dan TJSL Gregorius Adi Trianto menjelaskan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan PLN untuk menjaga kinerja operasional perusahaan menjadi lebih ramah lingkungan.

Mulai dari penerapan teknologi tinggi yang mampu menekan emisi di sektor pembangkitan, penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas dan operasional serta efisiensi energi di lingkungan kerja. Berbagai langkah strategis telah kami lakukan dari sisi operasional.

“Kami mendukung segala upaya pemerintah dalam membuat udara Jakarta yang lebih baik. Kami juga memasang mist generator besutan BRIN di lantai 16 Kantor Pusat PLN untuk bisa mengurangi polusi udara,” kata Gregorius.

Akan dipasang di berbagai kantor PLN

Mist generator yang dipakai oleh PLN sendiri memiliki kapasitas spraying 10 liter per menit. Memiliki daya tampung 300 liter air, mist generator yang digunakan PLN mampu beroperasi 24 jam sehingga bisa mengurangi polusi dengan signifikan.

Alat ini tidak hanya akan di pasang di Kantor Pusat PLN, tetapi juga kantor PLN lainnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Mist generator 02

“Kolaborasi antara pemerintah dan PLN ini mencerminkan upaya konkrit dari berbagai pihak untuk mengatasi tantangan polusi udara. Hasil dari upaya ini akan memberi peluang untuk mendapatkan data yang akurat serta mengembangkan solusi lingkungan bersih dan sehat,” imbuh Gregorius.

Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto mengatakan bahwa mist generator ini dapat mengurangi konsentrasi PM 2,5 secara lokal saat diuji coba.

Mist generator lebih efektif dari water spray-nozzle fire

Penggunaan mist generator ini juga lebih cepat dan efisien dalam menurunkan kadar PM 2,5 dibandingkan dengan penggunaan water spray-nozzle fire yang memerlukan lebih banyak air dan tenaga/pompa.

“Hasil uji coba menunjukkan bahwa mist generator efektif untuk menurunkan konsentrasi polutan dari angka kisaran 100 turun menjadi kisaran 50,” terang Tri.

Tri menambahkan keunggulan mist generator adalah mampu menghasilkan semburan air dengan ukuran yang halus untuk mengikat polutan agar meluruh ke permukaan tanah.

Selain PLN, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Pertamina juga telah menggunakan water mist untuk mengurangi polusi udara lantaran diklaim lebih efektif daripada penyemprotan jalanan yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, BRIN diminta oleh Kemenko Marves untuk membuat alat water mist generator. Penerapan mist genarator akan terus dievaluasi lebih lanjut.

Apabila nantinya efektif menurunkan konsentrasi polutan, penyemprotan dengan metode water mist akan diteruskan.

Namun, ada beberapa kriteria yang harus dilakukan untuk menerapkan metode tersebut. Salah satunya adalah gedung harus memiliki ketinggian lebih dari 20 meter dan kurang dari 200 meter.

Tags: , , ,


COMMENTS