September 4, 2023

STARGAZER X Punya Warna Matte? Ini Cara Menjaga Cat Matte agar Tetap Terjaga Baik

Penulis: Desmal Andi
STARGAZER X Punya Warna Matte? Ini Cara Menjaga Cat Matte agar Tetap Terjaga Baik  

Mobitekno – Sejak kehadirannya pada gelaran GIIAS 2023, Hyundai STARGAZER X menawarkan suasana baru bagi para konsumennya dengan menghadirkan opsi warna Matte. Ini merupakan jenis cat yang sama seperti yang digunakan IONIQ 5. Matte memang menjadi warna yang banyak dipilih dan populer, selain warna yang umum, yaitu Glossy. Namun begitu, butuh perawatan khusus agar jenis cat ini bisa tetap dalam keadaan terbaiknya.

Oleh sebab itu, dalam event STARGAZER X Media Drive Experience yang dilakukan pada tanggal 31 Agustus – 2 September 2023, Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan tips-tips khusus untuk para pengguna STARGAZER X yang memilih jenis cat MATTE.

STARGAZER X
STARGAZER X Media Drive Experience

Proses Pencucian Mobil STARGAZER X

Biasanya para pengguna mobil baru selalu rajin untuk mencuci kendaraannya agar tetap kinclong selama digunakan. Hal ini memang dianjurkan oleh siapapun karena selain mobil terlihat bersih, juga menjaga berberapa komponen luar agar tetap awet. Namun, penanganan spesial dibutuhkan untuk pengguna STARGAZER X dengan jenis cat MATTE. Dalam pencucian manual contohnya, pengguna diwajibkan selalu menggunakan bahan tekstil yang lembut seperti microfiber dan sponge. Jadi, sebelum mulai mencuci keseluruhan, bilas kotoran yang terlihat dengan air terlebih dahulu. Berikutnya adalah cuci permukaaan dengan sabun yang ramah cat lalu bersihkan sisa busa dengan washpad atau sponge. Keringkan dengan handuk microfiber. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan sikat dengan permukaaan kasar.

Bagaimana dengan sistem pencucian otomatis? Sama saja. Mode sikat (Scratch and Gloss) tidak diperbolehkan. Jadi sebelum mencuci, bilas sisa kotoran dengan air. Kemudian gunakan handuk basah.

Perawatan Cat STARGAZER X

Agar cat mobil tetap enak dilihat, tentu saja harus dirawat dengan rajin. Salah satunya hindari kontaminasi dengan berbagai zat atau benda yang dapat merusak permukaan cat. Untuk kontaminasi umum misalnya, bisa menggunakan tissue alcohol atau BPA untuk menghilangkannya. Kotoran burung, gemuk, dan kontaminasi minyak juga harus dibersihkan agar kilau MATTE tetap terlihat. Gunakan juga pemberih khusus untuk menghilangkan permukaan cat yang terkontaminasi tar. Gunakan juga pelarut cat khusus hika terkontaminasi bensin atau minyak.

STARGAZER X
Beberapa zat kimia yang dilarang untuk membersihkan atau merawat cat MATTE di STARGAZER X

HMID juga melarang penggunaaan beberapa zat pembersih atau poles yang sering digunakan pemilik mobil dengan warna glossy. Semua bahan poles (Polish Wax) sangat dilarang. Begitu juga dengan penggunaan compound dan paint cleaner.

Sementara itu, hal yang juga dilarang adalah membersihkan mobis dengan sistem cuci uap. Hal ini justru bisa menimbulkan noda setelah proses pencucian selesai, karena komponen berminyak pada permukaan mudah menempel pada lapisan cat dengan pemanasan. Perawatan dengan bahan lilin atau wax juga dilarang. Bahan kimia ini memang bagus untuk cat jenis Glossy, tetapi tidak untuk MATTE.

Tags: , , , ,


COMMENTS