September 23, 2023

Tips Merawat Mobil setelah Perjalanan Jarak Jauh, Penggemar Road Trip Wajib Tahu

Penulis: Desmal Andi
Tips Merawat Mobil setelah Perjalanan Jarak Jauh, Penggemar Road Trip Wajib Tahu  

Mobitekno – Bagaimana sih merawat mobil setelah digunakan jarak jauh? PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sendiri telah berhasil menunjukkan betapa STARGAZER X dirancang sesuai dengan harapan konsumen dan kondisi jalan di Indonesia melalui inisiatif yang menarik berjudul “Wanderlust on Wheels: Unleash the X in You with STARGAZER X” yang berlangsung pada 18–21 September 2023. Dalam acara ini, HMID memberikan kesempatan kepada pengendara untuk mengeksplorasi momen road trip Jakarta–Surabaya yang penuh petualangan bersama teman dan keluarga, berkat pengalaman mengemudi dengan STARGAZER X yang sangat mengasyikkan.

Serangkaian kegiatan dalam acara media drive experience ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang betapa nyaman, canggih, dan inovatifnya STARGAZER X dalam menciptakan pengalaman mobilitas yang luar biasa, bahkan ketika digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Dalam sebuah era di mana road trip telah menjadi aktivitas yang akrab bagi banyak orang, keandalan STARGAZER X saat melintasi perjalanan antar kota menjadikannya pilihan terbaik dalam kategori mobil untuk masyarakat.

Merawat Mobil
STARGAZER X

Ini Dia Tips Merawat Mobil Setelah digunakan Jarak Jauh

Keandalan STARGAZER X ketika menempuh rute Jakarta–Surabaya adalah bukti nyata kemampuan mobil multifungsi ini dalam menghadapi perjalanan jarak jauh, menjadikannya pilihan yang tepat bagi konsumen yang ingin menikmati pengalaman road trip yang mulus dan menyenangkan. HMID juga memberikan sejumlah tips merawat mobil yang sangat berguna bagi pengguna STARGAZER X setelah melakukan perjalanan jarak jauh, yang akan membantu menjaga kualitas kendaraan mereka. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

1. Menjaga Kebersihan Interior

Saat melakukan perjalanan jauh, seringkali kita makan dan minum di dalam mobil, yang bisa meninggalkan noda atau bau yang tidak diinginkan di dalam kabin. Oleh karena itu, penting untuk merawat mobil bagian interior secara menyeluruh, termasuk dengan menggunakan vakum. Ini berguna untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di dalam kendaraan.

2. Cek Kondisi Oli

Selama road trip, mobil dapat menempuh ribuan kilometer. Oleh karena itu, setelah perjalanan, penting untuk memeriksa kondisi oli dan menggantinya jika diperlukan. Hal ini akan memastikan kinerja kendaraan tetap optimal untuk perjalanan selanjutnya.

3. Cek Kondisi Rem dan Ban

Dalam merawat mobil, urusan rem dan ban juga begitu penting. Selama perjalanan jauh, rem mobil akan sering digunakan, yang dapat mengakibatkan ausnya komponen rem dan ban. Oleh karena itu, konsumen disarankan untuk memeriksa kondisi kampas rem, rotor, serta minyak rem, dan melakukan penggantian jika diperlukan. Selain itu, penting juga untuk memeriksa tekanan ban sesuai dengan panduan yang tertera pada pintu pengemudi dan pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang ada pada beberapa jenis ban.

4. Cek Keselarasan Kaki-kaki

Selama road trip, kendaraan mungkin akan melewati berbagai kondisi jalan yang tidak selalu mulus. Ini dapat menyebabkan komponen kaki-kaki, seperti shockbreaker, bekerja lebih keras dan mengalami aus lebih cepat. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa apakah shockbreaker dalam kondisi baik tanpa kebocoran. Pastikan juga komponen kaki-kaki lainnya tidak menghasilkan suara berlebihan. Dalam hal ini, pengguna disarankan untuk merawat mobil dengan melakukan spooring dan alignment agar roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman selama berkendara.

5. Merawat Mobil Bagian Eksterior

Selain perawatan interior, menjaga kebersihan eksterior mobil juga sangat penting setelah melakukan perjalanan jauh. Ini akan menjaga penampilan mobil tetap prima. Bagi pemilik STARGAZER X dengan warna matte, sangat penting untuk mencuci sisa kotoran dengan air sebelum mencucinya. Hindari menggunakan sikat kasar saat mencuci secara manual, pilih mode cuci otomatis dengan mode scratch & gloss, serta lakukan cuci uap dan perawatan lilin. Tidak dianjurkan untuk menggunakan polish (wax), compound (abrasif), dan paint cleaner (pembersih cat).

Untuk memastikan STARGAZER X tetap dalam kondisi terbaik setelah menjalani perjalanan jarak jauh, pengguna dapat mengunjungi jaringan bengkel resmi Hyundai yang tersebar di seluruh Indonesia. Bengkel-bengkel ini dilengkapi dengan teknisi yang bersertifikat dan peralatan yang modern untuk memberikan perawatan yang komprehensif bagi setiap kendaraan, termasuk STARGAZER X. Dengan begitu, pengguna dapat yakin bahwa mobil mereka akan selalu dalam kondisi prima untuk berbagai perjalanan selanjutnya.

Tags: , , ,


COMMENTS