October 3, 2023

Akamai Perluas Core Compute Regions Baru di 7 Wilayah Berbagai Belahan Dunia

Penulis: Rizki R
Akamai Perluas Core Compute Regions Baru di 7 Wilayah Berbagai Belahan Dunia 

Mobitekno – Akamai, perusahaan teknologi global terkemuka, terus memperluas jejaknya dengan membawa konektivitas cloud yang jauh lebih baik ke berbagai wilayah di seluruh dunia. Dalam upayanya untuk memenuhi tuntutan pertumbuhan ekonomi digital yang pesat, Akamai telah mengumumkan beberapa core compute region baru yang akan menguntungkan pelanggan di berbagai belahan dunia.

Core compute region baru Akamai di São Paulo dan Miami memudahkan perusahaan menjalankan bisnis mereka di Amerika Latin. Dengan dua regions baru tersebut, Akamai kini tampil sebagai kompetitor menarik di pasar yang selama ini didominasi oleh penyedia hyperscale yang lebih besar.

Masuknya Akamai ke São Paulo memungkinkan pelanggan menjalankan workloads di salah satu kota dan negara paling padat penduduk di bumi bagian selatan. Dengan begitu, segala hambatan ekonomi maupun kinerja akibat workloads yang harus transit melintasi benua dapat teratasi.

Core compute region

São Paulo dan Miami adalah perwujudan dari upaya Akamai dalam membangun core compute region di pasar yang sulit diakses di seluruh dunia sehingga mereka dapat terhubung melalui jaringan backbone dasar yang sama, yang mendukung jaringan edge miliknya saat ini, yang telah tersebar luas di lebih dari 4.100 PoP edge di 131 negara.

Akamai juga telah meresmikan region baru di Jakarta, yang terletak di jantung sebuah negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi digital yang pesat. Ini berarti pelanggan akan merasakan dukungan konektivitas cloud yang lebih baik.

Dengan peningkatan ini, jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan meningkat sebesar 36 juta pada tahun 2028.

“Kebutuhan perusahaan untuk menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik mengekspos keterbatasan yang dimiliki model cloud lama dan terpusat,” ujar Adam Karon, Chief Operating Officer dan General Manager, Cloud Technology Group, Akamai.

“Kami mengatasi tantangan yang dialami konsumen itu dengan membalik skrip. Dengan Akamai Connected Cloud, kami melakukan pendekatan dari luar ke dalam yang mengutamakan distribusi, yang dibangun di atas komitmen terhadap teknologi asli cloud dan jaringan yang sama yang telah diandalkan banyak perusahaan raksasa dunia selama lebih dari dua dekade. Ini adalah pendekatan yang berfokus pada masa depan di mana skala sama pentingnya dengan ukuran jaringan dan pusat data,” ujarnya.

Core compute region baru Akamai di Los Angeles, yang merupakan pasar media dan hiburan global nomor wahid, akan memperluas layanan perusahaan ini di industri yang telah bertahun-tahun meningkatkan keahlian dan basis pelanggan yang kuat. Ini merupakan langkah strategis untuk menjawab permintaan akan layanan kokoh di tengah ledakan ekonomi digital.

images 1

Region perusahaan yang berbasis di Miami akan memungkinkan Akamai melayani pelanggan yang menjalankan bisnis di Amerika Latin dengan lebih baik. Ini juga akan membawa konektivitas terdistribusi Akamai ke hub bisnis yang berkembang pesat di wilayah ini, yang telah mengalami ledakan talenta teknologi dan investasi modal ventura.

Akamai telah membangun fondasi pertamanya di Milan, kota terbesar kedua di Italia. Pasar layanan cloud di Italia telah tumbuh 250% dari tahun 2015 hingga 2022. Region baru ini tidak hanya akan melayani pelanggan di Eropa, tetapi juga akan mendukung pelanggan di Timur Tengah.

Region baru di Osaka akan menghubungkan 125 juta populasi Jepang ke backbone Akamai yang dapat diskalakan secara besar-besaran. Jepang menempati urutan ke delapan di dunia sebagai negara dengan populasi digital terbesar.

13 Core Compute Regions dalam 90 Hari Terakhir

images 2

Dalam 90 hari terakhir, Akamai telah membuka 13 core compute regions baru. Regions yang diumumkan hari ini melengkapi lokasi yang telah ada di Atlanta, Dallas, Fremont, Newark, Toronto, Frankfurt, London, Mumbai, Singapore, Sydney, dan Tokyo, serta regions yang baru-baru ini diumumkan di Chicago, Washington, DC, Paris, Stockholm, Seattle, dan Chennai. Akamai berencana meluncurkan lebih banyak core compute region global pada tahun ini.

Akamai terus berinvestasi dalam infrastruktur globalnya untuk memastikan pelanggan di seluruh dunia mendapatkan konektivitas cloud yang lebih baik. Dengan ekspansi ke berbagai wilayah strategis, Akamai mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang pesat di seluruh dunia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS